TK “Alhamdulillah”

Di daerah Bantul Jogjakarta dijumpai sebuah TK yang diberi nama TK Alhamdulillah. Bolehkan penamaan semacam ini?
Ketika membahas kata-kata yang terlarang Syaikh Bakr Abu Zaid mengatakan,

مطعم الحمد لله :
ومثله : ملحمة بسم الله ، ومطعم التوكل على الله . ونحوها ، لاتجوز ؛ لما فيها من الاستهانة بالذكر العظيم ، وبُعْدُ اللياقة والأدب مع هذا الأذكار الشريفة بوضعها لغير ما وضعت له ، ومن ثم توظيفها لأغراض دنيوية ، وهذا غير ما شرعت له .

“Restoran atau warung makan alhamdulillah. Semisal dengan penamaan tersebut adalah penamaan TPH [Tempat Pemotongan Hewan] bismillah, restoran Tawakal Kepada Allah dan semisalnya. Penamaan semacam ini terlarang dikarenakan tindakan ini mengandung unsur penghinaan terhadap kalimat-kalimat dzikir, tindakan yang tidak layak dan tidak etis terhadap bacaan-bacaan dzikir yang mulia dengan menggunakannya tidak sebagaimana mestinya kemudian malah menggunakannya untuk tendensi-tendensi duniawi dan ini adalah penggunaan yang tidak dituntunkan”

[Mu’jam al Manahi al Lafzhiyyah hal 519 terbitan Dar al ’Ashimah Riyadh, cet ketiga 1417 H]

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 3
  • Anda Irwin 7 years ago

    Berarti sama dengan penamaan dengan menggunakan nama sifat2 اَللّهُ سبحانه وتعالى atau asma’ul husna seperti TK Ar-Rahman, TK Ar-Rahim dan sebagainya? Karena banyak saya temukan penggunaan nama2 seperti ini. Untuk nama sekolah atau instansi2 pendidikan khususnya yg islami. شكرا ​جَزَاك اللهُ خَيْرًا

  • ustadzaris 7 years ago

    #anda
    Sebaiknya dihindari. Nama-nama tersebut terlalu mulia jika untuk hal-hal tsb.

  • Anda Irwin 7 years ago

    شكرا ​جَزَاك اللهُ خَيْرًا ustadz.