Pengertian Shaf Pertama

Pengertian Shaf Pertama

Pengertian Shaf Pertama

وثالثها: أن المنبر يقطع بعض الصفوف وإنما الصف الأول الواحد المتصل الذي في فناء المنبر وما على طرفيه مقطوع.

“Diantara hal yang perlu dipertimbangkan ketika hendak mencari shaf pertama dalam shalat berjamaah adalah ada tidaknya mimbar yang memutus sebagian shaf karena shaf pertama adalah shaf pertama yang bersambung yang berada di depan mimbar dan tidak ada bagian kanan atau kiri shaf yang terputus.

وكان الثوري يقول: الصف الأول هو الخارج بين يدي المنبر وهو متجه لأنه متصل ولأن الجالس فيه يقابل الخطيب ويسمع منه.

Sufyan ats Tsauri mengatakan shaf pertama adalah yang berada di depan mimbar dan shaf tersebut lurus karena shaf tersebut bersambung dan orang yang duduk di tempat tersebut menghadap kea rah khatib Jumat dan bisa mendengarkan khutbahnya dengan baik.

ولا يبعد أن يقال الأقرب إلى القبلة هو الصف الأول ولا يراعى هذا المعنى.

Bukanlah pendapat yang jauh dari kebenaran pendapat yang mengatakan bahwa shaf yang paling dekat dengan dinding masjid yang berada di arah kiblat itulah yang disebut shaf pertama tanpa perlu menimbang terputus dengan mimbar, tiang ataukah bukan” [Ihya Ulumuddin karya Abu Hamid al Ghazali as Syafii 1/235, cet Dar al Fikr Beirut].
Jadi ada perbedaan pendapat di antara para ulama mengenai pengertian shaf pertama. Sufyan ats Tsauri berpendapat bahwa shaf pertama adalah shaf pertama yang tidak terputus oleh mimbar atau pun tiang. Pendapat yang dipilih oleh Abu Hamid al Ghazali as Syafii shaf pertama adalah shaf yang paling depan baik terputus tiang ataukah mimbar atau pun tidak terputus.

Insya allah pendapat Abu Hamid al Ghazali dalam hal ini adalah pendapat yang paling tepat.

pendapat terakhir ini juga dipilih oleh penulis kitab Fathul Muin.

فتح المعين (2/ 28)
(و) ندب وقوف (في صف أول) وهو ما يلي الامام، وإن تخلله منبر أو عمود

“Dianjurkan untuk berada di shaf pertama. Shaf pertama adalah shaf setelah imam meski shaf tersebut terputus mimbar atau pun tiang” [Fathul Mu’in-fikih Syafii- 2/28]

COMMENTS

WORDPRESS: 3
  • terimakasih banyak penjelasannya, bermanfaat buat saya

  • andhika 3 years ago

    Kalo terputus dinding gimana, Pak Ustadz?

  • Faisal 3 years ago

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh, ustadz.

    Semoga Allah selalu memberikan kelapangan dan kemudahan bagi antum dalam berdakwah.

    Ttg shaf shalat, beberapa masjid yg saya temui ada yg shaf pertamanya itu kalo saya lihat posisinya disamping imam hanya agak kebelakang sedikit kira-kira 1 langkah kaki. Jika mengikuti arah kiblat sebelumnya, shaf pertama pas dibelakang imam. Namun karena ada perbaikan arah kiblat, jadi barisan shaf diputar condong ke kanan, sehingga shaf pertama kesannya terlihat disamping imam. Bagaimana hukumnya sholat di shaf itu ?

    Terimakasih sebelumnya utk jawab antum.