Perwalian untuk Anak Perempuan Hasil Zina

Tanya:
Assalamu’alaikum wr. Wb.
Saya seorang akhwat ingin menanyakan tentang masalah hak waris dan perwalian saat nikah.
Seorang anak perempuan yang lahir dari hasil perzinaan. Namun orang tua dari anak ini akhirnya menikah ketika usia kandungan anak 3 bulan. Yang saya tanyakan, kelak ketika sang anak beranjak dewasa apakah dia berhak atas waris dari ayahnya dan apakah sang ayah berhak menjadi wali nikah apabila sang anak perempuan ini menikah? Dalil-dalil apa saja yang menjelaskan tentang kedua hal tersebut? Jazakumullah khoiron katsiron
Wassalamu’alaikum wr. wb. (lewat email).

Jawab:

Wa’alaukumus salam warahmatullah wa barakatuh

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْوَلَدُ لِلْفِرَاشِ ، وَلِلْعَاهِرِ الْحَجَرُ

“Anak itu dinasabkan kepada suami yang sah sedangkan laki-laki yang berzina itu tidak dapat apa-apa” (HR Bukhari no 6760 dan Muslim no 1457 dari Aisyah).

Berdasarkan hadits tersebut maka anak dinasabkan kepada suami yang sah. Jika tidak ada suami yang sah maka anak tersebut dinasabkan kepada ibunya. Oleh karena itu, anak yang lahir dari hasil perzinaan tidak di nasabkan kepada bapak biologisnya namun kepada ibunya.

Hal ini disebabkan nabi mengatakan bahwa laki-laki yang berzina tidak memiliki hak apa-apa pun terhadap hak nasab, perwalian dalam nikah, mewarisi, kemahraman ataupun kewajiban memberikan nafkah kepada anak, semuanya tidaklah dimiliki oleh laki-laki yang berzina (baca: bapak biologis). Akan tetapi bapak biologis ini tidak diperbolehkan menikahi anak hasil zinanya menurut pendapat mayoritas ulama dan inilah pendapat yang benar.

Berdasarkan penjelasan di atas maka bapak biologis tersebut tidak berhak menikahi anak perempuan hasil zinanya. Bahkan anak perempuan tersebut tidaklah memiliki wali untuk pernikahannya sehingga berlakulah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

فَالسُّلْطَانُ وَلِىُّ مَنْ لاَ وَلِىَّ لَهُ

“Penguasa adalah wali nikah bagi perempuan yang tidak memiliki wali nikah” (HR Abu Daud no 2083 dan dinilai shahih oleh al Albani).

Untuk negeri kita yang dimaksud dengan penguasa dalam hal ini adalah petugas kantor urusan agama.

Demikian pula bapak biologis tidak memiliki hak waris jika anak hasil zinanya meninggal dunia terlebih dahulu dan meninggalkan warisan. Demikian pula sebaliknya, anak zina tidak berhak mendapatkan harta warisan peninggalan bapak biologisnya.

[Konsultasi dari Majalah Swara Qur’an]

COMMENTS

WORDPRESS: 154
  • bila ingin menikahi anak hasil zina bagaimana dengan binti nya, apakah dari ayah kandungnya atau dari ibunya.. dan perlu diketahui anak hasil zina ini tidak mengetahui siapa bapaknya, dan baru mengetahui dia anak angkat dan dilahirkan dari ibu pezina ketika sudah besar, dengan kata lain anak itu tidak pernah mendapat kasih sayang ibunya, dan baru mengetahui dia anak hasil zina ketika sudah dewasa. Juga apakah boleh yang menjadi walinya adalah ayah angkatnya?

  • #amat
    ayah angkat tidak boleh dan tidak sah menjadi wali nikah.
    binti tetap harus kepada ibunya.
    anak zina tidak punya ayah.
    wali nikah anak zina hanya boleh dan sah jika petugas KUA.

  • #edi
    1. sudah benar
    2. tidak boleh, di bintikan kepada ibunya.

  • saya menambah apa yang dikemukan mas Usman ustadz….
    bagaimana jika bapaknya yang tidak sah menikahkan putrinya karena tidak tahu kalau ternyata bapak biologisnya tidak boleh menikahkan….
    pertanyaannya…..
    – Apakah pernikahan anak wanitanya tersebut tetap tidak sah karena ketidaktahuan bapaknya….?bukankah jahil termasuk udzur…?
    jazakumullah atas jawabannya

  • #ahmad
    akad nikah wajib diulangi setelah tahu.
    tidak tahu dalam kasus ini menyebabkan orang yang tidak tahu itu tidak berdosa karena perbuatannya.

