Tanya Ustadz

Ikhwah sekalian rahimakumullahu jami’an, pada halaman ini, ikhwah sekalian dapat mengirimkan pertanyaan atau masalah yang mengganjal dalam hidup, atau uneg-uneg tentang masalah agama yang masih terasa subhat (rancu) secara langsung  kepada Ustadz Aris Munandar hafizhahullahu Ta’ala. Insya Allah akan dijawab jika beliau mampu. Dan apabila pertanyaannya bagus, maka akan diterbitkan sebagai posting dalam kategori konsultasi.

COMMENTS

WORDPRESS: 72
  • Rahmat Hidayat 1 year ago

    Assalamu’alaikum Ya Ustadz.
    Mohon penjelasannya bagaimana Bunga Anuitas Pinjaman Konvesional yang hukumnya Haram karena Riba bisa berubah menjadi Halal setelah Bunga tersebut dikonversi menjadi Ujrah (Biaya Sewa) dan Transaksi Pinjaman dikonversi menjadi Akad Ijarah. Jazakallah khair.

  • Aidha 1 year ago

    Assalamulaikum Ustadz, saya mau bertanya, perihal musibah yg menimpa saya… Kenapa yaa pak ustadz saya selalu meriang dan demam tinggi pada waktu menjelang magrib dan menjelang sepertiga malam?? Saya sdh berobat secara medis namun hal ini ttp saya alami dan tidak ada perubahan.. Apakah ini salah satu tanda kalau saya mengalami gangguan gaib, karena mmg sebelum nya saya sering melakukan aktifitas di malam hari separti mencuci pakaian, mengisi bak mandi dan kegiatan rumah tangga lain nya, hal ini saya lakukan krn anak saya baru berusia 2 tahun dan sangat aktif sehingga pada siang hari waktu saya tercurah untuk dia… Mohon jawaban dr pak ustadz… Wasalamualaikum wr.wb

  • Restu Fajar Widi Usworo 1 year ago

    Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
    Afwan ustadz, ana ingin bertanya
    Bagaimana hukum seorang pns yang bekerja di suatu instansi dan tiap bulannya pimpinannya memberikan honor kepadanya dan semua staf di instansi / kantor tersebut tanpa diketahui secara fakta oleh si pns tersebut pimpinan mendapat uangnya dari mana?

  • Restu Fajar Widi Usworo 1 year ago

    Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
    Afwan ustadz ana ingin bertanya
    Bagaimana hukum seorang pns yang bekerja di suatu instansi / kantor dimana tiap bulannya pimpinan instansi/kantor tersebut memberikan honor tiap bulan kepada seluruh staf di instansi / kantor tersebut tanpa diketahui secara fakta oleh seluruh staf uang honor tersebut didapatkan pimpinan kantor / instansi dari mana.
    Jazakallah khayr ustadz

  • Khairul 1 year ago

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, bolehkah mengajarkan cara membaca Al Quran dikarenakan lancar membacanya walaupun tidak mengerti bahasa arab dan menghafal Al Quran? Jazakallah Khairan

  • hardian 1 year ago

    assalammu’alaikum ustad…ijin ustad,saya ingin menanyakan apa hukumnya bila kita ingin membangun rumah menggunakan jasa bank syariah,jadi begini ustad..saya sudah punya tanah,kemudian bank yang akan membangunkan rumahnya hingga selesai dan saya tinggal terima kunci saja,dan total pembiayaannya saya cicil sesuai dengan kesepakatan di depan. terimakasih ustad

