Mana Yang Harus Dipilih, Musyawarah ataukah Istikharah?

Tanya:

Mendahulukan dua hal antara musyawarah dan istikharah bagi kami masih terasa sangat mengganjal, manakah yang didahulukan? Dan bagaimanakah status hukum mengulang shalat itikharah karena masih ragu, bolehkah hal ini dilakukan?

Jawab:

Para Ulama berselisih pendapat tentang mana yang harus didahulukan, musyawarah ataukah istikharah? Pendapat yang benar menyatakan bahwa yang lebih utama adalah shalat istikharah terlebih dahulu, kemudian baru dilakukan musyawarah. Dalilnya, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan, “Jika kalian berniat untuk melakukan satu hal, maka hendaklah melaksanakan dua rakaat yang bukan shalat wajib. ..” (HR Bukhari no 6382 dari Jabir. r.a)

Kemudian jika kita sudah mengulangi shalat istikharah sampai tiga kali dan belum jelas pilihan yang terbaik, maka hendaknya bermusyawarah. Hasil musyawarahlah yang hendaknya kita jadikan sebagai pilihan. Shalat istikharah itu bisa diulangi sampai tiga kali, karena kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila berdoa adalah mengulangi doa sampai tiga kali. (HR Muslim no 1794) sedangkan istikharah merupakan doa. Boleh jadi kita tidak mengetahui pilihan yang terbaik pada saat memanjatkan doa istikharah yang pertama. Akan tetapi mungkin juga pilihan yang terbaik sudah kita ketahui pada saat istikharah yang pertama kedua atau ketiga. Jika sampai tiga kali istikharah pilihan terbaik belum diketahui, maka hendaknya bermusyawarah.
(Fatwa Syaikh Ibn Utsaimin dalam Syarah Riyadhus Shalihin Cetakan Dar wathan Juz 7 hal 169)

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 4
  • Ridho Amrullah 9 years ago

    Assalammu’alaikum,
    1. Apakah nabi pernah mencohtohkan shalawat “sholallalloh alaa muhammad”? Bagaimana hukumnya membaca sholawat yang tidak bersumber dari nabi dengan kata lain buatan ulama.
    2. Ustadz tahu sholawat nur izzati apakah itu dicontohkan rasul? Kalau benar shohih atau tidak?
    Ustadz kalau ana bertanya terus ke ustadz boleh ya ? :)

    Syukron

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Ridho
    Wa’alaikumussalam
    1. Sholawat adalah ibadah yang harus mencontoh Nabi. Diantara bentuk sholawat yang berdasar adalah bacaan ‘shallahu ‘alaihi wa sallam’ atau ‘alaihis sholatu wassalam.

  • ustadz, kapan doa ini dipanjatkan. setelah sholat atau di sujud,tasyahud, atau dimana?
    mohon penjelasannya.
     

  • ustadzaris 8 years ago

    utk yugo
    Setelah salam menurut pendapat yang paling kuat.