  • ustadz, beraerti tetap tidak sah dan wajib diulang ya ustazd walupun bapak biologisnya tidak tahu tentang ilmu ini?
    kalo memang harus diulang, banyak di masyarakat kita dengan kasus seperti ini, pihak KUA pun kan gk tau itu anak zina apa bukan, apa perlu juga ya ada ptugas KUA yang menayakan status tiap calon mempelai untuk menghindarkan hal tersebut? 
    jazakalllah khoiron katsir 

  • #ummu
    betul, wajib diulang.

  • habibah 7 years ago

    assalaamu’alaikum ustadz…bagaimana kalo anak hasil zina dibesarkan oleh orang lain ( dijadikan anak asuh ). anaknya ini laki2…apa nasabnya tetep ikut ibu kandungnya apa ibu asuhnya? jazaakumulloohu khoiron

  • #habibah
    tetap dinasabkan kepada ibu kandungnya.

  • hassan ashari 7 years ago

    Assalaamu’alaikum. Wr.wb
    Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    الْوَلَدُ لِلْفِرَاشِ ، وَلِلْعَاهِرِ الْحَجَرُ
    “Anak itu dinasabkan kepada suami yang sah sedangkan laki-laki yang berzina itu tidak dapat apa-apa” (HR Bukhari no 6760 dan Muslim no 1457 dari Aisyah).
    Berdasarkan hadits tersebut maka anak dinasabkan kepada suami yang sah. Jika tidak ada suami yang sah maka anak tersebut dinasabkan kepada ibunya. Oleh karena itu, anak yang lahir dari hasil perzinaan tidak di nasabkan kepada bapak biologisnya namun kepada ibunya.
    Pertanyaan:
    laki-laki yang berzina (bapak biologis) bernikah si ibu semasa anak di dalam kandungan 3/4 bulan.
    1)Jadi bapak biologis udah menjadi suami yang sah
    2) Bapak biologis bolih jadi wali
    harap penjelasan nya

  • Assalamualaikum ya ustadz…

    Saya ada niat. Bermaksud menikahi kekasih saya. Dan pernikahan saya tinggal 5hri lagi. Hendak saya tanyakan. Gadis yg akan saya nikahi adalah anak diluar nikah yg mana ibu kandungnya dinikahi di umur kandungan 6buln. Pernyataan itu saya terima 6buln sblum sya akn dinikahi. Dalam kasus ini ayah biologisnya menikahi ibu kandungnya. Apa kah masih perlu diwalikan kpda umaroh ato KUA … ???

  • #aji
    Wajib dinikahkan oleh petugas KUA

  • anonim 7 years ago

    ‘afwan ingin mendapat kejelasan karena sy blum faham.
    dengan demikian, status anak yang lahir diluar nikah tidak bermahrom dg ayah (ayah biologisnya).
    lalu bagaimana dg nasib si anak ke depannya?dalam berikteraksi dg ayahnya?
    misalkan anak tersebut lahir diluar nikah, usia 4 tahun, orangtuanya baru meresmikan pernikahan yg sah.
    dari penjelasan di atas yang saya tangkap adalah seperti ungkapan ‘sudah jatuh tertimpa tangga’ bagi si ibu dan anak tsb. lalu bagaimana peran si ayah?apakah kemudian tidak mengapa si ayah (biologis) lepas tanggung jawab akan kebutuhan si anak?
    jazaakallahu khairan
    mohon maaf atas ketidaktahuan sy.

  • hamba allah 7 years ago

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ

    Ustad..jadi anak wanita di luar nikah bisa berwali dan pakai binti nama ibu kandungnya kalau menikah ?

  • #hamba Allah
    Walinya adalah petugas KUA dan pakai binti ibu kandungnya.

  • #anonim
    ayah biologis secara agama tidak punya kewajiban untuk menafkahi anak hasil zinanya.

  • @hasan
    bapak biologis tetap tidak boleh menjadi wali nikah.

  • Assalamualaikum pak Ustadz.. Mohon mf sblmnya sy mendengar pendapat bhw apabila wanita hamil ini dinikahkan dg laki2 yg hamilinya boleh dan anak nya bila lahir usia 6 bln sjk pernikahan itu dinasabkan pd bpk biologisnya??? Menurut pak Ustadz bgmn ??? Trmksh

  • pengembara 6 years ago

    assalamu’alaykum.
    kita mengetahui bahwa pernikahan berbeda agama disamakan dengan perzinahan..
    namun jika pada suatu waktu pihak yang berbeda agama tersebut menjadi muallaf, apakah anak2nya mendapatkan hak waris dari pihak yang menjadi muallaf tersebut?

  • #pengembara
    anak zina itu tidak mendapatkan warisan dari harta ayah biologisnya.

  • #bunga
    pendapat yang tidak benar n tidak berdasar.