  • Riski Setiani 1 year ago

    Assalamu’alaikum ustad…
    Saya riski,saya mau mengajukan pertanyaan:
    1.saya tinggal dirumah mertua saya.rumah tersebut ditempati oleh mertua,2 kaka ipar laki2 belum menikah,saya dan suami saya.thn kemarin ibu mertua saya meninggal.setelah beliau meninggal,tetangga beda blok datang kerumah ipar perempuan.sebut saja winarni dan yani karna bersebelahn dgn rmh mertua.kata tetangga saya bahwa almarhumah punya hutang 15,5 jt.jwban winarni & yani ke tetangga saya hrus menagih kerumah orang tuanya.sedangkan rumah mertua saya tersebut dipake buat jaminan ke bank BRIsebesar 20 jt oleh winarni.atas nama winarni dan memakai uangnya winarni.dan sampe sekarang tidak diangsur sama sekali.padahal kaka2 ipar saya sudah diberi warisan rumah dan tanah.
    2.winarni punya hutang diarisan sebesar 2,7 jt tp atas nama almarhumah.dan yani punya hutang dibank koprasi 1,1 jt jg atas nama almarhumah.tp pada gk mau bayar dan hutang2 tersebut dilimpahkan kekeluarga saya.padahal ekonomi saya pas2an.
    Gimana tuh hukumnya dan mohon solusinya.trimakasih ustad

  • Bahari 1 year ago

    Assalamualaikum.. Saya sekolah pelayaran 3 tahun setelah itu ada ujian UN Saya 1 angkatan pakai bocoran ujian lalu berlanjut ke ujian keahlian pelaut terbagi menjadi 4 tahap dengan ujian simulator saya murni, ujian pra keahlian pelaut saya murni, praktek laut saya minta bantuan orang mencarikan kapal dgn membayar orang lalu ujian pasca terakhir saya memberi uang ke dosen instansi agar saya di luluskan. Karna saya prustasi sekali jika kalau her biayanya yang hampir sama dengan memberi uang ke dosen dan menunggu lama proses hernya. Lalu saya dinyatakan lulus.. Dan sekarang saya bekerja.. Apakah gaji uang yang saya hasilkan dari ijazah tersebut haram? Bagaimana langkah saya selanjutnya agar tidak makan yang haram? Dan bertaubat.. Karna saya sudah bertaubat.. Tapi masih ragu dalam hati.. Serasa masih ada yang ganjel.. Tolong ustadz jawabanya

  • Anonim 1 year ago

    Assalamualaikum, Ustad.

    Saya mau bertanya. Kebetulan saya suka menulis dan menjual tulisan saya dalam bentuk buku secara self publishing. Yang saya tulis itu fiksi. Kebetulan saya sudah membaca blog ustad tentang hukum menulis.

    Saya biasanya suka menulis fiksi roman ustad. Jadi tokohnya nggak syari. Ada adegan pegang tangan gitu, tapi nggak ada unsur sex-nya. Itu hukumnya gimana ya, Tadz?

    Saya juga menjual ebook. Bukan ebook punya saya aja, tapi punya temen-temen. Dan ada unsur dewasanya, sex gitu. Menurut yang saya baca dari balasan komentar ustadz dalam artikel hukum menulis itu, haram. Lantas apakah uang yang saya dapat dari hasil menjual ebook itu juga halal?

    Mohon jawabannya, Ustad.

    Terima kasih :)

  • bags abu idris 1 year ago

    Bismillah
    Afwan ustadz ana bekerja di perusahaan jasa komunikasi satellite, yang kebanyakan customer nya adalah perbankan, yang mereka pergunakan untuk ATM diseluruh Indonesia, dan internet di kantor-kantor cabang mereka.
    Pertanyaannya apakah hukum ATM bagi kaum muslimin, dan apakah hukum bekerja di perusahaan jasa komunikasi ATM sama dengan hukum dibank? Dan apakah saya ikut serta dalam taawun dalam riba ? , bila iya apakah ana harus keluar dari perusahaan saat ini ?
    Jazaakallahu khairan atas jawaban nya
    bagus abu idris-jakarta

  • Aji M Kahfi 1 year ago

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

    Ustadz, ahsanallahu ilaikum.
    Saya ingin bertanya tentang bahasa Arab. Apakah HAL bisa berbentuk selain kata sifat atau maf’ul? Misal berbentuk masdar.
    Afiiduny afaadakumullahu.

  • Ummu Raffan 1 year ago

    السلام عليكم ورحمةالله وبركاته
    Ustadz izin bertanya

    Apa hukumnya membeli mushaf al-qur’an via online??

