Hukum Membunuh Semut Rumah

Tulisan Qur’an Sebagai Hiasan Dinding
Fikih Ciuman …
Hukum Berbicara dengan Wanita

ما حكم قتل النمل القارص ، حتى لو لم يقرص ، وكذا قتل باقي أنواع الحشرات ، التي في المنازل وغيرها ، حتى لو لم يكن منها الأذى ؟

Pertanyaan, “Apa hukum membunuh semut yang suka menggigit meski ketika itu sedang tidak menggigit? Demikian pula, apa hukum membunuh binatang-binatang kecil lain yang biasa ada di rumah atau pun tempat yang lain meski tidak mengganggu?”

الإجابة :
ينتبه أن لا يقتل إلا ما كان مؤذيا ، أما الذي لا يؤذي فلا يقتل ، والأذى أنواع ، ومن الأذى بأن يكون وجودها في البيت ، وفي أماكن الجلوس ، هذا يعتبر نوعا من الأذى ، لا أحد يقبل الحشرات في بيته ، فيجوز إبعادها أو قتلها ، لا حرج إن شاء الله تعالى . والله أعلم .

Jawaban Syaikh Abdul Muhsin bin Nashir al Ubaikan, “Perhatikan, tidak boleh membunuh hewan kecuali yang mengganggu. Sedangkan hewan yang tidak mengganggu itu tidak boleh dibunuh. Bentuk gangguan hewan kepada manusia itu beragam bentuknya. Diantara bentuk gangguan hewan adalah keberadaannya di dalam rumah, atau di tempat-tempat yang biasa diduduki oleh orang. Kondisi ini terhitung gangguan. Tidak ada seorang pun yang ingin rumahnya dipenuhi oleh berbagai macam hewan kecil-kecil. Sehingga hewan-hewan yang ada di rumah itu boleh diusir atau pun dibunuhi. Sekali lagi, hukumnya adalah tidak mengapa, insya Allah”.

Sumber: http://al-obeikan.com/show_fatwa/3234.html

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 44
  • abu ibrohim 7 years ago

    semut di toples tempat gula boleh dibunuh ya ustadz? atau laba-laba yang dikamar anak?

  • berarti menggunakan kapur bagus (kapur pembunuh semut dan kecoa) tidak apa-apa dong ustadz? soalnya kadang semut2 itu memakan roti dagangan di warung ana.. syukron artikelnya ustadz, ana baru tau ternyata boleh membunuh semut pada keadaan tertentu..

    dan kadang misalnya kita habis meminum minuman manis (susu, sirup, dll), gelas yg masih di meja itu dipenuhi semut.. ana takut mencuci gelas itu karena masih banyak semut yg ada di dalam.. berarti boleh disiram aja ya..

  • ustadzaris 7 years ago

    #abu
    Boleh

  • ustadzaris 7 years ago

    #teguh
    1. Tidak apa-apa
    2. boleh

  • Saya lebih suka menyapunya keluar rumah daripada membunuhnya, seringkali kita terlalu menganggap remeh terhadap makhluk kecil sehingga begitu mudah menuangkan minyak tanah kedalam lubang semut untuk membunuhnya.
    Afwan ustadz, tapi menurut ana, selama kita masih bisa mengusirnya dengan cara “baik-baik” maka kita tidak perlu membunuhnya……:)

  • Bagaimana dengan hadist yg melarang membunuh 4 macam binatang lebah.semut burung hud hud dan shurod ustadz?

  • ustadz, saya ragu dengan membunuh nyamuk memakai raket listrik yang bagi sebagian orang listrik diidentikkan dengan API. padahal listrik dan api adalah hal yang berbeda jauh sekali berbeda. *saya jurusan teknik elektro dan memahami sifat2 listriktidak boleh membunuh binatang dengan api, saya pun tau hukum hal initapi bila kita tidak memakai raket listrik, sangat sulit membunuh nyamuk dg alat selai ini, bisa mengakibatkan barang2 dirumah jatuh karena tidak sengaja. atau bahkan menyakiti diri sendiri dengan menepuk kerasbila nyamuk tidak dibunuh???? Demam berdarah, penyebaran penyakit, dll

  • saya biasanya mau cuci piring , nah dipiring itu ada semut jadi gimana bagusnya ??kita siram aja atau dibiarin . tapi kan sama juga kalo disiram kan mati terus kita yg nyiram berdosa . saya ingin saran dari ustad terima kasih . wassalam
     

  • khairul 6 years ago

    salam ustaz ..kalau menyiramkan air panas kepada semut dirumah saya bagaimana hukumnya ustaz..semut ni mengganggu dirumah saya masuk ke dalam makanan dan sebagainya..nak pakai racun takut anak2 saya yang mungkin menyentuhnya pula..jadi saya nak siramkan air panas kepada semut2 ini..

  • #khairul
    yang mengganggu boleh dibunuh
    yang tidak, tidak boleh.

