Menceritakan Mimpi Buruk

Menceritakan Mimpi Buruk

Hukum Makan dengan Sendok
Dianjurkan Untuk Telat
Hukum Asal Poligami

Pertanyaan:

assalamualaikum ustadz
saya mau tanya tentang arti mimpi teman saya, dia perempuan, mimpinya seperti cerita yang bersambung..
Dia bermimpi dirumahnya banyak ular,  lalu dia bermimpi lagi di atas perutnya ada ular yang tidur lalu dia bermimpi lagi dia berhadapan dengan ular, di mimpinya temannya dia menyuruh agar dia memegang kepala ular itu, setelah dipegang, ular itu membesar, ular itu meniup-niup dia hingga nangis dan pingsan. Artinya apa ustadz?

Jawaban:

Itu adalah mimpi jelek yang berasal dari setan dan Nabi melarang kita menceritakan mimpi jelek yang kita alami kepada siapa pun.

عَنْ جَابِرٍ قَالَ جَاءَ أَعْرَابِىٌّ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ رَأَيْتُ فِى الْمَنَامِ كَأَنَّ رَأْسِى ضُرِبَ فَتَدَحْرَجَ فَاشْتَدَدْتُ عَلَى أَثَرِهِ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لِلأَعْرَابِىِّ « لاَ تُحَدِّثِ النَّاسَ بِتَلَعُّبِ الشَّيْطَانِ بِكَ فِى مَنَامِكَ ». وَقَالَ سَمِعْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- بَعْدُ يَخْطُبُ فَقَالَ « لاَ يُحَدِّثَنَّ أَحَدُكُمْ بِتَلَعُّبِ الشَّيْطَانِ بِهِ فِى مَنَامِهِ ».

Dari Jabir, ada seorang arab badui datang menemui Nabi lantas berkata, “Ya rasulullah, aku bermimpi kepalaku dipenggal lalu menggelinding kemudian aku berlari kencang mengejarnya”. Nabi lantas bersabda kepada orang tersebut, “Janganlah kau ceritakan kepada orang lain ulah setan yang mempermainkan dirimu di alam mimpi”. Setelah kejadian itu, aku mendengar Nabi menyampaikan dalam salah satu khutbahnya, “Janganlah salah satu kalian menceritakan ulah setan yang mempermainkan dirinya dalam alam mimpi” [HR Muslim no 6063].

Artikel www.ustadzaris.com