    Yg dimana, kalo beli via online biasa nya sebagian besar pake jasa pengiriman,
    Dan kita tidak tau kondisi al qur’an selama berada di jasa pengiriman tersebut,
    Bisa saja alquran itu di tumpuk2 dengan barang2 lain dan sebagai nya,

    Padahal kan semesti nya al qur’an tetap harus di perlakukan mulia di manapun kita berada,

    apakah kita bisa berdosa, sebagai yg membeli mushaf (al qur’an) dg cara seperti itu??
    Dan apakah kita bisa diposisikan sebagai orang yang menjadi sebab mushaf itu di perlakukan kurang mulia oleh jasa pengiriman???

    Sebelumnya jazaakallaah khoiron,
    Semoga ustadz selalu dalam lindungan Allaah subhanallah wa ta’ala.
    و السلام عليكم ورحمه الله و بر كا ته

  • Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh ustadz..

    Suami ingin saya tinggal serumah/ dekat dengan orang tua suami di Jawa Tengah, karena suami ingin membesarkan anak di lingkungan tempat tinggal suami, sedangkan suami tinggal di Jawa Barat. Sedangkan Ibu kandung saya tinggal dekat dengan suami tetapi beda kota. Saya sudah menolak karena ingin tetap tinggal bersama suami dan dekat dengan ibu kandung saya, tetapi suami menolak.
    Apakah saya wajib menuruti permintaan suami saya ??

    Terima kasih atas jawaban nya ustadz.

  • Assalamualaikum ustadz,

    Saya sering melihat video kajian fiqih talak ustadz di youtube, ada yg mau saya tanyakan

    1.Saya pernah ngobrol dengan istri tentang anak2 kecil yg lucu dan viral di sosmed, ada seorang anak yg menirukan kata2 sinetron dengan lidah cadel seperti ini ” aku minta terai..” ( bukan terai ) kemudian saya infokan kepada istri saya dengan mencontohkan yg anak tersebut katakan, hingga istri saya kaget krna dipikir saya mengucapkan kata tegas ( cerai ) hingga saya konfirmasi sampai 3 kali.. padahal saya menyampaikan apa yg dikatakan anak tersebut yakni (minta terai)

    Apa hukumnya ustadz? Saya tidak dalam kondisi bercanda ataupun niat, saya hanya menginformasikan / menceritakan

    2.Dalam komunikasi sehari2 kepada istri tidak jarang kita menggunakan kata2 lepas,( misal lepas jilbab), putus ( misal putus benang ) , sudah ( misal sudah selesai melakukan sesuatu ) yg tujuan awalnya tidak ada niat talak, tetapi ketika mengatakan hal tersebut sekilas terbesit pikiran dan kata cerai, padahal niat awalnya bukan untuk talak, hanya tersirat dalam hati.. apakah itu termasuk niat? Saya begitu was2 ustadz..krna saya tidak berazzam untuk itu.. Mohon penjelasan ustadz

  • Assalamua’alaikum usatadz sya mau bertanya ibu sya mnyuruh sya untuk beralasan pulang cuti pdahal untuk berhenti kerja,sedangkan sya bekerja di luar negri dan kontrak kerja blum habis.apakah sya termasuk durhaka kalo gak nurutin kata ibu sya ustadz..?sya sdah bicra baik2 dgn ibu sya kalo sya akn pulang stelah hbis kntrak tetapi ibu sya langsung ngomong yg bukan2.

  • Assalamualaikum ustadz , saya ingin menanyakan hukum pada transaksi gopay dan mengenai akad yg di gunakan di dalamnya karna saya lihat kajian para ustadz ada yg memperbolehkan ada yg bilang haram , dan hukumm bekerja di kantor pajak walaupun kita buka pemungut pajak itu sndiri atau penarik , bagaimana hukumnya stadz karna dua pertanyaan tersebut masih mengundah di hati saya dan masi bingung hukum yg benarnya ?. Jazakallah stadz

  • Ummu Zhafran 11 months ago

    Bismillaah.
    Ustadz ‘afwan ingin bertanya. Ana dr Grup dkm AlHusna.

