Haruskah Jilbab Hitam?

Warna jilbab yang dikenakan oleh muslimah ketika keluar rumah.

هل هناك لون معين يجب أن ترتديه المرأة عند خروجها، أي لا بد مثلاً أن ترتدي جلباباً أسوداً مع تغطية الوجه، أم ليس هناك لون معين يجب أن تتقيد به؟

Pertanyaan, “Apakah ada warna tertentu yang wajib dikenakan oleh seorang muslimah ketika keluar rumah? Dengan kata lain, harus memakai jilbab berwarna hitam disamping menutup wajah ataukah tidak ada warna tertentu yang wajib dipatuhi oleh seorang muslimah?”

ليس هناك لون معين يجب أن تتقيد به، إلا أنه يكون من الألبسة التي لا تلفت النظر ولا تسبب الفتنة، تكون ملابس عادية ليس فيها ما يلفت النظر ويسبب الفتنة بمن يراهن،

Jawaban Ibnu Baz, “Tidak ada warna tertentu yang wajib dipatuhi oleh seorang muslimah. Yang jadi ketentuan adalah hendaknya pakaian seorang muslimah adalah pakaian yang tidak menarik pandangan lawan jenis dan tidak menyebabkan adanya lelaki yang tergoda karenanya. Dengan kata lain, warna pakaian yang dipakai adalah warna yang lazim (baca:umum dipakai) sehingga tidak menarik perhatian lawan jenis dan tidak menyebabkan laki-laki yang memandangnya menjadi tergoda.

لأن الله قال -جل وعلا-: وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى[الأحزاب: 33]،

Dalil masalah ini adalah firman Allah yang artinya, “Dan tinggallah kalian wahai para wanita di rumah kalian dan janganlah kalian ber-tabarruj sebagai tabarruj ala jahiliah dulu”(QS al Ahzab:33).

قال العلماء: التبرج: إظهار المحاسن والمفاتن من المرأة،

Menurut para ulama tabarruj adalah perilaku seorang wanita yang menampakkan keindahan tubuhnya atau hal-hal yang bisa menggoda lawan jenis (termasuk di dalamnya adalah warna pakaian, pent).

فاللباس العادي أسود أو غير أسود، أحمر أو أزرق أو أخضر إذا كان لباساً عادياً ليس فيه زينة تلفت النظر، ولا جمال يلفت النظر، فهذا هو الذي ينبغي،

Warna pakaian yang lazim dipakai di tengah masyarakat baik berwarna hitam atau bukan hitam baik merah, biru atau pun hijau asalkan warna yang lazim dan pakaian tersebut tidak diberi motif atau renda-renda yang menarik pandangan lawan jenis serta tidak diberi hiasan-hiasan yang menarik pandangan lawan jenis. Inilah pakaian yang sepatutnya dikenakan oleh seorang muslimah.

وكذلك الملابس الداخلية تكون مستورة، بهذا الجلباب وبهذا العباءة مع ستر الوجه واليدين والقدمين حتى تكون بعيدة عن الفتنة،

Kriteria lain yang harus dipenuhi oleh pakaian seorang muslimah adalah pakaian dalamannya harus tertutup oleh jilbab panjang atau abaya (pakaian khas wanita saudi pent) di samping itu wajah, dua telapak tangan dan dua telapak kaki harus tertutup sehingga wanita tersebut tidak menjadi sumber godaan bagi laki-laki.

ولا مانع من أن يكون الجلباب يحصل مع يكون الخمار يكون معه نظر، لا بد من تمكنها من النظر حتى تعرف طريقها، أو تكون هناك عين واحدة مفتوحة، أو العينان حتى تعرف الطريق، مع ستر البقية.

Tidaklah terlarang jika jilbab panjang tersebut di samping ditambah dengan khimar (kerudung dalaman) juga ditambah dengan kain tipis yang berfungsi untuk melihat jalan. Keberadaan kain tipis tersebut adalah sebuah keharusan sehingga muslimah tersebut bisa melihat sekelilingnya dan tahu jalanan yang dilewati.

Jika tidak diberi kain tipis untuk melihat maka bisa dengan membiarkan satu atau dua mata terbuka sehingga bisa melihat jalan yang dilewati asalkan bagian badan selain mata tetap tertutup rapat dengan baik”.

