Adalah salah beranggapan bahwa shalat di masjid Nabawi senilai dengan seribu shalat di masjid yang lain.
عن أبي هريره رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال ( صلاة في مسجدي هذا خيرٌ من ألف صلاة فيما سواه إلا المسجد الحرام )
Dari Abu Hurairah Nabi bersabda, “Shalat di masjidku ini lebih baik dari pada seribu shalat di masjid selainnya asalkan bukan masjidil haram” [HR Bukhari].
قال الشيخ ابن عثيمين رحمه الله في شرحه على صحيح البخاري :
وما يعبر به بعض الناس من أن الصلاة في المسجد النبوي بألف صلاة خطأ فالفضل فيه بأكثر من ألف صلاة . اهـ .
Ketika menjelaskan hadits-hadits yang ada di Sahih al Bukhari, Syaikh Ibnu Utsaimin mengatakan, “Perkataan sebagian orang yang mengatakan bahwa shalat di masjid nabawi senilai seribu shalat di masjid yang lain adalah perkataan yang keliru. Yang benar, keutamaan shalat di masjid Nabawi itu lebih banyak dari pada seribu shalat di masjid selainnya”.
Sumber:
mohon dijelaskan lebih detail ustadz
jazakumullahu khoiron
#abu
Mengatakan shalat di masjid nabawi sama dengan seribu shalat di masjid yang lain itu keliru.
Yang benar shalat di masjid nabawi itu nilainya lebih dari seribu kali shalat dibandingkan masjid yang lain sebagaimana yang tertera dalam hadits.
Ustadz, kalau wanita sedang melakukan ibadah haji afdhalnya tetap shalat di penginapan walaupun dekat dengan masjidil haram atau masjid nabawi?
Ustadz Aris, jadi hadits : “Shalat di masjidku ini lebih baik dari pada seribu shalat di masjid selainnya asalkan bukan masjidil haram” [HR Bukhari], maksudnya adalah keutamaan pahalanya kah?
#wawan
Ya, pahalanya
#nida
Lebih afdhol shalat di penginapan
Assalamu’alaikum.Mohon dikoreksi Ustadz, berarti ttg hadis yg bilang di Masjidil Haram 100.000 kali itu juga keutamaan pahalanya yg 100rb kali ya, Pak Ustadz? Bukan 1 kali shalat di Masjidilharam = 100rb kali shalat di Masjid lain. Gitu betul, ya?
Ada cerita “lucu” yang pernah saya dengar. Pernah ada orang yang baru pulang haji trus merasa ndak perlu shalat di masjid lagi. Alasannya karena dia udah shalat di masjidil haram dan masjid nabawi yang setara dengan ribuan kali shalat di masjid lain. Itulah contoh salah kaprah dalam memahami hadits yang terjadi di masyarakat kita.
Info yg bagus..jazakallah..
#nida
“Lebih afdhol shalat di penginapan” … apakah statement itu berlaku umum? mengingat privacy penginapan beda dengan rumah, sementara suami berada di Masjidil Harom/Nabawi.