    Apa boleh memberi nama untuk anak laki laki

    ‘Abdullah At-Tafaqquh Fiddin
    ‘Abdullah Jiyyad Fiddin
    ‘Abdullah Al-Khayr

    Apakah termasuk yang tdk diperbolehkan? Mengandung pujian atau yg termasum makruh?

    Menurut ustadz mana yg lebih baik?

    Syukron Jazaakallaahu khayran.

  • Bismillah.Afwan Ustadz mengganggu Ana ada yang mau di tanyakan lagi..
    Gini Ustadz terkait dengan foto Ana pribadi mangambil hukum terlalang tapi boleh jika ada kepentingan misal buat identitas.
    Yang jadi masalah dan yang mau di tanyakan gini tadz Kaka ipar ana dari sebelum menikah sampai sudah menikah saat ini suka foto-foto anak ana hampir semua di memori hp nya di penuhi dengan foto ana ana,ana takut anak ana terkena a’in.
    Gimana tadz solusi terbaiknya !?

    Ana sudah beberapa kali mencoba menghapusnya,eeh ga ngerti-ngerti ..

  • Aprilianto 11 months ago

    Assalamualaikum Warahmatullah Wabarokatu.

    Saya mau bertanya ustad. Apakah dalam akad samsarah, boleh di ikat sepanjang waktu?

    Contoh:

    A adalah seorang pemilik pabrik kain. Lalu A meminta kepada B untuk mencari klien atau pembeli kain nya. Kesepakatannya, A akan memberikan kepada B, 5% dari total penjualan kain bila terjadi transaksi dengan klien.

    Dan A menyanggupi untuk terus memberikan komisi 5% kepada B, selama klien tersebut terus membeli kain ke pabrik A tanpa batasan waktu.

    Apakah akad ini dibenarkan?

    Terima kasih ustad.

  • Nana rosdiana 11 months ago

    Assalamualaikum pak ustadz, sy ibu 3 org anak, anak sy yg pertama prmpuan dan sudah menikah, dan sudah di karuniai 2 org anak, sejak anak sy mengandung anak yg kedua, suaminya meninggalkan anak sy, otomatis sy lah yg harus bertanggung jawab atas semua keperluan dan kebutuhan anak serta cucu sy, sampai saat ini, sampai anak sy melahirkan anaknya yg kedua, suami sy cuma sebagai driver ojek online, tapi keadaan suami sy skrg lagi nganggur, Krn motor yg biasa di pakai buat ngojek, di tarik oleh leasing, Krn suami sy tidak bisa membayar cicilan, beban kami jadi semakin berat, sy dan suami sudah berusaha kerja apa saja asalkan bisa menghasilkan uang (tentunya uang yg halal) tp itu tidak mencukupi, apalg kami masih mengontrak, akhirnya setelah sekian lama sy dan suami berembug dan sepakat ingin kredit motor lg, tp Krn posisi sy dan suami tidak bekerja, otomatis sy dan suami tidak punya slip gaji, dimana slip gaji adalah salah satu persyaratan untuk kredit motor, akhirnya sy dan suami sepakat minta tlg ke kakak sy yg perempuan, sy mau pinjam nama dan data kakak sy, tapi ya Allah ustadz….kakak sy ga ngizinin nama dan data nya di pake sy, padahal kakak sy itu tau, posisi sy skrg bener2 lg susah, dan kakak sy itu termasuk org yg taat beribadah, itulah yg membuat sy jd sedih, sakit hati, marah sekaligus dendam, sampai akhirnya sy sempat kepikiran, kalau memang ada org lain agama bisa membantu kesulitan sy, sy bersedia pindah agama, sy pikir biar kakak sy malu sekalian, tlg sy ustadz….sy harus bagaimana…..wassalamu’alaikum

  • Hamba Allah 10 months ago

    Assalamualaikum ustad. Saya mau bertanya.
    Dulu saya mendapatkan penghasilan dari bisnis musik & gambar. Waktu itu karena ragu dan ingin berganti bisnis, saya gunakan uang dari bisnis tersebut untuk modal usaha (membeli laptop baru).

    dari laptop tsb saya membuat sebuah program. Yang sekarang ini, programnya menghasilkan keuntungan yang banyak. Usaha yang sekarang ini insyaallah halal.

