Hukum Ruqyah Melalui Kaset

وهذه فتوى للعلامة صالح الفوزان -حفظه الله-
رقم الفتوى 934
عنوان الفتوى الرقية بطريق غير مباشر
نص السؤال ننتقل إلى رسالة الأخت مها من الرياض لها رسالة طويلة ملخصها : فضيلة الشيخ سَلَّمَكُم الله تقول : هناك بعض الناس ممن يقرءون على الناس بالرقية لا تكون مباشَرة إنما تكون عن طريق أشرطة يعطونها للمريض أو المصاب بالعين ليستمع إليها لكي يُعالَج بها فيذهب بها إلى غرفته ويستمع إلى هذه الآيات التي تقرأ ، هل يجوز ذلك وهل تنفع هذه الطريقة للعلاج أرجو توضيح ذلك مع العلم بأن أحد الإخوة يقرأ آيات قرآنية خاصة بِالْعَيْن أو بما يشتكي منه المريض .

Syaikh Shalih al Fauzan mendapat pertanyaan yang intinya sebagai berikut, “Ada tukang ruqyah yang menggunakan metode tidak langsung dalam meruqyah namun dengan menggunakan kaset ruqyah yang diberikan kepada si sakit atau orang yang terkena ain untuk didengarkan sendiri. Jadi pasien diterapi hanya dengan kaset. Pasien cukup mendengarkan ayat-ayat ruqyah yang sudah direkam dalam kaset tersebut dengan cara memutarnya menggunakan tape di kamarnya. Apakah hal semacam ini dibolehkan? Apakah cara semacam ini bermanfaat untuk menterapi si sakit. Saya mengharap mendapatkan penjelasan yang gamlang dalam masalah ini mengingat ada sebagian tukang ruqyah yang hanya merekam ayat-ayat al Qur’an untuk mengobati ain atau penyakit yang diderita si sakit dalam kaset ruqyahnya”.

الجواب:

هذا شيء محدث يُبتلى بالرقية , الرقية كما وردت أن يقراء على المريض مباشرة يقراء وينفث عليه مباشرة أو على موضع الألم هذه هى الرقية الشرعية,

Jawaban Syaikh Shalih al Fauzan, “Ini adalah cara yang mengada-ada dalam ruqyah. Cara meruqyah sebagaimana yang terdapat dalam dalil adalah membacakan ayat-ayat al Qur’an di dekat si sakit secara langsung lalu ditiupkan ke arah si sakit secara langsung atau pada bagian badan yang sakit. Demikian itulah yang disebut dengan ruqyah syar’iyyah.

أما أن يقراء فى شريط أو بواسطة الهاتف كما يفعله بعض المرتزقة الآن فهذا أمر محدث ليس هو الرقية الشرعية وإنما هو لأجل كسب المال لأجل أن يبيعوا هذه الأشرطة أو لأجل أن يأخذوا الأجرة على المكالمة أو ما أشبه ذلك من المقاصد , نعم .

Sedangkan jika bacaan ruqyah itu direkamkan ke dalam kaset atau ruqyah tersebut via telepon sebagaimana yang dilakukan saat ini oleh sebagian orang yang maksud pokoknya dari meruqyah adalah cari uang maka ini adalah perkara yang mengada-ada dan sama sekali bukanlah termasuk ruqyah syar’iyyah. Namun itu hanyalah trik untuk mencari uang dengan bentuk jualan kaset ruqyah, mendapatkan fee dari hasil pemakaian telepon yang dilakukan oleh pasien atau tujuan-tujuan lain yang semisal”.

Sumber:
http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?t=15995

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 13
  • Abu Rusydan 8 years ago

    assalaamu’alaikum
    ustadz pengalaman saya meruqyah, setelah saya bacakan sendiri saya capai, lalu saya perdengarkan dulu kaset ruqyah. Kemudian setelah saya istirahat saya lanjutkan kembali membacakan ayat ruqyah. Apakah semacam ini diperbolehkan?

  • ustadzaris 8 years ago

    #abu
    Tidak perlu memperdengarkan kaset ruqyah. Jika anda perlu istirahat, istirahat aja dulu

  • Assalammu’alaikum,
    Pak Ustadz, jika tujuannya untuk mendengarkan Alquran dari kaset bukan untuk meruqyah boleh kan Pak Ustadz tetapi mendengarkannya agar mendapat rahmat ?
    Syukron,

  • ustadzaris 8 years ago

    #ridho
    Boleh jika untuk didengarkan semata

  • Ustadz, sy pernah menyaksikan langsung org yg kesurupan ketakutan/marah ketika mendengar muratal dari kaset. Apakah ini talbis atau dari ini boleh diambil kesimpulan bahwa ruqyah pd dasarnya dilakukan dg membacakan scr langsung, sdgkan ruqyah dari kaset kadang2 bermanfaat? Jazakallahu khairan…

  • ustadzaris 8 years ago

    #agung
    Dasar dalam ruqyah adalah dalil karena ruqyah adalah bag dari doa dan doa adalah ibadah.
    Tidak boleh mendasarkan ruqyah dengan tajribah alias eksperimen.

  • assalamu alaikum, bagaimana menrukkiyah diri sendiri apalagi tidak tau doa rukiyahnya apa bisa di bantu melalui suara doa dari kaset????
     

  • taufik 6 years ago

    pak ustd.. tp banyak yang sudah memakai alternatif tersebut, dan mereka merasakan manfaat dari rekaman kaset tersebut…

  • #taufiq
    adanya manfaat bukanlah dalil dibolehkannya hal tersebut secara syariat.
    merampok juga manfaat untuk mendapatkan uang namun terlarang dalam syariat.

  • #rahma
    boleh untuk alat bantu menghafalkan doa doa ruqyah.

  • Ustad, jika memperdengarkan musik saja bisa mengundang jin ke rumah kita, memperdengarkan murotal dirumah bisa mengusir jin?

  • ustad apakah boleh jika saya mendengarkan bacaan alquran untuk meraih ridho allah? dan kenapa saat saya mendengarkan bacaan surah albaqarah tiba2 jantung saya berdebar, ada denyutan dipunggung, panas. apakah saya harus teruskan mendengarkan surah albaqarahnya?

  • @Artha
    Silahkan diteruskan