Keistimewaan Abu Bakar

Keistimewaan Abu Bakar

عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لأَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ « هَذَانِ سَيِّدَا كُهُولِ أَهْلِ الْجَنَّةِ مِنَ الأَوَّلِينَ وَالآخِرِينَ إِلاَّ النَّبِيِّينَ وَالْمُرْسَلِينَ ». قَالَ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ.

Dari Anas, Rasulullah bersabda kepada Abu Bakr dan Umar, “Dua orang ini adalah pemimpin semua orang-orang dewasa yang menjadi penduduk surga dari semua umat kecuali para nabi dan rasul” [HR Tirmidzi no 3664, Tirmidzi mengatakan, “Hadits ini adalah hadits hasan gharib dari jalur ini”. Sedangkan al Albani menilai hadits tersebut sebagai hadits yang shahih].

Hadits di atas menunjukkan bahwa Abu Bakr demikian pula Umar itu bukan hanya umat Muhammad yang terbaik setelah nabinya namun beliau berdua adalah manusia terbaik sepanjang sejarah manusia dari masa Adam sampai akhir zaman nanti selain para nabi dan rasul.

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ

Allah berfirman yang artinya, “Kalian [baca: umat Muhammad] adalah sebaik baik umat yang dimunculkan untuk manusia” [QS ali Imran: 110].

Ayat ini menunjukkan bahwa umat Muhammad adalah sebaik baik umat sepanjang sejarah manusia. Sedangkan Abu Bakr kemudian Umar adalah umat Muhammad yang terbaik. Jika demikian, jelaslah bahwa beliau berdua adalah dua manusia terbaik sepanjang sejarah manusia kecuali para nabi dan rasul.

COMMENTS

WORDPRESS: 0