  • power rangers 6 years ago

    assalamualaikum.. ustaz,, ingin sy bertanya.. apakah hukum,, hasil anak zina itu,, dia langsung tidak tahu siapakah bapak kandung nya,, kerana di rahsiakan oleh ibunya.. anak itu lelaki atau pun perempuan,, ketika dia ingin berkahwin,, bleh kah si anak ini,, menggunakan bin atau binti kepada ayahnye yg sedia ad ni,, ayah yang sah berkahwin dngan ibunya?? dan suami ini yg sah,, menjadi wali?

  • bismillah,
    ustadz,ana mau tanya,..
    ada seorang wanita,sudah menikah 10 tahun dg pria A, dan memiliki 3 anak yakni perempuan ,laki2,dan perempuan.lalu wanita ini mengandung (hamil) 2 bulan,lalu pisah TANPA ditalaq suaminya,lalu si wanita menikah lagi dg pria B yang B ini seorang duda dan memiliki 2 anak laki laki dan perempuan ,tanpa memberitahu bahwa dia mengandung,setelah itu anaknya lahir dan Anak ini perempuan,dicatat di kartu keluarga si pria B,setelah 20 tahun,pria B selaku bapak secara hukum dan ibu kandung si anak ini meninggal,tapi bapak biologisnya(Pria A) masih hidup,lalu sekarang tinggal sama pakdhenya,pertanyaannya,siapakah yg paling berhak menjadi wali nikah anak ini?… syukron sebelumnya ustadz

  • @andi
    Jika memang tidak ditalak maka hub wanita itu dengan B adalah zina
    walinya adalah ayah aslinya yaitu si A.

  • @power
    Wali nikah anak zina adalah KUA, tidak boleh selainnya.

  • ustad mau tanya kalau anak hasil zina tiadk tau siapa nama ibu bapaknya, trus kalau meninggal dunia dia harus pake binti apa siapa ?

  • assalamu’alaikum ustadz…. saya mau tanya, bagaimana hukum perwalian seorang anak perempuan dari hasil zina klo pada saat ibunya mengandungnya dalam usia 1 bulan, kemudian ayah biologisnya menikahi ibunya yg sedang mengandung usia 1 bulan tersebut, apakah ayah biologisnya yang menjadi suami sah dari ibunya tetap tidak boleh menjadi wali anaknya kelak saat anak perempuan tersebut menikah? mohon penjelasannya dan terimakasih ustadz

  • @widia
    Nikah dalam keadaan hamil tidak sah sebagaimana pendapat mayoritas ulama.
    Ayah biologis tersebut tetap tidak boleh menjadi wali nikahnya.

  • anindita 5 years ago

    Asalamualaikum pak ustadz

    Saya ingin bertanya
    Bagaimana nasab seorang anak hasil zina jika wafat tetap binti ibu nya/bagaimana ?

  • @anindita
    Tetap dinasabkan kepada ibunya.

  • @ahmad
    Anak zina itu tidak punya bapak.
    pake binti amatillah (hamba Allah wanita).

  • Assalamu alaikum
    Pak ust, setelah sekian thn kami nikah baru tahu klo nikah kami termasuk nikah syubhat,dan stlh istri ku melahirkan kami akan mengulang nikah nya..yg ingin saya tanyakan
    1. Apakah wali nya bs di ganti kan oleh wali hakim ?# wali dr istri ku (paman) tidak di ketahui keberadaan nya..
    2.seandainya bs oleh wali hakim dan di langsungkan nikah ulang nya di kantor KUA,apakah istri saya hrs berada di situ (kantor KUA) ?
    3.untuk saksi harus kah dari pihak istri ?
    Syukron jazakumullah khoiran…

  • zizbrill 5 years ago

    assalamu alaikum ustat
    apakah anak diluar nikah boleh mendapatkan harta waris!

  • Ass, ustad bagaimana kalau anak hasil zina dan orangtuanya tidak mengetahui tentang wali nikah si anak dan pada saat si anak menikah yg menjadi wali adalah bpak biologis si anak, maka apakah pernikahan itu perlu diulang kembali?! Dan apa kah pernikahan anak itu selama ini sah? Semntara disisi lain si anak baru tahu klo dia anak hsil zina setelah menikah?!

  • achmad S 5 years ago

    ustadz, ane tanya,
    kalau anak perempuan yg dilahirkan dari pernikahan beda agagma orang tuanya, dimana ayahnya adalah Budha dan Ibunya Islam,
    berarti perwalian saat nikah tetap dari wali hakim atau dari keluarga ibunya?
    syukran

  • @achmad
    Walinya adalah KUA. Wali nikah tidak boleh berasal dari keluarga ibu.

  • achmad S 5 years ago

    syukran ustadz

  • Taufik 5 years ago

    Ustadz,

    Saya pria muslim, ingin menikahi wanita muslim dari keluarga beda agama ( Ayahnya muslim, sedangkan ibunya non muslim).
    Apakah diperbolehkan walinya adalah ayahnya (tanpa wali hakim) atau harus dengan wali hakim ?
    Mohon pencerahannya pak ustadz..
    terimakasih

  • boleh tapi walinya hanya boleh pihak KUA.