Sumber: http://www.ibnbaz.org.sa/mat/18614

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 19
  • Assalammu’alaikum, 1. Apakah umur saya yang 18 tahun ini dapat berzakat, saya masih seorang mahasiswa? 2. Di dalam hadist dikatakan bahwa pada bulan Ramadhan setan dibelenggu, pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka? Tetapi, mengapa masih ada orang yang melakukan maksiat di bulan Ramadhan, karena pada hadist itu dikatakan“setan dibelenggu”. Apa derajat hadist itu? 3. Apa hadist tentang makhroj? Jazakallah,

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Ridho
    Wa’alaikumussalam.
    1. Anda wajib bayar zakat jika anda sudah punya harta yang memenuhi nishab.
    2. hadits shahih. Penyebab maksiat itu banyak, ada jiwa yang jelek, kebiasaan bermaksiat disamping setan penggoda.
    3. makhroj huruf didapatkan dari talaqqi dan sanad qiroah.

  • Ridho Amrullah 9 years ago

    Ustadz saya ingin bertanya kembali,
    1. Bagaimana pengucapan shodaqollahuladzim setelah membaca alquran? Karena umumnya begitu tetapi yang setahu saya dalil dan hadistnya tidak ada. Tapi, jika menurut saya kembalikan kepada hadist yaitu yang matannya setiap memulai perbuatan ucapkanlah Bismillah dan diakhiri dengan hamdallah. Bagaimana ustadz ?

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Ridho
    Merutinkan bacaan tashdiq di setiap selesai membaca al Qur’an adalah bid’ah.
    Hadits yang anda bawakan adalah hadits yang lemah.

  • Ridho Amrullah 9 years ago

    Jadi ustadz bagaimana? Tashdiq itu apa ? Shodaqollohuladzim bukan? Jadi yang benar setelah membaca alquran membaca apa?

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Ridho
    Diam saja.

  • someone 9 years ago

    tentang zakat bagi orang dewasa yg sudah punya harta mencapai nishab. Saya juga mahasiswa, tapi belum kerja, sedangkan ada bbrp barang yg saya gunakan selama ini pemberian dari oran tua di itung2 udah mencapai nishab 1 tahun. Tapi ngga jelas juga nih bapak saya kasih Komputer + motor + tabungan, apakah hak milik saya penuh, atau masih hak orang tua ? krn selama ini saya bebas menggunakannya, tapi kalo dijual Bapak saya marah, padahal dulu ngakunya dikasihkan ke saya…. ???

  • Assalamualaikum ustadz. 1.Bgmn klo seorang wanita mengenakan baju batik?(mengingat baju batik skrg sdh mjd pakaian yg umum di masyarakat). 2. Pak ustadz, kt diharuskan patuh thd org tua.Nah dlm hal ini org tua sy (bpk) menginginkan sy mjd seorang guru (pdhl mjd guru menurut sy bnyak mudharatnya, Antara lain; adanya ikhtilath,upacara(hormat bendera yg bid’ah),mengajarkan musik,nyanyi”,pelajaran PKn/hukum” negara/demokrasi dll). Bgmn menurut ustadz, apakah sy hrs menuruti keinginan OrTu sy?Krn insyaALLAH bln juli mendatang sy akan aktif mengajar di SD. Tp klo seandainya sy tdk menuruti beliau, sy jg merasa kasihan dan tdk enak hati krn beliau sdh dgn susah payah membiayai sy kuliah & beliau jg menaruh harapan besar kpd sy agar sy dpt mjd PNS. Bgmn ustadz, sy bingung sekali. Sebenarnya sy ingin dirumah sj, tp masalahnya sy skg blm bersuami jd sy takut klo hanya diam dirumah & tdk bekerja justru menjadi beban buat OrTu. Wassalam

  • Ustadz, saya dapat jawaban lain tentang “shodaqollahuladzim”.
    Assalamu alaikum wr.wb.
    Memang ada sebagian ulama yang memvonis bidah membaca shadaqallahul azhim selepas membaca Alquran. Namun sebagian yang lain membenarkan dengan dalil: 
    1. Tidak ada satupun larangan terhadapnya. 
    2. karena ia merupakan bentuk zikir. 
    3. para ulama menjadikannya sebagai salah satu adab dalam membaca Alquran. Bahkan menurut mereka jika ia diucapkan dalam salat tidak membatalkan salat. Demikianlah pendapat kalangan Hanafi dan Syafii. 
    4. Lafal atau ucapan tersebut demikian dekat dengan apa yang diperintahkan dalam Alquran serta merupakan ucapan orang mukmin di saat akan perang. 
    قل صدق الله فاتبعوا ملة إبراهيم حنيفا 
    Katakanlah: “Benarlah (apa yang difirmankan) Allah”. Maka ikutilah agama Ibrahim yang lurus, dan bukanlah Dia Termasuk orang-orang yang musyrik (Ali Imran: 95) 
    ولما رأى المؤمنون الأحزاب قالوا هذا ما وعدنا الله ورسوله وصدق الله ورسوله 
    Dan tatkala orang-orang mukmin melihat golongan-golongan yang bersekutu itu, mereka berkata : “Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kitaBenarlah Allah dan Rasul-Nya.
    Al-Qurthubi dalam tafsirnya mengatakan bahwa menurut al-Hakîm al-Tirmidzî mengucapkan kalimat shadaqallh al-azhim setelah selesai membaca Alquran merupakan salah satu bentuk adab membaca Alquran. 