    Apakah keuntungan dari usaha ini halal, ataukah haram. Karena modalnya dari yang haram. Apakah aplikasi / program yang saya buat menggunakan laptop itu menjadi haram juga & tidak boleh digunakan selamanya.

    Terimakasih

  • Hukum Veneer Gigi

    Assalamualayikum ustadz,

    apa hukumnya seseorang yang melakukan veneer giginya dengan tujuan memperbaiki tampilan mulutnya dan menambah percaya diri.

    Apakah hal ini dilarang atau diperbolehkan menurut syariat?

    Mohon penjelasannya.

    Terima kasih banyak

    Wassalamu ‘alayikum Wr wb

    Hamba Alloh

  • Assalamu’alaikum ustadz
    saya seorang istri dengan 3 orang anak, paling besar 7,5 tahun. saya bekerja di luar kota, tiap sore sudah sampai rumah. suami jg kerja di luar kota, kadang tiap hari pulang kadang beberapa hari baru pulang. kami tinggal bersama ibu saya. setelah sekian lama, keinginan saya untuk resign kerja fokus ngurus anak dan menemani ibu semakin kuat. saya mengutarakan keinginan saya kepada suami, dan suami mendukung/mengijinkan dengan catatan ibu saya menyetujui. yang saya tanyakan apakah saya harus bertanya pada ibu saya dahulu ataukah saya resign dulu baru bilang sama ibu saya??soalnya saya takut ibu saya tidak setuju.terima kasih atas jawabannya

  • Assalamu’alaikum ustadz saya mau bertanya.
    Apa hukum membuat kerajinan dari kain flanel bentuk kepala hewan,kartun,manusia.
    Untuk hiasan pensil,gantungan kunci,tas.
    Yang di peruntukkan bagi anak-anak sd

  • Assalamualaikum..
    ustadz mohon penjelasannya,
    saat ini sy bekerja sebagai karyawan kontrak diperusahaan swasta diproyek. Dalam kontrak kerja, sy bekerja jam 7.00 sd jam 16.00.
    Pada jam kerja tersebut terkadang sy diperintah pimpinan untuk membantu rekanan perusahaan untuk melancarkan pekerjaan rekanan tsb.
    Dan sy pun sering memanipulasi data atas perintah pimpinan.
    Dan sy mendapat upah juga dari rekanan tsb.
    Pertanyaanya :
    1. Apakah upah yg sy trima dari rekanan tsb halal/haram?
    2. Apakah memanipulasi data atas perintah pimpinan itu berdosa untuk saya?
    3.apakah sy harus keluar dari pekerjaan tsb? Mengingat susahnya mencari kerja jaman sekarang.
    Mohon bantuannya ustadz. Terimakasih
    Assalamualaikum.

  • Assalamualaikum,

    Ustadz, saya ingin memohon diberi petunjuk atas permasalahan2 dalam hidup saya. Saya sedang menyelesaikan studi saya di luar negeri, namun berbagai macam cobaan dan masalah tiada hentinya saya hadapi. Saya sudah mencoba untuk banyak bersedekah, memperbanyak berdoa dan sholat malam (tahajud dan sholat hajat), dan saya juga terus melakukan sholat dhuha sambil memohon banyak2 kepada Allah SWT agar saya diberi kemudahan dan kelancaran dalam segala urusan2 saya. Tapi, yang saya hadapi hingga saat ini, cobaan masih datang silih berganti, bahkan membuat saya depresi dan frustasi dalam menghadapi hidup dan studi saya.
    Apakah ada saran dari Ustadz atau apakah ada amalan lain yang belum atau perlu saya kerjakan untuk mempermudah studi dan hidup saya.
    Terima kasih banyak atas jawaban Ustadz.

