Mencaci Maki Allah, Rasul dan Agama Demi Harta

Tanya: Jika ada orang yang mencaci maki Allah atau rasulNya atau Islam dan beralasan bahwa jika dia mencaci maki Allah maka dia akan mendapatkan harta dunia. Apa hukum orang ini?

Jawab:

Tidaklah diragukan tentang kafirnya orang tersebut karena barang siapa yang melakukan kekafiran secara sengaja maka dia itu kafir. Demikian pula, siapa saja yang melakukan kekafiran dengan tujuan guyon maka dia itu kafir. Barang siapa yang melakukan kekafiran karena takut maka dia itu kafir. Bahkan barang siapa yang melakukan kekafiran karena orientasi harta maka dia itu kafir berdasarkan ayat al Qur’an.

مَنْ كَفَرَ بِاللَّهِ مِنْ بَعْدِ إِيمَانِهِ إِلَّا مَنْ أُكْرِهَ وَقَلْبُهُ مُطْمَئِنٌّ بِالْإِيمَانِ وَلَكِنْ مَنْ شَرَحَ بِالْكُفْرِ صَدْرًا فَعَلَيْهِمْ غَضَبٌ مِنَ اللَّهِ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ (106) ذَلِكَ بِأَنَّهُمُ اسْتَحَبُّوا الْحَيَاةَ الدُّنْيَا عَلَى الْآَخِرَةِ

“Barangsiapa yang kafir kepada Allah sesudah Dia beriman (dia mendapat kemurkaan Allah), kecuali orang yang dipaksa kafir Padahal hatinya tetap tenang dalam beriman (dia tidak berdosa), akan tetapi orang yang melapangkan dadanya untuk kekafiran, Maka kemurkaan Allah menimpanya dan baginya azab yang besar. Yang demikian itu disebabkan karena sesungguhnya mereka mencintai kehidupan di dunia lebih dari akhirat” (QS an Nahl:106-107).

Dalam ayat di atas Allah menceritakan bahwa mereka mendapatkan kesenangan duniawi (baca:harta) jika memilih kekafiran. Akhirnya mereka lebih memilih dunia. Sehingga ayat di atas adalah dalil tegas yang menunjukkan kafirnya orang melakukan kekafiran karena mengutamakan dunia dari pada akherat.

COMMENTS

WORDPRESS: 8
  • Assalamu’alaikum ustadz..
    Ap yg dimaksud dengan “kecuali orang yang dipaksa kafir, Padahal hatinya tetap tenang dalam beriman (dia tidak berdosa)” ?

  • abu ashma' 9 years ago

    Assalamu alaikum,apakah termasuk juga mencaci Alloh dan agama dalam film-film atau sinetron ustadz?

  • Budi S. Ari 9 years ago

    Uhibbukum fillah..
    Ustadz, apakah org yg mencaci Allah dan Rasul Nya trsebut jatuh kpd kafir akbar ataukah kafir ashghar? apakah juga kafir jika ada org yg mencaci maki Allah dan Rasul tetapi org tsbt adl org yg jahil/bodoh yg dia sndiri tdk tahu hukum syar’i bhw mencaci maki Allah dan Rasul adl suatu kekafiran? Mohon penjelasannya. Syukron.

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Budi
    1. Kafir akbar
    2. alasan tidak tahu dalam hal ini tidak bisa diterima dan dimaklumi.

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Abu Ashma
    Wa’alaikumussalam
    Ya, termasuk. kekafiran yang dimaafkan adalah hanya jika dilakukan dalam kondisi dipaksa dan hati mantap dengan iman

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Wawan
    Wa’alaikumussalam
    Contohnya adalah seorang yang diancam dengan pistol sungguhan untuk mengucapkan “Yesus adalah tuhan saya”. Akhirnya dia mengucapkan kalimat tersebut dalam kondisi hatinya menyakini bahwa Isa atau Yesus adalah manusia biasa dan bukan tuhan.

  • Asw.
    saya mau tanya, ada org yang sebenarnya tidak ingin mencaci Allah. tpi difikirannya selalu terbayang2 kalimat mencaci2 Allah ( secara langsung ). dia seperti dihantui kata2 itu. lalu bagaimanakah dia? apakah dia kafir? mohon penjelasannya.
    Wassalam.

  • ustadzaris 8 years ago

    #widya
    Selama belum diucapkan, tidak masalah.