Undian dengan Cara Mengumpulkan Bungkus Produk

Tanya:
“Sebagian perusahaan mengadakan undian tanpa tuntutan untuk memberikan jawaban apapun. Bentuk undian tersebut hanya berupa mengumpulkan bungkus produk yang dijual oleh perusahaan tersebut. Orang yang beruntung akan mendapatkan hadiah. Apakah undian sejenis ini diperbolehkan? Apakah aku diperbolehkan untuk mengikutinya? Perlu diketahui setiap hari aku membeli produk tersebut baik ada perlombaan ataupun tidak”.

Jawab:

Diperbolehkan mengikuti undian tersebut bagi orang yang membeli produk tersebut setiap harinya dengan syarat
(1) membeli produk tersebut bukan karena ingin mendapatkan hadiahnya
(2)telah diketahui bahwa perusahaan tersebut memiliki tujuan agar masyarakat rame-rame membeli produknya sehingga produknya semakin laris saja. Perusahaan lalu mengambil sedikit dari keuntungan yang didapatkan untuk menyediakan hadiah yang dijanjikan bagi orang yang mengumpulkan bungkus tersebut. Dengan mengumpulkan bungkus tersebut maka bisa dipastikan bahwa pengirim telah benar-benar membeli produk tersebut.

Tidaklah diragukan bahwa ini adalah salah satu trik pedagang yang tidak mengutamakan kualitas produk. Karenanya kutegaskan, jangan beli produk tersebut karena berharap mendapatkan hadiahnya dan jangan motivasi mereka untuk melakukan trik ini. Jika ada pihak-pihak yang dirugikan karena hal ini maka laporkanlah kepada aparat yang berwenang.

Sumber: Fatwa Syaikh Al Jibrin

COMMENTS

WORDPRESS: 4
  • melisa 8 years ago

    Assalamualaikum ustadz,
    saya kemarin membeli margarine karena butuh untuk memasak dan membuat kue namun saya memilih merk X karena ada undian umrohnya, maksud saya, siapa tahu memang rejeki saya. bagaimana hukumnya ustadz? jazakumullah.

  • ustadzaris 8 years ago

    #melisa
    jika ingin dapat umroh adalah niat pokok anda maka hukumnya haram.
    Jika hal itu sekedar sebagai niat sampingan maka boleh.

  • assalamualaikum,
    saya pedagang, salah satu dagangan saya adalah terigu , terigu tsb mengadakan kupon berhadiah umroh (ada atau tidak ada kupon tsb saya dari dulu sdh menjual produk tsb), bolehkah saya mengirim kupon tsb?

  • ustadzaris 7 years ago

    #dwi
    Insya Allah, boleh