  • Pak ustad saya dan pacar saya pernah melakukan hubungan intim dengan pacar saya sehingga pacar saya hamil, kemudian saya melamar tp ternyata orang tuanya menghalangi krn alasan harta jabatan. Padahal saya dan pacar saya tetap ingin menikah, pertanyaan saya saya harus bagaimana. ? Kawin lari. ( calon istri saya janda punya anak 1 berumur 34 tahun dan saya 51 tahun) kl saya liat ayah calon saya sakit krn guna2 oleh keluarga besarnya alasan alasan calon istri saya saya harus menikah dengan familinya alasan agar harta perusahaan tidak lari dr keluarga besar. Dan dulu pernah calon istri saya umurnya bertahan 6 bulan lg d vonis dokter krn rmh sakit ( menyatakan tidak sanggup mengobati) alhamdulillah sale sekarang calon istri masih sehat

  • Ustadz saya ingin bertanya .. apakah sah seseorang menikah dengan kekasihnha tampa sepengatuan orang tuanya karna iya merasa malu untuk mengatakannya dikarenakan dia masih harus kuliah dulu dan usianya sudah 22 tahun … akan tetapi dia menggunakan wali KUA ..

  • shafiz arrahim 5 years ago

    assalam mu alaikum
    bagaimana tobat untuk pasangan yg berzina setelah sadar dari kesalahannya dan ingin menjadi lebih baik?
    mohon penjelasannya

  • Ustadz, saya mau tanya, saya menghamili seorang menita, kemudian diusia hamil 3 bulan, saya lgsg menikahinya, sampai sekarang akhirnya anak tersebut lahir dan jenis kelaminnya Perempuan. Yg mau saya tanyakan,
    1.apakah pernikahan saya tadi dianggap SAH? Karena saya dan istri saya sudah bertaubat dan lgsg menikah saat usia hamil 3 bulan.
    2.jika putri saya itu sudah dewasa dan ingin menikah, Apakah saya berhak menikahkan dan berhak menjadi wali ny yg sah?? Apalagi status kami saat ini sudah bertaubat dan mohon ampun kpd Allah swt..

    Mohon penjelasanya ustad..

  • assallamuallaikum wr.wb.Klu nikah saat hamil tidak sah,bagaimana status anak ke2 jika setelah kelahiran anak ke1,tidak nikah ulang.?terimakasih

  • windri 5 years ago

    Pak Ustadz,saya punya 2 orang adik perempuan dari hasil ibu saya berzina tapi pria tu sudah menikahi ibu saya(saat ini menjadi ayah tiri saya).
    Sampai saat ini ibu selalu merahasiakan hal ini dari adik saya.
    Lantas ketika adik saya menikah,haruskah saya beritahu kalau bapak tiri saya itu tidak boleh menjadi walinya?
    Saya takut pernikahan adik saya tidak sah karena kurangnya pengetahuan agama .

  • Assalamualaikum ustad,
    Sy mau bertanya, jika lelaki menikahi wanita yang sedang hamil 3 bln krna perbuatan zina keduanya, hukum pernikahannya kan tidak sah. Lalu bagaimana jika si lelaki tsb tidak mau menikahi ulang wanita tsb stelah melahirkan dengan alasan malu? Apa sebaiknya yang di lakukan si wanita? Mohon dengan sangat penjelasannya pak ustad, terima kasih

  • yolianda 5 years ago

    Assalamualaikum ustadz..
    Saya anak perempuan dr hasil zina namun setelah ibu melahirkan saya,ibu menikah dengan pria yg bukan ayah biologis saya (orang lain),apakah boleh jika wali nikahnya adalah suami sah ibu saya???

  • Asalamualikum wr.wb pa ustad saya mau tanya jika seorang hamba allah yang sudah bertaubat nasuha dari zina ,terus dalam pikirannya selau melintas bayangan mantan pasangan penzinaya,padahal dia sudah tak mau mengingat nya lagi,apakah taubat nya di terima?

  • cahaya arsy 4 years ago

    Kalau si anak hasil zinah ini suatu saat meninggal dunia yg mnjadi bin atau bintinya siapa ustadz

  • assalamualaikum ustad,saya seorang pria berusia 29,seorang buruh pabrik&saya ingin sekali menikah tapi biaya saya kalau dihitung-hitung hanya cukup untuk akad(budget sekitar 5 atau 6 jutaan)apakah boleh pesta walimahnya boleh menyusul jika sudah terkumpul biaya&bagaimana dlm hukum islam tentang perayaan walimah? apakah wajib atau sunnah..mohon jawabannya ustad,syukron..