Takut Gangguan Jin

Tanya:
Ustadz, langsung saja mohon penjelasan ustadz tentang rasa takut terhadap gangguan Jin, apakah ini termasuk kesyirikan, ataukah sebagai perilaku normal?

Jawab:
Hal ini perlu dirinci, jika rasa takutnya normal dan alami maka hukumnya tidak mengapa. Maksud rasa takut alami adalah rasa takut, andai ditakut-takuti oleh jin. Ini bukan termasuk kemusyrikkan. Namun rasa takut yang alami itu harus memiliki faktor penyebab yang jelas. Oleh karena itu jika orang yang merasa takut kepada jin tanpa sebab apapun tapi hanya sekedar takut kepada jin tanpa alasan yang jelas mendasari rasa takut tersebut, maka tidak diragukan lagi bahwa ini termasuk syirik kecil, dan boleh jadi menjadi syirik besar tergantung keadaan. Rasa takut yang bernilai syirik besar, adalah rasa takut yang tersembunyi (siri) artinya, merasa takut andai jin menimpakan bahaya kepadanya dengan kemampuan jin tersebut, tanpa adanya faktor penyebab apapun. Padahal hal tersebut hanya mampu dilakukan oleh Allah Ta’ala.
Misalnya merasa takut, kalau jin itu akan membunuhnya tanpa sebab yang jelas, namun dengan sesuatu yang tersembunyi sebagaimana mati karena di takdirkan oleh Allah untuk meninggal maka ini adalah kesyirikan. (lihat Syarah Kasyfu Syubhat, Syaikh Shalih Alu Syaikh hal 36)

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 22
  • abu ibrohim 9 years ago

    kalau takut di rumah sendirian atau takut ke kamar mandi sendirian hukumnya bagaimana ustadz?
    mungkin karena masih ada pengaruh dulu ketika masih suka nonton film hantu sehingga takut klo lihat hantu…

  • Ridho Amrullah 9 years ago

    Assalammu’alaikum Ustadz,
    1.Jika si A korupsi lalu beberapa hari kemudian setelah korupsi tersebut dibayar. Apakah Si A masih terkena hukuman ? Apakah walaupun sudah dibayar tetap harus dipotong tangannya? Dimana lembaga yang menegakkan hukum islam di Indonesia?
    2. Bagaimana hukum seseorang curhat atau konsultasi ke ustadz dengan masalah dan mengutarakan dosanya. Apakah jika dosa tersebut dibeberkan ke ustadz untuk menanyakan maslah tersebut orang itu menjadi berdosa karena diutarakan dosanya itu dan disini menggunakan nama aslinya?  Istilah sundanya “DOSA DI BEJA-BEJA”.

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Abu
    Sebagaimana di atas itu termasuk syirik kecil, takut pada jin tanpa sebab.

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Ridho
    Wa’alaikumussalam
    1. Hukuman korupsi dalam Islam adalah ta’zir, bukan potong tangan.
    2. Boleh tapi yang lebih baik adalah menggunakan bahasa yang disamarkan misal ‘bagaimana jika ada orang yang berbuat begini atau begitu?’

  • Ridho Amrullah 9 years ago

    Assalammu’alaikum
    1. Apakah hadist tentang diceritakannya nurmuhammad itu shohih, dapat dilihat di situs ini ?
    2. Apakah tentang nurmuhammad yang dipaparkan di dokumen ini adalah benar ?
    Bisa dilihat di :
    http://www.scribd.com/doc/942495/Penciptaan-Nur-Muhammad

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Ridho
    Wa’alaikumussalam
    Akidah nur muhammad adalah akidah shufi yang berdasarkan hadits palsu buatan orang-orang shufi.

  • kalo takut terhadap sesuatu yg membahayakan adalah wajar. Misalnya takut ketika melihat ular.
    Terkadang juga, saya takut kalo menemui binatang yg bentuknya aneh dan belum pernah melihat sebelumnya, krn saya berasumsi itu membahayakan.
    nah, JIN ini juga bisa menampakkan dlm wujud yg ngga enak dipandang, dgn penampilan yg buruk dsb. Apa rasa takut krn ‘ngga betah’ melihat penampilan sosok makhluk yg menyeramkan seperti ini juga syirik ?  ato ini termasuk penympangan aqidah ?. (dulu kebanyakan nonton horror)

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Hotel
    Jika memang di suatu tempat memang menjadi tempat jin sering menampakkan diri maka moga itu termasuk takut yang wajar.
    Tapi sekedar takut dengan kegelapan maka itulah rasa takut yang tidak benar.

