Undian Berhadiah Melalui Nomor pada Produk

Tanya:
“Sebagian pusat perbelanjaan menaruh nomor yang disembunyikan pada salah satu produk yang mereka jual. Siapa yang kebetulan mendapatkan nomor tersebut berhak mendapatkan hadiah. Ini dilakukan untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Apakah hal ini diperbolehkan?”

Jawab:

Sudah menjadi rahasia umum bahwa produsen minuman kotak menyimpan satu nomor yang disembunyikan di antara seratus atau dua ratus kotak. Siapa yang mendapatkan nomor tersebut akan diberi hadiah. Akhirnya banyak orang yang membeli produk ini padahal tidak ada kebutuhan karena berharap mendapatkan nomor tersebut. Sampai ada sebagian orang yang membeli seratus kotak produk minuman tertentu lalu dibuka satu-satu dan dibuang isinya karena berharap mendapatkan nomor tersebut.
Banyak orang yang membelinya namun hanya mendapatkan nomor setelah membeli seratus kotak atau kurang.

Tidaklah diragukan bahwa hal ini serupa dengan perjudian. Dalam trik ini konsumen disedot untuk membeli minuman kotak tersebut padahal sangat sedikit manfaat yang terkandung di dalamnya atau harga yang terlalu mahal. Maka hal ini termasuk memakan harta orang lain tanpa alasan yang bisa dibenarkan.
Kami nasehatkan agar tidak berhubungan dengan para produsen semacam ini dalam rangka menjaga harta jangan sampai dikeluarkan untuk hal-hal yang tidak memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.

Sumber: Fatwa Syaikh Al Jibrin

COMMENTS

WORDPRESS: 5
  • kalau segala sesuatunya diperlukan modal untuk mendapatkannya, sedangkan dapat / engga dapatnya belum tentu (untung2an), disebut judi, bagaimana kalau untung2an tapi kita ga keluar modal , tau2 diundi dapat hadiah ?

  • rejeki kunori 9 years ago

    asslm.ana mau tanya ustadz tentang sistem poin.di jpg,sitem seperti ini sdh biasa.cth: ketika ktk membeli prodak dr perusahaan A maka akan mendapat poin lalu makin lama poin terkumpul makin banyak.stlh itu jk poin sdh dlm titik tertentu maka mendapat diskon/hadaih tiket gratis pesawat.di jepang sistem ini benar2 ada dan perusahaan sgt bertanggung jawab dg sistem itu.apakah sitem seperti ini blh?  walau masjid disini tdk sebanyak di indo ttp alhamdulillah bs sholat  di masjid.jazakallaah

  • rejeki kunori 9 years ago

    istri ana sdh pernah dapat tiket gratis tahun lalu.perusahaan A diatas adalah perusahaan yang membawahi beberapa supermarket, kartu kredit di seluruh jpg.semakin kartu kredit itu digunakan utk membeli kebutuhan sehari2 semakin bertambah poin.af1,terlalu panjang,jazakallah ustadz

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Rejeki
    Boleh ikut undian tersebut asalkan niat pokoknya bukanlah mengharapkan hadiah.

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Rejeki
    Kartu kredit ada dua macam:
    a. hakekatnya adalah mengambil atau mengurangi tabungan yang kita miliki. Kartu semacam ini boleh dipakai.
    b. kartu kredit yang hakekatnya adalah hutang kepada bank dengan sistem riba maka memakainya hukumnya haram.