Hukum Berbicara Ketika di Kamar Mandi

ما هو حكم الكلام -كلام الشخص- داخل الحمام في بيت الخلاء؟

Pertanyaan, “Apa hukum berbicara di kamar mandi?”

إذا دعت الحاجة إليه لا بأس،

Jawaban Syaikh Ibnu Baz, “Jika ada kebutuhan untuk berbicara ketika berada di dalam kamar mandi, hukumnya tidaklah mengapa.

وإن لم تدع الحاجة تركه أولى،

Akan tetapi jika tidak ada kebutuhan maka menghindarinya adalah suatu hal yang lebih baik.

فإذا دعت الحاجة ينبه أحد أو يقول افعلوا كذا، للحاجة فلا بأس.

Jika ada kebutuhan semisal mengingatkan seseorang atau memerintahkan untuk mengambilkan sesuatu maka hukumnya adalah tidak mengapa”.

Sumber:
http://binbaz.org.sa/mat/20858

Catatan:

Keterangan di atas menunjukkan bahwa hukum berbicara ketika berada di kamar mandi adalah makruh. Kaedah fikih mengatakan bahwa hukum makruh itu berubah menjadi mubah ketika ada kebutuhan.

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 2
  • assalamu’alaikum… saya ingin bertanya.. apakah sah mandi junub apabila didalamnya terdapat ketidaksengajaan mengucapkan perkataan kotor , maaf seperti seperti ( g*bl*k , t*l*l , dan sbgainya ).. kata2 ini terucap bgtu saja dan tdk diniatkan untuk berkata ini , namun krna ada perasaan sedikit kesal.. perkataan itu terucap setelah berusaha mnghindari masuknya air musta’mal yg masuk ke bak mandi.. setelah mandi sya jd berfikir mandi junub saya perlu diulangi.. apakh harus ? saya pun tw sebuah keraguan itu bisa jadi perbuatan syaitan yang mmbuat was-was perasaan manusia agar kita jd malas beribadah… mohon dibantu.. :D
     

  • ustadzaris 7 years ago

    #idam
    Asalkan syarat rukun mandi terpenuhi maka mandi sah.