  • Bismillah Ustadz,

    Saya ada dua pertanyaan. Mohon pencerahannya
    1. Apakah memperdengarkan adzan untuk bayi baru lahir merupakan suatu amalan yang ada tuntunannya ? 
    Dan apabila tidak apakah ada amalan lain yang diatur dalam quran dan hadits untuk menyambut kelahiran bayi ?
    2. Saya ingin memberi nama anak saya Hana Kalila. Kedua kata tersebut saya ambil dalam bahasa arab. 
    Arti menurut hasil penelitian sendiri
    Hana : kebahagiaan
    Kalila : yang tersayang

    Doa dan harapannya
    Anak yg selalu diberikan kebahagiaan dan menjadi kesayangan.

    Nah yang saya tanyakan apakah penulisan nama tersebut sudah benar jika menilik bahasa arabnya, lalu apakah artinya memang benar seperti itu, dan bolehkah nama tersebut dipergunakan untuk menamai seorang anak (jika menilik tuntunan dalam quran dan hadits) ?

    Barakallah fik

  • assalamualaikum.. afwan mau tanya ustadz. apakah ketika disuatu kampung ditetepkan hukuman denda bagi yg berzina termasuk berhukum kepada hukum selain Allah? bagaimana hukumnya?

  • Aisyah 9 months ago

    Assalamu’alaikum ustadz..
    Bolehkah menuliskan dipapan struktur suatu organisasi nama suami dibelakang nama istri, misalnya Ny. Hartati Abdul Kadir?
    Untuk kebutuhan administrasi organisasi misalnua dharma wanita, organisasi istri dari Pegawai Negeri Sipil..
    Tidak ada maksud menisbatkan ustadz..
    Mohon bantuannya ustadz..

  • Abdullah 8 months ago

    Assalamualaikum ustad. Saya mau bertanya.
    Dulu saya mendapat uang dari mempromosikan film yang tidak islami, banyak kemungkarannnya. lalu uang tersebut saya gunakan untuk modal usaha (membeli laptop).

    dari laptop tsb saya belajar dan membuat beberapa Aplikasi . Dari aplikasi tersebut saya mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Usaha yang sekarang ini insyaallah halal.

    yang saya tanyakan, Apakah keuntungan dari usaha ini halal, ataukah haram. Karena modalnya dari yang haram. Apakah aplikasi / program yang saya buat menjadi haram juga, dan tak boleh disentuh lagi. apakah ilmu yang saya dapat menggunakan laptop tersebut juga haram.

    Terimakasih

  • adit nurzaman 8 months ago

    assalamualikum ustadz, membaca basmallah ketika solat apakah dizahr kan atau di siir kan bagi imam solat. dan kemudian ketika membaca surat ketika selesai membaca alfatihah apakah di zaher kan atau di siir kan…? syukron ustadz jazakallah khair.

  • Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ustadz saya mau bertanya.Nama saya Feri di Bogor,saya bekerja sebagai PNS. Saya baru menikah dan mendapatkan sumbangan uang dengan nilai besar dari kepala kantor.Dan saya tau kalo uang itu berasal dari Kas Negara karena bendahara kantor yang melakukan pengiriman lewat rekening instansi.

    Saya dapat hadist di internet, yang diriwayatkan dari Al-Mustaurid bin Musyaddad, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang kami angkat sebagai aparatur negara hendaklah dia menikah (dengan biaya tanggungan negara). Jika tidak mempunyai pembantu rumah tangga hendaklah dia mengambil pembantu (dengan biaya tanggungan negara). Jika tidak memiliki rumah hendaklah dia membeli rumah (dengan biaya tanggungan negara). (Nadhratun Na`im, XI. Hlm. 5131)

    Abu Bakar berkata, “Aku diberitahu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa (aparat) yang mengambil harta negara selain untuk hal yang telah dijelaskan sungguh ia telah berbuat ghulul atau dia telah mencuri”. (HR. Abu Daud. Hadis ini dinyatakan shahih oleh Al-Albani).
    Bagaimana hukum uang tersebut Ustadz apakah halal dan boleh saya gunakan sebagaimana hadist itu krn itu bantuan nikah atau kah tidak?Mohon nasehatnya Ustadz,Jazakallahukhoir.