  • Moch. Zamroni Latief 9 years ago

    Maaf, Out of Topic
    Assalaamu’alaykum..
    Ustadz,
    1. apakaah dikalangan Jin ada yg ber-manhaj Salaf spt hal-y manusia?
    2. Apa sebenarnya Zindik itu, Ustadz? saya sampai saat ini blm paham arti Zindiq.
    terima kasih.

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Latief
    Wa’alaikumussalam
    1. ada
    2. bermakna munafik.

  • Ummu Khaulah 8 years ago

    Ustadz, dulu saya pernah membaca buku “Dialog dengan Jin Muslim”. Kalau tidak salah di buku tersebut dicantumkan larangan membuang air panas ke dalam tempat pembuangan air karena air panas tersebut akan mematikan anak jin yang berada di tempat tersebut. Jika hal tersebut terjadi, maka dikhawatirkan orang tua jin tersebut marah sehingga akan mengganggu orang atau keluarga orang yang membuang air panas tersebut. Atau jika kita tetap mau membuang air panas ke dalam tempat tersebut, maka kita harus minta perlindungan kepada Allah Ta’ala dengan mengucapkan ta’awudz terlebih dahulu. Apakah hal ini mempunyai dalil yang shahih? Jazakallahu khairan.

  • ustadzaris 8 years ago

    Untuk Ummu
    Saya belum tahu dalil tentang hal tersebut.
    Hal ini termasuk hal gaib yang harus ada dalilnya.

  • Salam Ustad, apakah Jin itu dpt menyebabkan sesuatu kondisi pada seseorang. Semisal orang yg tdnya sehat wal afiat, tiba2 mjd sakit. atau bs mengganggu kondisi mental/jiwa seseorang secara tiba2.yg tdnya orang tsb juga sehat? Dan bukankah segala sesuatu itu asalnya dari Allah bahkan sakit pun, apa yg harus kita lakukan Ustad. Mohon pencerahannya, banyak Terima Kasih.

  • #ade
    Mungkin saja itu terjadi dengan izin Allah kauni.

  • assalamu’alaikum ustad. kalo takut pd jin karena sebab yg jelas itu seperti apa?
    dan kalau takut” karena habis nonton/dengar cerita” seram, dan sampai teringat” di fikiran dan membuat kita terkadang takut (karena membayangkan) apakah itu termasuk syirik kecil?
    bagaimana bertobat dari syirik kecil? apakah harus bersyahadat kmbli? dan apakah syirik kecil kekal didalam neraka?

  • @aulia
    Contohnya rasa takut karena melihat penampakan jin.

  • hendra abdullah 5 years ago

    Assalamu’alaiku ustad, klo sedang melewati sebuah pohon besar yg dikenal angker (bnyk jin penungguNa) kemudian terlintas dalam pikiran “jgn2 jin penunggu pohon tsb akan mengganggu saya”. Apkh hal ini termasuk syirik kecil atau besar? Terus bgmn cara bertaubat dari hal tsb? Syukron

  • @hendra
    Tidak termasuk kemusyrikan.

  • maksud “Misalnya merasa takut, kalau jin itu akan membunuhnya tanpa sebab yang jelas, namun dengan sesuatu yang tersembunyi sebagaimana mati karena di takdirkan oleh Allah untuk meninggal maka ini adalah kesyirikan”gimana ustadz

  • assalamualaikum wr wb….ustadz sy mw bertanya kalau takut ama jin karena sy sering buang air panas di lobang toilet dan sy kwatir mereka akan menggangu saya dan anak sy yg masih balita….apakah itu termasuk kesyirikan….

  • @ Risma
    Tidak termasuk kemusyrikan.

  • Assalaamu ‘alaikum Ustadz,

    Maaf, maksud “Misalnya merasa takut, kalau jin itu akan membunuhnya tanpa sebab yang jelas, namun dengan sesuatu yang tersembunyi sebagaimana mati karena di takdirkan oleh Allah untuk meninggal maka ini adalah kesyirikan” seperti ditanyakan Cio, ini apa ya?