Hukum Menggunakan Obat Penumbuh Jenggot

Sebagian orang demikian semangat ingin mengamalkan sebuah sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang hukumnya wajib yaitu memelihara jenggot dengan memakai obat penumbuh jenggot agar memiliki jenggot yang lebat.

Ini adalah sikap yang keliru karena yang dimaksudkan dengan perintah Nabi ‘Banyakkan atau lebatkkan jenggot/waffiru alliha’ adalah membiarkan jenggot apa adanya, tidak memangkas ataupun memotongnya. Maka memelihara jenggot yang diperintahkan adalah jenggot yang alami bukan jenggot yang dipaksakan untuk tumbuh dengan obat misalnya. Maka orang yang memang jenggotnya tidak tumbuh tidaklah berdosa dan tidak perlu memaksakan diri.

Ibnu Daqiq al Ied mengatakan,

“Aku tidak mengetahui seorangpun (ulama) yang memahami perintah Nabi ‘Banyakkanlah jenggot’ sebagai dalil yang membolehkan menggunakan obat penumbuh jenggot agar tumbuh lebat sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian orang” (Fathul Bari 16/484).

Jadi apa yang dilakukan oleh sebagian orang tersebut dikhawatirkan termasuk bentuk ghuluw/berlebih-lebihan dalam beragama.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِيَّاكُمْ وَالْغُلُوَّ فِى الدِّينِ فَإِنَّمَا أَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمُ الْغُلُوُّ فِى الدِّينِ
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai sekalian manusia, jauhilah sikap berlebih-lebihan (ghuluw) dalam beragama. Sesungguhnya yang membinasakan umat-umat sebelum kalian adalah sikap berlebih-lebihan dalam agama” (HR Ibnu Majah no 3029 dari Ibnu Abbas, dinilai shahih oleh al Albani).

COMMENTS

WORDPRESS: 30
  • zed sanad 9 years ago

    Assalaamualaikum. Ada seorang da’i menyampaikan bolehnya memotong jenggot demi untuk menyenangkan istri. Tapi dalilnya tidak jelas. Mohon pencerahannya. Jazaakumullahu khoir.

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Zed
    Wa’alaikumussalam
    Yang benar, hal tersebut tidak dibolehkan. Perintah memelihara jenggot itu untuk orang yang memang memiliki jenggot.

  • muflih 9 years ago

    assalamualaikum ustad,, sy bgaimana hukumnya jika telah terlanjur mmberikn obt pnumbuh dan sekarang jenggot sy telah tumbuh walau tdk lebat, apakah hal ini haram?apakah larangan ini jg berlaku untuk cambang?
     

  • ustadzaris 9 years ago

    Untuk Muflih
    Wa’alaikumussalam
    Jika sudah terlanjur terjadi, ya mau diapakan lagi? Jika belum terjadi, saya nasehatkan untuk tidak melakukannya.
    Hal ini juga berlaku untuk cambang.

  • Gmana ust. jika mmakai pnumbuh jenggot untuk mLebatkanx dg niat agar orang lain tau kita org2 yg ingin mNgamalkan sunnah. shingga dg dmikian buat org yg hidup di daerah yg jauh dr Sunnah., di dapat hikmah yaitu mreka enggan brbicara kotor dg kita, wanitax mengerti bhwa kta tdak ingin bersentuhan yg bukan mahram, dll.
    Mhon penjelasanx?

  • ustadzaris 8 years ago

    Untuk Ibnu
    Niat yang baik harus diiringi dengan cara yang benar.

  • Bimo naufal rafif 8 years ago

    jadi sebenarnya boleh tidak menumbuhkan jenggot dengan obat penumbuh? untuk sunnah dan sedikit memperindan diri? DAN SEBENARNYA APA SIH MAKSUD/MANFAAT rossullah mensunahkan menumbuhkan jenggot?

  • ustadzaris 8 years ago

    untuk bimo
    tidak boleh memakai obat penumbuh jenggot.

  • Ustdz … bagaimana jikalau ada orang (ustadz sebagai guru PPKn)yang yang berkata begini … Ia mencukur jenggot dan mempapas jenggotnya di karenakan takut terjadi Fitnah di lingkungan kerjanya … tapi sebelumnya di tempat kerja tidak ada larangan untuk berjenggot dan sebelumnya selama ia berkerja selama beberapa tahun tidak ada yang mengomentarinya .. tiba2 ia langsung mencukur jenggotnya karena tidak enak sama yang beda agama ( walaupun yang beda agama tidak mempersoalkan sebelumnya ) bagaimana hukumnya untuk kasus tersebut

  • Aksatriya Nusantara 7 years ago

    wah … aku pernah pake obat firdaus oil …. tapi itu juga gk sering cuma beberapa hari pemakaian doank … sesudah itu aku tidak pernah memakainya lagi …
     
    oh iya aku  juga pernah menggunakan minyak kemiri untuk menumbuhkan jenggot serta menebalkan alis dan memanjangkan cambang …
    apakah aku berdosa ??? 
    apa yang harus aku lakukan jika sudah terjadi ??? apakah harus memotong jenggot ku untuk menumbuhkanya secara alami dari awal lagi ???
     
    terimakasih atas pencerahannya untuk hukum menumbuhkan jenggot dengan obat :)

  • ustadzaris 7 years ago

    #aksa
    kalo sudah terjadi ya sudah

  • Rizal Hardian 7 years ago

    Assalammualaikum
    apa batasan berlebih-lebihan dalam agama ustadz ?