  • Ustad apbila mau mandi wajib tapi malah kecebur ke dalam ai. Saya belum niat dan setelah saya kecebur saya mau mandi wajibtapitubuh saya kan sudah basah semua tapi kembali mandi wajib tapi dgn niat apakah hukumnya sah mohon dijawab sekarang

  • As wr wb ustadz apbila mau mandi wajib saya tdk sengaja tercebur ke air tanpa niat dan saya basah semuanya jadi saya mengulangi  mandi wajib dgn niat apakah hukumnya sah

  • Assalammu’alaikum,
    Semoga Ustadz Aris selalu dalam kebaikan dan keberkahan.
    ‘Afwan Ustadz mohon dijelaskan hukum tentang cara membaca Al Qur’an metode Ummi? Apakah metode ini termasuk metode baca qur’an yang memberatkan diri, karena di dalam metode ini ada keharusan suara dan intonasi yang harus mirip dengan yang dicontohkan sehingga terkesan dipaksa dan memberatkan pembaca.
    Jazakallohu khoir.

  • Assalamualaikum,
    Afwan P Ustadz, mohon bisa diinfo no kontak p ustadz ke ana, bila berkenan kami undang isi kajian di Depok / Jakarta. Syukron sebelumnya

  • hafidz 7 months ago

    Assalamu’alaikum yaa Ustadz.

    Bagaimana hukumnya sholat, sibuk dengan memegangi anak karena takut lepas/melarikan diri dari saya, karena kondisinya ketika saya sholat di masjid rumah sakit, saya takut anak terjatuh dari tangga masjid & hilang dikeramaian. Jazakallahu khairan

  • Annisa 7 months ago

    Assalamu’alaikum, ustadz mau tanya …. Saya ingin menikah dengan seorang ikhwan di tahun ini tetapi orang tua saya menyuruh kami untuk menikah kalau saya pulang dari haji dan selesai kuliah S2 …. Sedangkan haji saya tahun 2022, baik saya maupun ikhwan tersebut pengen nikah di tahun ini …. Minta sarannya tadz,,

    Syukron

  • Abu Ibrahim 7 months ago

    Assalamu’alaikum,semoga Alloh selalu merahmati, & menjaga ustadz dalam kebaikan. Saya mau bertanya, bagaimana hukumnya membantu mempromosikan/menjualkan barang hasil riba (contoh: properti dibangun dari hasil pinjaman bank konvensional), apakah berdosa? Jazakumullahu khoiron…

  • Assalamu’alaikum tadz.. Sy mau tanya, apa hkm nya seseorang yang menolak permintaan tolong dr tmnnya untuk menginap di rmh nya krn dia akan melakukan tes pekan itu.. Krn tmnnya sensitif, klo ditolak tmn itu akan sebel..
    Jazakallah tadz

  • Assalamualaikum wr wb,sy mau tanya ustadz,krg/lbh 3 thn suami tdk memberi nafkah krn tak bekerja lg,sehingga utk keprluan sehari” sy lah yg menutupinya,tiap kali sy ingatkan ia sll marah,sy tdk minta banyak sy blg brp sj sy terima yg pnting nafkahi kelg itu wajib bg seorg suami…gmn ustadz solusinya?

  • Alfqir 6 months ago

    Assalamualaikum ust alfaqir mau nanya
    Apa hukumnya mertua meminta kembali uang/tabungan haji yg di bayarkan buat mantunya n tp dgn jln nya wkt mrk berpisah anak n mantunya. Kemudian org tua isteri nya/mertua nya minta kembali uang tabungan haji yg di berikan buat menantunya.
    Terimakasih atas jawabannya

  • Fulanah 6 months ago

    Bismillah. Assalamu’alaikum, barakallahu fiikum… ana mau tanya mngenai shalat dgn pakaian syar’i.
    Gamis akhwat misalnya panjangnya hnya mnyentuh tanah, jika shalat dgn baju tsb meskipun pakai kaos kaki mungkin ada pada beberapa gerakan shalat yg mmbuat tumit akn trlihat, sdangkn kaos kaki itu kn biasanya suka tipis/nerawang dbagian tumitnya. Bagai mana itu, trlebih dlm kondisi bepergian dmna kita tdk mnemukan mukena utk dkenakan.
    Mohon pnjelasannya.

