Kita Semua Dalam Kebaikan

Kita Semua Dalam Kebaikan

Membagi Amal Sebagaimana Membagi Rezki,

Sebuah kaedah penting dalam ibadah dan dalam dakwah

سير أعلام النبلاء (8/ 114)
قال الحافظ ابن عبد البر في ” التمهيد “: هذا كتبته من حفظي، وغاب عني أصلي: إن عبد الله العمري العابد كتب إلى مالك يحضه على الانفراد والعمل.

Dalam at Tamhid, Ibnu Abdil Barr mengatakan, “Berikut ini adalah berasal dari hafalanku dan aku lupa buku referensinya. Abdullah al-‘Umari, seorang ahli ibadah berkirim surat kepada Imam Malik dalam rangka memotivasinya untuk uzlah dan sibuk ibadah.

فكتب إليه مالك:

Imam Malik memberi jawaban sebagai berikut,

إن الله قسم الاعمال كما قسم الارزاق، فرب رجل فتح له في الصلاة، ولم يفتح له في الصوم، وآخر فتح له في الصدقة ولم يفتح له في الصوم، وآخر فتح له في الجهاد.

‘Sungguh Allah itu membagi amal [baca: amal sunnah] sebagaimana Dia membagi rezki diantara hamba-hamba-Nya. Ada orang yang dimudahkan untuk rajin shalat namun tidak dimudahkan untuk rajin puasa sunnah. Orang kedua dimudahkan untuk ringan berinfak namun tidak dimudahkan untuk rajin berpuasa sunnah. Orang ketiga diringankan untuk berjihad.

فنشر العلم من أفضل أعمال البر، وقد رضيت بما فتح لي فيه، وما أظن ما أنا فيه بدون ما أنت فيه، وأرجو أن يكون كلانا على خير وبر.

Mengajarkan ilmu agama termasuk amal yang paling utama. Aku rela dengan kemudahan yang Allah berikan kepadaku. Aku tidaklah beranggapan bahwa amal yang menjadi kesibukanku levelnya lebih rendah dibandingkan amal yang menjadi kesibukanmu. Aku berharap kita semua dalam kebaikan” [Siyar A’lam an Nubala 8/114]

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • Terima kasih atas ilmunya ustad.. semoga berkah