Pengajian Saat Pesta Nikah

الفتوى رقم ( 11772 )
س: هناك في بعض الأحيان وعندما تقام حفلات الزفاف في قصور الأفراح أو الفنادق أو غيرها، يطلب أهل الزوجة أو أهل الزوج من أحد طلبة العلم أن يقوم بإلقاء كلمة لوعظ الناس وتذكيرهم، وغالبًا ما تكون هذه الكلمة حول أمور الزواج، والإسراف في مغالاة المهور، أو الإسراف في الولائم، أو ما يدور فيها من المحرمات؛ كالتصوير والاختلاط والغناء ونحو ذلك، وعارض على ذلك بعض الإخوة بحجة أنها أفراح، ولم يرد الوعظ في الأفراح. فما هو الحل في مثل هذا الأمر؟ وجزاكم الله خيرًا.

Fatwa Lajnah Daimah no 11772

Pertanyaan, “Terkadang pada saat pesta nikah diselenggarakan di gedung persewaan, hotel atau lainnya keluarga penganten perempuan atau penganten laki-laki meminta seorang ustadz untuk memberi ceramah berisi nasehat dan peringatan untuk para hadirin. Biasanya ceramah ini berisi seputar pernikahan, mas kawin yang terlalu mahal, pemborosan dalam pesta nikah dan berbagai hal yang haram yang terjadi dalam pesta nikah semisal foto-foto, campur baur laki-laki dengan perempuan, nyanyian dll. Acara pengajian dalam pesta nikah ini tidak disetujui oleh sebagian orang dengan alasan momen pesta nikah adalah momen senang-senang dan tidak ada dalil yang menunjukkan dituntunkannya pengajian ketika acara pesta nikah. Apa solusi dari permasalahan di atas?”

ج: لا مانع من إلقاء محاضرة نافعة على الحاضرين في أمرهم بالمعروف ونهيهم عن المنكر في حفل الزواج. وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

Jawaban Lajnah Daimah, “Tidaklah terlarang memberikan ceramah yang manfaat kepada para hadirin berisi amar makruf nahi munkar seputar pesta nikah”.

Fatwa di atas ditandatangani oleh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku ketua Lajnah Daimah, Abdurrazaq Afifi selaku wakil ketua dan Abdullah bin Ghadayan selaku anggota.
Sumber: Fatawa Lajnah Daimah jilid 19 nikah 2 hal 106-107.

[Biasanya keadaan pesta nikahan di masyarakat Saudi Arabia seperti digambarkan penanya, dilakukan di tempat yang mewah dan jarang ada ceramah agama seperti yang kita temukan di negeri kita, ed]

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 10
  • Ustadz..bagaimana jika disetelkan nasyid yg dilantunkan oleh salah seorang qori laki2 dewasa? Jazakalloh khoir

  • ustadzaris 7 years ago

    #adi
    Jika yang anda maksudkan adalah al afasyi maka banyak nasyid beliau yang sudah keluar dari rambu-rambu yang seharusnya.

  • Tadz nek disetel murotal gimana? lha kan ane pernah dateng ke walimahan temen ane nyetel murotal e….!

  • ustadzaris 7 years ago

    #sunar
    Kasihan alquran-nya tidak ada yang mendengarkannya.

  • Assalamu’alaikum..
    ustadz, kalau begitu kira2 apa yang bagus yg bsa dilakukan untuk mengisi acara sepanjang walimahan berlangsung?
    karena saya baca komentar2 diatas, memutar nasyid atau murotal itu jd sia2..

  • #jaya
    Putar saja nasyid yang tidak mengandung alat musik.

  • Assalamualaykum

    boleh atau tidak menaruh kotak uang saat walimahan tadz ?
    jazaakallahu khairan .

  • #yanti
    Boleh

  • Aslmk..ustd. mw tanya apakah hukumnya pengajian sbg doa tau syukuran sblm melaksanakan pernikahan..? Apakh trmsuk bidah atw tdk. Syukron

  • Diah Arika 2 years ago

    Bismillaah
    Assalaamu’alaikum ustadz, bagaimana bila pengajian itu diadakan sebelum menjelang pernikahan. Misal sehari sebelumnya, semacam selamatan gitu ustdz, bgaimana hukumnya? Dan adakah dalil dr quran dan sunnah?

    Jazaakallaahu khoiron