    Wallahu a’lam bish-shawab.
    http://www.syariahonline.com/kajian.php?lihat=detil&kajian_id=42613

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk one
    Komputer dan motor itu tidak ada zakatnya.
    Tabungan yang sudah sampai nishab wajib dizakati.

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Khusnul
    Wa’alaikumussalam
    1. Saya sarankan bagi muslimah agar tidak memakai batik karena motif-motifnya yang banyak sehingga menarik pandangan.
    2. Jika mau jadi guru saya sarankan agar menjadi guru tk-tk Islam. Jadi guru itu tidak harus pns. guru swasta juga bisa sertifikasi.

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Ridho
    1.Hukum asal ritual ibadah adalah haram kecuali berdalil. Ini beda dengan hukum asal masalah non ibadah yang dibolehkan kecuali ada dalil yang melarang. Bolehkah saya membaca surat alfatihah ketika duduk tasyahud? Bolehkah saya beralasan, tidak ada dalil yang melarang untuk membaca alfatihah ketika duduk tasyahud?
    2.dzikir muqayyad harus berdalil. Bolehkan saya membuat dzikir khusus ketika mau makan pisang? Tepatkah jika saya beralasan kenapa mesti dipermasalahkan bukankah ia merupakan bentuk dzikir?
    3. Di mana bisa saya jumpai pendapat kalangan Hanafi dan Syafii ini? Pendapat ulama bukanlah dalil namun perlu ditanyai apakah dalil untuk pendapat tersebut?
    4. Coba baca tafsir para ulama untuk dua ayat di atas. Jika pemahaman seperti di atas adalah benar maka nabi dan para shahabat adalah orang yang pertama kali membaca shadaqallahul azhim setiap kali selesai membaca al Qur’an.
    5. Apa dalil untuk pendapat alhakim altirmidzi di atas?

  • Untuk Ridho
    1.Hukum asal ritual ibadah adalah haram kecuali berdalil. Ini beda dengan hukum asal masalah non ibadah yang dibolehkan kecuali ada dalil yang melarang. Bolehkah saya membaca surat alfatihah ketika duduk tasyahud? Bolehkah saya beralasan, tidak ada dalil yang melarang untuk membaca alfatihah ketika duduk tasyahud?
    2.dzikir muqayyad harus berdalil. Bolehkan saya membuat dzikir khusus ketika mau makan pisang? Tepatkah jika saya beralasan kenapa mesti dipermasalahkan bukankah ia merupakan bentuk dzikir?
    3. Di mana bisa saya jumpai pendapat kalangan Hanafi dan Syafii ini? Pendapat ulama bukanlah dalil namun perlu ditanyai apakah dalil untuk pendapat tersebut?
    4. Coba baca tafsir para ulama untuk dua ayat di atas. Jika pemahaman seperti di atas adalah benar maka nabi dan para shahabat adalah orang yang pertama kali membaca shadaqallahul azhim setiap kali selesai membaca al Qur’an.
    5. Apa dalil untuk pendapat alhakim altirmidzi di atas?

  • assalamu’alaikum
    pa ustadz bagaimana menjawab pertanyaan: tidaklah mengapa akhwat memakai pakaian2 indah bukankah Allah menyukai keindahan.terima kasih semoga Allah membalas dengan kebaikan.

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Rahma
    Wa’alaikumussalam
    Coba tanyakan kepada orang tersebut, bagaimana jika ada muslimah yang keluar rumah hanya dengan bikini dengan alasan tubuh wanita itu kan indah padahal Allah itu menyukai keindahan?

  • hanifah 8 years ago

    afwan ustadz, panjang minimal jilbab (kerudung) syar’i muslimah yang tidak bercadar kira-kira sampai bagian tubuh mana? apakah perut, bawah panggul, atau harus sampai atas lutut? jazakallah khaira

  • ustadzaris 8 years ago

    untuk hanifah
    makin longgar makin baik.

  • ustad, mau tanya
    bagaimana hukumnya menjual jilbab2 model seperti link dibawah ini,

    krn jilbab model ini, lagi laku keras, lagi booming, banyak dipakai wanita pekerja.

  • ustadzaris 8 years ago

    #anas
    Link yang anda tanyakan menampilkan kerudung-kerudung yang tidak sesuai dengan kriteria syariat.