Sunnah Nabi Terkait Susu

Sunnah Nabi Terkait Susu

الدعاء عقب شرب اللبن

Doa Setelah Minum Susu

عن ابن عباس – رضي الله عنهما – قال: دخلت مع رسول الله – صلى الله عليه وسلم – أنا و خالد بن الوليد على ميمونة، فجاءتنا بإناءٍ من لبنٍ، فشرب رسول الله، وأنا على يمينه وخالد على شماله،

Dari Ibnu Abbas, “Aku bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Khalid bin al Walid masuk ke rumah Maimunah. Maimunah menyuguhkan kepada kami satu wadah berisi susu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas meminumnya. Aku berada di sebelah kanan Rasulullah sedangkan Khalid ada di sebelah kiri Rasulullah.

فقال لي: «الشربة لك فإن شئت آثرت بها خالداً»

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku, “Jatah minum selanjutnya adalah untukmu. Jika engkau berkenan, aku akan lebih mengutamakan Khalid dari pada dirimu”.

فقلت: ما كنت أوثر على سؤرك أحداً،

Aku berkata, “Aku tidak merelakan jika jatah minumku yang berasal dari sisa minummu kurelakan untuk orang lain”

ثم قال رسول الله – صلى الله عليه وسلم- : «من أطعمه الله الطعام فليقل: اللهم بارك لنا فيه، وأطعمنا خيراً منه.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang telah Allah beri kepadanya makanan maka hendaknya dia berdoa setelah selesai makan Allahumma bariklana fihi wa ath’imna khoiran minhu yang artinya Ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam makanan ini dan berilah kami makanan yang lebih baik darinya (yaitu makanan surga)

ومن سقاه الله لبناً فليقل: اللهم بارك لنا فيه وزدنا منه»

Dan barang siapa yang telah Allah berikan kepadanya minuman berupa susu hendaknya berdoa setelah minum susu Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu yang artinya Ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan berilah kami tambahan susu

وقال رسول الله – صلى الله عليه وسلم-: «ليس شيء يجزئ مكان الطعام والشراب غير اللبن».

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada satupun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu”.

المصدر: مسند أحمد تحقيق أحمد شاكر – لصفحة أو الرقم: 3/302 إسناده صحيح وأصل القصة في الموطأ والصحيحين .
صحيح الترمذي للشيخ الألباني – لصفحة أو الرقم: 3455 حسن .

Hadits di atas diriwayatkan oleh Ahmad 3/302 dengan sanad yang sahih. Kisah di atas asalnya ada di Muwatha’ dan Sahih Bukhari Muslim. Juga tercantum dalam Sahih Tirmidzi no 3455 dan dinilai oleh al Albani sebagai hadits yang berkualitas hasan.

استحباب المضمضة بعد شرب اللبن ونحوه

Anjuran Berkumur-kumur setelah minum susu atau semisalnya

عن ابن عباس – رضي الله عنهما – ان رسول الله – صلى الله عليه وسلم – شرب لبنًا فمضمض وقال: إن لـه دسمًا. [البخاري ومسلم ].

Dari Ibnu Abbas, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah minum susu berkumur-kumur. Beliau lantas bersabda, “Sesungguhnya susu itu mengandung lemak” (HR Bukhari dan Muslim).

قال ابن حجر في الفتح (فيه بيان العله للمضمضة من اللبن فيدل على استحبابها من كل شيء دسم) .

Ibnu Hajar dalam Fathul Bari mengatakan, “Dalam hadits ini terdapat penjelasan tentang illah dari anjuran berkumur-kumur setelah minum susu yaitu mengandung lemak. Sehingga dianjurkan untuk berkumur-kumur setelah mengonsumsi segala sesuatu yang mengandung lemak”.

: http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=14963

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 14
  • wah infonya menarik, makasih…

  • Fahrul 8 years ago

    Assalamu`alaikum
    Ana minta izin mengcopynya. Jazakallah.

  • ustadzaris 8 years ago

    #fahrul
    silahkan

  • Abu Asyraf 8 years ago

    Afwan ustadz, sepertinya tulisannya ada yang kurang dalam meng-indonesiakan bahasa arabnya. Ustadz menulis “wa zina minhu” seharusnya “wa zidna minhu” Walloohua’lam.
     

  • ustadzaris 8 years ago

    #abu
    Terima kasih. sudah saya perbaiki

  • Budi S. Ari 8 years ago

    Ustadz.. apakah syariat berkumur-kumur juga berlaku setelah meminum susu Instant ?
    Mohon Penjelasannya..
    Barokallohu fiykum.

  • ustadzaris 8 years ago

    #budi
    ya, berlaku juga untuk itu

  • memang setelah minum susu di anjurkan untuk membilas dengan air putih karena sifat susu adalah asam sehingga memudahkan bakteri dan jamur tumbuh di mulut kita…,kususnya setelah memberikan susu botol pada anak bayi jg hrus di bilas dengan air putih…
    terima kasih,

  • arif rachman 7 years ago

    subhanallah… bahkan Rasulullah menganjurkan kita meminum susu. sebagian orang bahkan ada yang mulai mengatakan susu itu tidak baik.  sebagian lagi menganjurkan menjadi vegetarian. 
    semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah

  • ummu 'umar 6 years ago

    bismillah.
    ustadz pada doa stelah makan => Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang telah Allah beri kepadanya makanan maka hendaknya dia berdoa setelah selesai makan Allahumma bariklana fihi wa ath’imna khoiran minhu yang artinya Ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam makanan ini dan berilah kami makanan yang lebih baik darinya (yaitu makanan surga)

    apakah sama dengan doa ==> Alhamdulillahilladzi ath’amani hadza wa rozaqonihi min ghairi haulin minni wa laa quwwatin ?

    jazakallahu khairan

  • #ummu
    Lebih baik kadang ini, kadang itu.

  • kurniawan 4 years ago

    mau nanya ustadz, apakah nabi juga minum susu sapi?
    susu apakah yg dimaksud dalam hadis-hadis di atas?
    terima kasih.

  • Abu Fahd 4 years ago

    dari hadits di atas, apakah menunjukkan ‘keharusan minum susu setiap hari’, atau menjadi sunnah minum susu, ustadz ?Jazakumullahu khaeran

  • Masya Allah.. ternyata minum susu bagian menghidupkan sunnah. tanya ustadz: apakah susu yang dimaksud susu sapi atau susu kambing? mohon tanggapannya!