Membunuh Lalat dengan Raket Listrik

فضيلة الشيخ: ما حكم قتل الذباب بالصاعق الكهربائي، علما أن أجهزة الصعق منتشرة بكثير من المساجد؟

Pertanyaan, “Apa hukum membunuh lalat dengan raket listrik? Perlu diketahui bahwa alat ini tersebar di banyak masjid (di Saudi)”

الأولى ألا يقتلها بالكهرباء؛ لأن هذا نوع من النار، لقول النبي: لا يعذب بالنار إلا رب النار يكون قتلها بشيء آخر بفليت أو ما أشبه ذلك.

Jawaban Syaikh Abdul Aziz ar Rajihi, “Yang lebih baik adalah tidak membunuh lalat dengan menggunakan listrik karena listrik itu sejenis dengan api. Sedangkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak boleh menyiksa dengan api kecuali pemilik api (baca: Allah)”.
Hendaknya lalat dibunuh dengan alat yang lain”.

Sumber:
http://shrajhi.com/?Cat=1&Fatawa=542

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 14
  • ustadz hukum tidak boleh ini apa berlaku dengan nyamuk, alat raket tsb sejatinya memang buat membunuh nyamuk

  • ustadzaris 8 years ago

    #abdul
    Sama saja

  • dengan alat raket listrik itu soalnya sangat memudahkan untuk membunuh nyamuk yg sangat mengganggu ustadz, jika pake alat lain kurang efektif….

  • Ridho Amrullah 8 years ago

    Assalamu’alaikum.
    1.pa Ustadz, saya pernah mendengar bahwa ada hadits yang mengatakan bahwa kita tidak boleh menyiksa binatang dengan api. Lalu bagaimana dengan membunuh nyamuk menggunakan raket yang ada listriknya walau kecil, kadang2 nyamuk langsung mati, kadang2 seperti terbakar dulu sehingga ada bau hangus? Di rumah saya menggunakan raket tersebut tapi mengingat hadits tsb saya jadi ragu…
    2.  Benarkah kita tidak boleh membunuh semut? kalau saya melihat semut di rumah (biasanya di dapur dan kamar mandi), biasanya saya akan mengoleskan kapur khusus pembasmi serangga di jalur semut tsb. tak lama kemudian semut pun mati. Bagaimana dengan hal tsb?
     
    Jazakumullaah khairan katsiran, ustadz….
    Assalamu alaikum wr.wb.
    Benar bahwa Nabi saw melarang pembunuhan binatang dengan api. Beliau bersabda, “Hanya Allah yang boleh menyiksa dengan api.” (HR al-Bukhari). Suatu ketika Nabi saw juga melihat ada satu kumpulan semut yang dibakar dengan api, maka beliau berkomentar, “Tidak boleh menyiksa dengan api kecuali Tuhan Pemilik api.” (HR Abu Daud).
    Namun demikian, raket listrik yang dipergunakan untuk membunuh nyamuk berbeda dengan membakar. Ia murni berupa aliran listrik yang memecah darah dengan cepat sehingga melahirkan bau sangit dsb. Jadi walaupun seperti terbakar pada hakikatnya listrik yang membunuhnya bukan api. Sebagai buktinya jika kertas diletakkan di atas raket tadi ia tidak akan terbakar. Karena itu, mempergunakan raket listrik untuk membunuh nyamuk boleh, apalagi jika jelas-jelas berbahaya dan mengganggu.
    Demikian pula dengan semut. Pada dasarnya ia tidak boleh dibunuh. Namun jika sudah mengganggu dan berbahaya maka boleh dibunuh atau dimusnahkan dengan cara yang baik.
    Wallahu a’lam bish-shawab.
    Wassalamu alaikum wr.wb.
    http://syariahonline.com/

  • Khariz 8 years ago

    @Amril : Kan ada obat nyamuk? atau pakai tangan juga bisa kan? :)

  • alasannya adalah karena listrik identik dengan api. saya kira listrik berbeda jauh dengan api. memang ada sifat listrik yang mirip dengan api, misalnya panas. tapi banyak juga yang berbeda. dan saya kira, secara urf juga berbeda antara listrik dengan api. 

    http://id.wikipedia.org/wiki/Listrik
    http://id.wikipedia.org/wiki/Api

    sangat berbeda bukan?

  • Hmm saya kok ndak sependapat ya dengan pendapat beliau yg menyebutkan listrik sejenis dengan api. Setau saya di fisika, listrik itu terjadi karena adanya beda potensial di daerah yg kekurangan elektron dengan kelebihan elektron sedangkan timbulnya api karena akibat dari aplikasi listrik spt misalnya induksi atau pemanfaatan tenaga listrik. Jadi, kesimpulannya menurut saya listrik beda dengan api.
     
    Tp ndak apa2, fatwa beliau membuka wawasan baru untuk saya walau saya ga gitu sependapat. Terima kasih ustadz.

  • 'abdurrohman 8 years ago

    kenapa dibawa ke fisika…kalau begitu yang membakar rumah rumah karena listrik konslet itu bukan api?? Bukankah akan lebih selamatnya mengambil pendapat yang aman??

  • fahrul 8 years ago

    Tommi
    Memang listrik bukan api tapi ingat menimbukkan percikan api,setahu saya saat tubuh sang nyamuk terbakar ada percikan api tuh.

  • Bismillah,,, tapi klo menurut saya memang raket itu dari listrik,,,tapi waktu nyamuk kena nyamuknya kesetrum, gosong, terbakar…nah terbakar inilah yang sebagai mana api yang membakar… sementara tidak ada yang mampu membuat gosong kecuali dia ada unsur api…. bener gag? masalahnya apinya listrik itu keluar pada benda2 yang memang bisa kesetrum…kalo kertas mah g bisa kesetrum,,makanya apinya g keluar… tapi waktu ma makhluk hidup apiny keluar mas.. bener gag?

  • Tenang dulu, teman. Saya menghormati pendapat teman2 sekalian, namun saya coba melihat ini dari sudut pandang fisika karena saya memang lulusan teknik jd mau tidak mau ya otak ini terbawa kesana, dan saya ga sepakatnya karena listrik sejenis dengan api. Adapun yg saya sepakati dari fatwa beliau diatas adalah, “Hendaknya lalat dibunuh dengan alat yang lain”. Ini saya sepakat. Kan bisa dengan diteplak pake koran atau pake racun serangga, yah banyak lah cara2 lain demi menghindari hal2 yg ga jelas. Okeh akhi…. :)

  • Abu Haneef Rio Raziqin 8 years ago

    Bukankah petir yang menyambar itu merupakan energi (dari) listrik?Jika listrik dikatakan bukan api, maka mengapakah korban sambaran petir sampai bisa gosong/hangus tubuhnya?

  • Brahma, M.Sc 7 years ago

    Ya tentu api berbeda dengan listrik. Cuman , bukankah pertemuan kedua kutub dalam raket listrik oleh media darah binatang akan menjadikan percikan. Nah  percikan itulah hakikatnya api, meskipun namanya bisa lain.

  • al aulia 7 years ago

    Memang membunuh dengan raket listrik menurut saya hukumnya abu-abu(belum jelas).
    Sesuatu yang abu-abu lebih baik ditinggalkan………