Hutang di Masa Silam

كيف يرد دين قد تغيرت قيمته مع مرور الزمن

Bagaimana cara membayar hutang padahal nilai uang sudah berubah seiring perkembangan zaman?

السؤال:
إذا أراد مدين أن يرد الدَّيْنَ لصاحبه علما أن الدَّيْنَ (مائة دينار) قد استلفها في السّتينيات، فكم يرد إلى صاحبه؟ وأقصد هنا قيمة المائة دينار تغيّرت رأسًا، ففي السّتينيات كانت تساوي مثلا كيسا من السميد ، أما الآن فلا يمكننا أن نشتري بها إلا كيلو واحد ورطل من السميد؟.

Pertanyaan, “Jika orang yang berhutang ingin membayar hutang senilai 100 dinar al Jazair. Uang sejumlah itu dipinjam pada tahun 1960-an. Berapakah besaran uang yang harus dikembalikan saat ini? Yang aku maksudkan, nilai dari seratus dinar itu sudah benar-benar berubah. Dulu seratus dinar itu senilai satu karung tepung. Sedangkan saat ini uang seratus dinar hanya bisa digunakan untuk membeli kurang lebih satu kilogram tepung”.

الجواب :  يثبت الدَّيْنُ في ذمّة المَدِين وقت القرض، فهو مُطالبٌ بقيمة ذلك المال. وإذا تغيرت قيمة المال كثيرًا، أَوْ أُلْغِيَ التعامل به، فإن على المدين إرجاع قيمة الدَّيْن ذهبًا،

Jawaban Syaikh Abu Said al Jazairi-salah seorang ulama ahli sunnah di al Jazair-, “Orang yang berhutang memiliki kewajiban membayar hutang semenjak transaksi hutang piutang dilaksanakan. Oleh karena itu, orang yang berhutang dituntut untuk mengembalikan senilai besaran hutang yang didapatkan. Jika nilai dari mata uang berubah secara mencolok atau mata uang tersebut sudah tidak lagi dipergunakan maka orang yang berhutang memiliki kewajiban untuk mengembalikan uang senilai dengan emas.

وعَلَيه فإن ما جاء في السؤال: على المدين أن يَرُدَّ قيمة المائة دينار جزائري بالذّهب، يعني يَنْظُر كَمْ كانت المائة دينار في السّتينيات تُساوي من الذّهب، فيُعطيه الآن قيمة الذهب، مثاله: كانت المائة دينار تساوي عَشر غرامات من الذّهب في ذلك الوقت، فيُعطيه الآن قيمة عشر غرامات من الذّهب.

Berdasarkan penjelasan di atas, orang yang berhutang dalam kasus di atas memiliki kewajiban untuk mengembalikan nilai emas dari pinjaman uang sebesar seratus dinar Aljazair. Artinya, hendaknya dicek uang sebesar seratus dinar Aljazair pada tahun 1960-an itu senilai berapa gram emas. Berapa gram emas itulah yang dijadikan sebagai acuan pembayaran hutang pada saat ini. misalnya, seratus dinar pada tahun 1960an itu senilai dengan sepuluh gram emas maka besaran uang yang harus diserahkan kepada pemilik uang saat ini adalah uang yang bisa digunakan untuk membeli sepuluh gram emas.

وقد ذهب إلى هذا القول كثير من علماء الحنابلة، منهم ابن تيمية، وابن القيّم، وهو قول الشيخ الألباني، رحمهم الله جميعا.

Pendapat ini dipilih oleh banyak ulama yang bermazhab Hanbali semisal Ibnu Taimiyyah dan Ibnul Qoyyim. Inilah pendapat yang dipilih oleh Syaikh al Albani”.

Sumber:
http://www.abusaid.net/index.php/fatawi-sites/194-2009-04-08-08-44-33.html

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 11
  • Sudah sangat jelas Ustadz, saya tidak ada pertanyaan.. Izin share aja ke facebook dan blog, Jazakallahu Khairan Ustadz.

  • Jazakallahu khairan ustadz, artikel ini menjawab pertanyaan saya di milis pm.

  • Fahrul 8 years ago

    Assalamu`alaikum
    Ana minta ijin mengcopy-pastenya. Jazakallah.

  • Barakallahu fiik. saya minta izin share di fb.

  • Barakallahu fiyk..ustadz…
    sepertinya masih banyak kaum muslimin yang belum mengetahui solusi ini
    mudah-mudahan bermanfaat bagi umat…
     
    Ijin share…

  • Mohon ijin u share Ustadz..
    jazakallahu

  • Sudah sangat jelas Ustadz, saya tidak ada pertanyaan.. Izin share aja ke facebook dan blog, Jazakallahu Khairan Ustadz.

  • Ummu Shafiyya 8 years ago

    Berarti kalau tidak tahu berapa nilai uang tsb pada waktu itu terhadap harga emas,apakah boleh menggunakan perkiraan?

  • Barakallahu fiyk..ustadz… sepertinya masih banyak kaum muslimin yang belum mengetahui solusi ini mudah-mudahan bermanfaat bagi umat…   Ijin share…

  • Bila yg memberi hutang setuju/boleh dikembalikan dg nilai yg sama,tdk jadi soal ya ustadz???sah sah sajakan ustadz.

  • fajri 1 year ago

    Ustad,numpang nanya jika si penghutang berhutang 1996 berhutang 1.000,00 juta untuk memperbaiki rumah setelah 15 tahun dibayar lagi dengan jumlah yg sama pada tahun 1996 gimana tu ustad?
    terimakasih