Sebagian Badan Terkena Sinar Matahari

Sebagian Badan Terkena Sinar Matahari

Imam Ahmad menilai shahihnya hadits yang beliau riwayatkan dalam musnad bahwa Nabi melarang duduk di suatu tempat yang menyebabkan sebagian badan kita terkena sinar matahari sedangkan sebagian badan yang lain terlindung dari sinar matahari.

Larangan ini hikmahnya sebagaimana penjelasan Imam Ahmad dan Ishaq bin Rahuyah adalah dalam rangka bersikap adil kepada badan sebagaimana dalam hadits yang shahih, Nabi bersabda, “Sesungguhnya badanmu itu memiliki hak yang wajib anda tunaikan”.

Inilah hikmah pertama untuk larangan Nabi ini.

Hikmah yang kedua sebagaimana yang disampaikan oleh sebagian ulama bahwa tempat semacam itu adalah tempat yang disukai setan. Selayaknya kita tidak duduk di tempat yang setan duduk di sana.

Inilah dua hikmah yang disebutkan oleh para ulama mengenai hal ini.

Kita sebagai seorang muslim meneladani apa yang Nabi contohkan sehingga seharusnya kita tidak duduk di suatu tempat di mana di tempat tersebut sebagian badan terkena sinar matahari sedangkan sebagian badan yang lain terlindung dari sinar matahari.

Sumber:

http://www.safeshare.tv/w/rxIclzDcFn

COMMENTS

WORDPRESS: 5
  • Abu Salaam 7 years ago

    Assalamu’alaikum
    maksud dr pernyataan di atas itu apa?saya blm paham akan anjuran sunnah diatas?mohon diperjelas… sukron wa jazakumullah khoiron

  • Dewinta 7 years ago

    Bismillaah.
    Bagaimana dgn berjemur antara pukul 8-9 pagi ustadz? Berarti harus me cari tempat yg memungkinkan seluruh tubuh terpapar oleh matahari, benar begitu ustadz? Mohon koreksinya.

  • Abdullah 7 years ago

    Ustadz, bagaimana jika sedang dalam kendaraan lalu posisi duduk kita sebagian badannya terkena sinar matahari?

  • #abdullah
    Kalo tidak ada pilihan lain, ya sudah tidak mengapa.