  • Yudhis 6 months ago

    Assalamualaikum pa ustad
    sy duda anak 2 istri wafat krn sakit kanker lidah, dan sy sdg dekat dengan calon ibu utk anak2. Dan insha Allah bln juli sy nikah, yg membuat sy bingung calon sy kurang perhatian sekali kpd saya tetapi dekat dgn anak pertama saya, lalu ada wanita yg dkt dgn sy tp perhatian dgn sy dan blm dikenalkan dgn anak2 sy. Pertanyaanny bgmn sy hrs menyikapi hal tsb pa ustad. Mhn bimbingannya. Tks atas jawabanny.

  • Assalamu’alaikum ..
    Ustadz saya mau bertanya apa hukum nya menikah dengan sepupu?
    Jadi gini tadz, ibu saya menikah dengan adik ibu nya dan lahir lah saya. Lalu ibu nya menikah dengan kakak ibu saya dan lahir lah dia. Jadi kita sepupu yang satu nenek dan kakek. Jika kami menikah apakah syah menurut pandangan islam tadz?

  • assalamualaikum ustadz..mau tanya apa hukum mengangkat tangan ketika berdoa setelah selesai wudhu,setelah adzan, antara adzan dan iqomah. dana apakah harus menghadap ke kiblat.?

  • Assalamu’alaikum warahmatullah.
    Ustadz, ijinkan saya bertanya dan mohon jawabannya. Di kampung saya ada PKK RT yg mengadakan usaha simpan pinjam dg riba. Petugas dr ibu2 anggota PKK untuk mengurusi urusan simpan pinjam ini adalaha tetangga saya. Namun, saya ditunjuk oleh ketua PKK untuk menjadi penerima uang setoran tabungan dan mencatatnya di buku, lalu sblm acara PKK dimulai, uang setoran tabungan yg terkumpul saya setoran ke tetangga saya yang sbgai petugas aslinya.
    Selamatkah tugas saya ustadz? Termasuk mendapat dosa riba tidak ya ustad? Saya tidak ikut menabung ataupun meminjam krn tau itu riba. Tapi ditugasi itu, saya bingung statusnya dosa atau tidak.
    Mohon penjelasannya ustadz
    Jazakallah khoir

  • السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Pak Ustadz saya mau bertanya, 2 hari lalu saya khilaf dan memberikan foto dan tidak senonoh kepada seseorang, dan saya pada akhirnya saya sadar, dan ingin melakukan pertaubatan. saya sudah meminta tolong orang tsb untuk menghapus dan tidak menyebarkannya, akan tetapi orang tsb tidak mau menghapusnya. Apakah taubat saya tidak diterima ALLAHdosa-jariyah dan apakah saya harus menemuinya secara langsung dan meminta untuk menghapusnya, akan tetapi dia meminta untuk melakukan yg dilarang ALLAH sebagai jaminan kalau mau dihapus, jadi saya harus seperti apa untuk benar2 bisa melakukan taubat.
    Terimakasih Pak Ustadz, mohon bimbingannya.

    note: sebelumnya saya dan dia baru berkenalan dan belum pernah bertemu.

  • semogakeselamatan, rahmat ALLAH dan berkahnya tercurah kepada Ustadz

    pertanyaan :

    saya seorang PNS digaji dengan sistem BANK, saya dan istri punya usaha berjualan, dimana 3 tempat penitipan jualan saya hanya mau bertansaksi menggunakan BANK, pemerintah juga mengenakan pajak kepada kami (UKM)? apa kah usaha saya berkah, apa yang harus saya lakukan. pertanyaan kedua : saya telah pergihaji, tetapi pada saat ihram haji saya tidak niat, saya hanya memahami semua yang saya lakukan di makah dan madina adalah haji. untuk lempar jumroh juga terbalik urutannya. apakah saya harus ulang haji saya atau bagai mana? semoga ALLAH memberi balasan kebaikan kepada Ustadz

  • Assalamualaikum,ustadz, sholat sunnah empat rokaat satu kali salam pake tasyahud awal gak?
    Mohon pencerahannya