  • #rizal
    Sesuai dengan dalil itulah sikap tidak berlebihan.
    Melanggar dalil adalah sikap berlebihan.

  • ustad klw di atas dilarang menebalkan jenggot dengan obat … apakah boleh menebalkan alis ???

  • #nura
    Jika untuk mempercantik diri hukumnya haram

  • Assalamu’alaikum ustadz,,
    bagaimana hukumnya mengunakan minyak pelebat rambut ustadz?
    jazakallahu khairon..

  • AriefMaman 5 years ago

    saya mw nanya nih pa ustad,,,saya kan sudah terlanjur memakai obat penumbuh jenggot selama satu minggu,,,dan saat ini bulu halus sudah mulai tumbuh.tpi saya memakainnya berniat agar saya berusaha untuk jadi lebih dewasa dlam menjalani rumah tangga saya dan bukan maksud untuk berlebihan dalam beragama…apakah saya harus menghentikan pemakaiannya atau bgaimana …mhohn pencerahannya…

  • #arief
    silahkan dihentikan, yang sudah terjadi insya allah tidak mengapa.

  • #rd
    tidak mengapa bagi wanita.

  • Ibnu Amin Razip al-Bayani 5 years ago

    جزاك الله خيرا

  • Abdul Kodir 5 years ago

    Ustad, ana mau tannya? saya ingin punya jenggot tapi belum terlihat adanya jenggot bagaimana!apakah boleh saya pakai penumbuh jenggot untuk menumbuhkannya saja? “beberapa tahun yang lalu ana kecelakaan yang mengenai dagu hingga di jahit”

  • #abdul kodir
    Tidak perlu pakai penumbuh jenggot. Yang dituntunkan adalah tidak memotong jenggot, bukan menumbuhkan jenggot.

  • jadi yang tidak boleh adalah obat untuk menumbuhkan janggut ya ustadz?jika obat untuk memelihara janggut?menurut dalilnya kan peliharalah janggut kita jadi obat atau suplemen yang berfungsi untuk memlihara berarti diperbolehkan?

  • assalamualaikum ustad,, pak ustadz klo kita mau numbugin jenggot tapi bukan untuk melaksanakan sunnah gimana hukumnya pak?

  • Asskum ustadz, apakah boleh menebalkan alis menggunakan kemiri ?

  • Assalamualaikum ustad, kalau menebalkan alis dan bulu mata dengan cara alami apa hukumnya ustad

    Soalnya alis saya botak, dan saya tidak ingin mengambarnya dengan pensil alis.maka dari itu saya ingin menebalkannya saja supaya tidak usah pakai pensil alis lagi

    Bagaimana ya ustad
    Apa itu termasuk dosa besar
    Terimakasih

  • Assalamu’alaikum. Ustadz, cambang saya dekat telinga tidak rata/sama antara kanan dan kiri akibat dulu saat di tukang cukur rambut halusnya dikerik tidak sama rata luas kerikannya. Saat tumbuh rambut dewasa, cambang kanan saya malah lebih lebat. kalau saya menggunakan obat penumbuh jenggot dengan tujuan menyamakan lebatnya cambang apakah boleh? jadi tidak saya gunakan pada jenggot, krn jenggot saya alhamdulillah tumbuh alami walau hnya di ujung dagu

  • Asslamualaikum ustad..jenggot sy tdk tumbuh merata serta pernah mnjadi bahan candaan tmn2 oleh karena itu sy berniat ingin mnggunakan obat pnumbuh jenggot.sy pernah membaca artikel ttg komentar syeikh utsaimin dg bolehnya menggunakan obat penumbuh jenggot bila jenggot tdk tumbuh merata dan mnjadi aib karenanya..jazakallah khairan ustad

  • Assalamu’alaikum Ustad.
    Bisakah saya bertanya soal rambut?
    Berdosakah kita lelaki/perempuan yg menggunakan minyak kemiri untuk menumbuhkan rambut?
    Terimakasih Ustad

  • Renavi 1 year ago

    Assalamu’alaikum, ustadz.
    Mau tanya tentang obat penumbuh/pelebat bulu mata.
    Jd bulu mata saya itu tipis & sedikit, kadang rontok. Dan kalau bepergian mata sering sakit krn terkena debu/udara. Seandainya sy memakai obat utk mengurangi, bolehkah?