  • Ai Masruruoh 6 years ago

    Assalamua’laikum wr wb. ustadz saya mw tanya, sy sedang hamil di rumah saya ada beberapa semut hitam besar, hampir tiap hari pasti ada di lantai, mereka memang tidak mengganggu, tapi klo tidak sengaja keinjak dia gigit. suatu ketika saya sedang makan dan semut2 itu datang, mereka tidak mengganggu, tapi kehadiran mereka yg kesana kemari di depan saya yang sedang makan jadi membuat saya terganggu. sebelumnya saya biarkan saja karena mereka tidak mengganggu, tapi pada saat makan itu saya berpikir klo lama2 dibiarin terus, sy khawatir mereka akan melahirkan anak dan tambah banyak karena sudah betah tinggal bersama kita. dari situ saya masukin ke dalam kantong untuk saya bebasin mereka jauh2, soalnya klo sy sapu keluar kayky balik lagi balik lgi, jadi sy py niat ingin melepaskan mereka di tempat yg jauh dengan rumah sya. singkat cerita saya lupa sekitar 3 hari sepertinya ada semut yang mati di dalam, tapi ada juga yg masih hidup, sy pikir awaly mereka masih baik2 saja tapi pas saya cek ada yang mati saya jdi merasa bersalah, langsung pada saat itu juga saya lepasin mereka diluar dengan harapan kali za mereka akan sehat lgi.
    pertanyaan saya apakah yang saya lakukan dosa pak ustad, memasukkan semut ke dalam pelastik sampai ada semut yg mati, tapi dari awal saya tidak ada niatan untuk membunuhnya sama sekali, cuma mau membawanya k tempat yang jauh dari rumah, saya jdi merasa bersalah pak ustad. mohon bimbingannya. syukron . . . !!!

  • ustadz,,tnya,,,tadi habis bnuh segerombolan semut hitam yg pindahan,mreka lg kumpul di jendela dkt aquarium ikan saya dan dekat kursi tamu di rumah saya..nah kalo saya liat spt itu,saya takut kalo nanti nya akan pindahkan masuk ke liang2 kursi(busa nya),dan saya risih..

    apakah itu merupakan suatu rasa yg ‘duh semut ini ganggu’,,kalo begitu ini gmn hukum nya?

  • #mel
    insya allah boleh dibunuh jika memang demikianlah keadaannya.

  • #masruroh
    insya allah jika dibunuh tidak mengapa.

  • imam haryanto 5 years ago

    terimakasih infonya. semoga jadi amal saleh

  • Abdul Aziz 5 years ago

    Bismillah..
    Ustadz,kalau dibulan Romadhon apakah kita juga boleh membunuh hewan2 yg mengganggu tersebut??

  • #abdul aziz
    Boleh.

  • السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ,,ustd ana komar tinggal ana didaerh manggarai,,istri ana kann ƪάƍϊ mngandung ustd,,ŬϑǟЂ berjalan kuarang lebih 3bln,,dirumah ana bnyak sekali binatang2 sejenis nyamuk,,laron,semut hitam,semut merah,,kadang ana gunain raket listrik úñŁùķ membunuhnya,,klo tidak ana tindak ana takut nti istri ana kena dbd ustd..menurut ustd Ǻãåª tindakan ana salh klo mematikan bintang diatas,,terima kasih mohon bimbingannya ustd wasallam..

  • @komarudin
    Tidak salah

  • Assalamualaikum P Ustad, tadi sore dari atap internet kamar. Keluar ribuan semut karna panik sy semprot dengan baygon sambil ucap “Bismillah” setelah semuanya mati baru sy menyadari. Sy sangat menyesal sudah membunuh ribuan semut hitam ga berbahaya. Gimana sy ini P Ustad

  • @Dani
    Keberadaan semut tersebut dirugi termasuk bentuk gangguan. Insya Allah, tindakan anda hukumnya adalah tidak mengapa.

  • Abu Salman 4 years ago

    Hukum beternak dan menjualbelikan kroto(telur/larva semut) itu haram atau halal?
    mengingat ada larangan untuk membunuh semut, sedangkan kroto andalah calon semut…

    Jazakallohu kroiro ustadz.

  • Pa ustad mmbunuh semut api yg menggangu gmna burung saya tdnya msih hidup tp stelah di hinggapi semut panas pd rontok bulunya lalu mati apakah cara mmembunuhnya yg baik dg cara apa semut tersebut

  • sanusi 3 years ago

    utstadz mau tanyaa,saya pernah membunuh semut dengan minyak tanah,karena semut berada di dalam kamar dan menggangu tidur anak saya sehingga anak saya pada bentol2 bagaimana hukumnya?apakah saya berdosa,,terimakasih ustadz

  • Dahlan 3 years ago

    Assalamu ‘alaikum ustadz,
    Saya mau tanya, saya baru saja membunuh anak ayam tetangga, ceritanya begini, pasa saya lg kasih anak ayam saya makan, anak ayam tetangga saya ini datang, induk ayam saya berkali-kali mengusirnya tp ttp datang lagi. Lalu saya merasa geram saya lalu menyentil kepala anak ayam tadi dgn mksud mengusirnya, lalu ia berguling-guling di tanah. Beberapa saat kemudian anak ayam td bangkit lg dan pergi. Lalu anak ayam yg lebih kecil dtg lg, saya sentil lg pake jari tengah saya. Seperti yg pertama, dia berguling-guling, tp setelah itu tidak bergerak lg. Saya dekati lalu saya coba goyang-goyang tubuhnya dgn harapan anak ayam td hidup. Tp ternyata sudah mati. Lalu saya kuburkan dibelakang rumah.
    Yg mau saya tanyakan bagaimana ya ustadz, apa yg hrs saya lakukan utk menebus kesalahan saya??
    Makasi ustadz, assalamu ‘alaikum.

  • Budi Darmawn 3 years ago

    Assalamu’alaikum.
    Ustad, bagaimana hukumnya beternak kroto (semut rang rang), dan bagaimana hukumnya menjual kroto untuk menjadi makanan burung…?? tolong dijawab ustad..,, karna saya punya rencana untuk beternak kroto, tapi saya masih ragu.. syukron…

  • assalamu’alaikum pak ustadz saya mau tanya bagaimana hukum membunuh semut dgn baygon pada saat sy cuci piring sy melihat semut itu banyak skali pak ustadz, sy tdk mau semut”nya tersiksa krn menghirup air terus mati , jadi saya semprot saja dgn baygon biar tdk terlalu trsiksa. hukumnya bagaimana pak ustadz? sy takut berdosa.. wassalamu’alaikum

  • junny 3 years ago

    Ustadz,,saya mau bakar sampah,tp disampah itu byk sekali semut rang2,saya g ada niat bakar semut itu,tp saya mw bakar smpah tp byk semutny,dan saya ttap bakar smpah itu meski byk semutnya.apakah itu boleh ustadz…????

  • @junny
    Insya Allah, boleh.

  • @Ulfa
    Insy Allah tidak mengapa karena semut yang ada di dalam rumah itu tergolong semut pengganggu.

  • # Budi
    Hukumnya boleh.

  • # Dahlan
    Minta maaflah kepada pemilik ayam dan gantilah kerugiannya.

  • # Sanusi
    Tidak dosa.

  • sasono 3 years ago

    saya berternak burung.kadang semut itu sering datang memakan pakan burung saya.terkadang juga ngrubutin telur yg lgi di erami burung.jdi boleh di bunuh semut itu ustadz.

  • @ Sasono
    Boleh dibunuh.

  • abu salman 3 years ago

    adakah dasar mengatakan ternak dan jual kroto boleh ustadz?
    soalnya berjualan hewan yg haram dimakan adalah haram, sedangkan kroto apakah halal dimakan?
    lalu mengenai perkara membunuh semut, krn kroto adalah calon semut yg nantinya mati apabila kita berikan kepada burung sbg pakan?

    maaf ustadz agak byk tanya soalnya ini menyangkut rizki buat keluarga, takutnya sy menafkahi kluarga dg brg haram. dan untuk menenangkan hati sy.

    terima kasih atas tanggapannya..

  • saeful 3 years ago

    assalamu’alaiykum, klo budidaya kroto atau semut rang rang utk pakan burung, boleh gak ustadz??? syukran

  • Aslmualaikm
    P.ustadz mhn pncrhnx drmh sy ad lipan dan sy sgt tkt dg hewan trsbt naah pas ad hewan tersebut krn saking tkutnya sy panggil suami dan tnp sengaja suami sy memukul lipan tersebut tp keadaan sy pas hamil itu tdk apa kan pak :( sy bnr” tdk sengaja

  • Aslmualaikm
    P.ustadz mhn pncrhnx drmh sy ad lipan dan sy sgt tkt dg hewan trsbt naah pas ad hewan tersebut krn saking tkutnya sy panggil suami dan tnp sengaja suami sy memukul lipan tersebut tp keadaan sy pas hamil itu tdk apa kan pak :( sy bnr” tdk sengaja

  • pak ustadz saya mau nnyk nih,di tempat saya ada seorang pekerja pencari telor semut itu telornya bisa di jual nah itu kan menganggu rumah semut jdi gimna itu pak ustadz

  • donlana 2 years ago

    Pak ustadzaris..
    Pada mlm jumat selepas sholat isya lnjut yasinan.
    Saya tr tidur trus pda skitar jm2 pagi tiba tiba saya tr bangun di lengan saya da se ekor semut bako,lalu sya mtiin, pas sya lihat di bntal da 1 lgi.
    Sma sya mtiin tuh knpa iya tad.

  • sinta 2 years ago

    Ustad dirumah saya banyak terus menerus semut terus saya harus bagaimanaaa

  • Arief 1 year ago

    Ustad saya tidak sengaja bunuh semut itu dosa tidak stad

  • @arief
    Semua yang tidak sengaja itu tidak dosa