Fatimah bukan az Zahra

مِما تسرَّب -أيضًا- مِن أوصافِ الشِّيعةِ لأهلِ السُّنَّة؛ وصفُ فاطمةَ بأنَّها: (البَتول)، وكذلك -أيضًا-: (الزَّهراء)، ولا نَعرفُ لهذَيْن الوَصفَين -في حُدودِ ما نعلمُ- شيئًا مِن الدَّليل والحُجَّة على ذلك

Syaikh Ali al Halabi mengatakan, “Di antara pujian ala Syiah yang menyusup di tengah-tengah ahli sunnah adalah mengelari Fathimah dengan gelaran al Batul atau dengan gelaran az Zahra. Sebatas yang kami ketahui kami belum mengetahui dalil dan alasan syar’I untuk memberikan dua gelaran tersebut kepada Fathimah”.

شرح الإبانة الصغرى، فضائل الصَّحابة، الدقيقة15:46
Sumber:

Rekaman kajian kitab al Ibanah ash Shughra.
http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?p=119873#post119873

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 25
  • Andy Riyantoko 8 years ago

    Berarti selama ini sebutan Fatimah Az Zahra adlh tdk benar ya Ustadz. Lalu sebenarnya nama putri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassalam siapa ya? Apa hny bernama Fatimah?

  • ustadzaris 8 years ago

    #andy
    Nama beliau hanya Fathimah

  • Bismillah
    Assalamu’alaykum
    Memangnya Az-Zahra itu artinya apa? Apakah ada makna ghuluwnya?

  • Wah syukron pak ustadz atas artikelnya, saya jg baru tau klo ternyata nama beliau -radhiyallahu ‘anha- hanyalah Fathimah, tanpa embel2 Az Zahra.
     
    Jazakalloh khoir

  • aisyah 8 years ago

    fathimah ummu abiha

  • rangga 8 years ago

    bagaimana dengan salman al farisi, ustadz?

  • Beberapa komentator di atas menanyakan nama Fathimah, tentu jawabannya hanya Fathimah, orang syi’ah pun mengetahui dan setuju dengan ini. Adapun Az Zahra adalah laqb (gelaran) yang disematkan orang, dan sudah biasa laqb itu memang disematkan oleh orang lain, bukan oleh dirinya sendiri atau orang tuanya.

    Yang menjadi permasalahan adalah tepatkah menyematkan laqb tersebut kepada beliau? Syaikh Ali Hasan Hafizhahullah berpandangan tidak perlu, namun kami menemukan sebagian ulama sunnah menyebutkannya (Az Zahra dan Al Batul), bukan hanya orang syiah. Jadi, menurut kami  perkara ini ijtihadiyyah.
    http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&lang=A&Id=108651&Option=FatwaId

    Mohon koreksi dari Ustadz.

  • ustadzaris 8 years ago

    #rangga
    al farisi adalah nisbah karena beliau itu berasal dari persia bukan gelaran.

  • telat tahu tentang hal ini .. anak pertama saya fathimah zahra … g berlebihan kan ustadz ?

  • mirwan 7 years ago

    aslm…….. fatimah merupakan anak dari rasulullah saw. tapi kenpa orang2 sunni jarang mengatkan mari kita beragaama sesuai dengan agamanya para keluarga nabi….  tapi sering mengucapkan beragmalah sesuai dengan agamanya para sahabat  rah .? mhon penjelasanya

  • #miswan
    Simak dialog berikut ini:
    Tommi
    Okt 12, 2011 @ 15:48:54

    Ustadz, ini rada nyambung dengan pembahasan akhi Eddi Pribadi. Terkait dengan itrah ahlul bait Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yg dimaksud dalam hadits, apakah yg dimaksud adalah menghormati hak2 ahlul bait ataukah mengikuti mereka dalam segala hal termasuk agama? Sebab ana pernah mendapat syubhat dari seorg pengikut habaib, bahwa mengikuti ahlul bait (baca : habib) itu wajib sebab merekalah org2 yg sanad guru2nya jelas, jadi agama mereka dipastikan aman.

    Balas

    Abu Hudzaifah Al Atsary
    Okt 12, 2011 @ 22:06:57

    Yang dimaksud adalah menghormati hak-hak mereka dan menunaikannya sebagaimana yg dijelaskan oleh Abul Abbas Al Qurthubi dlm kitab Al Mufhim, adapun dalam hal agama, maka mereka tak ubahnya seperti para sahabat lainnya… bisa benar dan bisa keliru (ga’ ada jaminan mereka selalu benar). yg benar kita ikuti, yg keliru tidak diikuti. Adapun membawa pengertian hadits kpd mengikuti haba-ib, maka tolong tanyakan kepada mereka siapakah haba-ib yg dimaksud, sebab banyak sekali yg mengklaim dirinya sebagai habib sejak dahulu sampai hari ini… bahkan ada habib yg jadi tokoh PKI (DN Aidit)… ada yg ga’ sholat, suka main perempuan, suka mabok2an (tetangga ana sendiri), dll… Masalah sanad guru2 yg jelas, sama sekali bukan jaminan bhw apa yg diajarkan aman. Bahkan dari dulu banyak hadits yg memiliki sanad yg jelas tapi tetap dinyatakan palsu/batil oleh para ulama… ukuran satu-satunya dalam menilai kebenaran adalah dalil, bukan kehabiban maupun yg lain. Kalau habib-nya benar-benar bermanhaj ahlussunnah wal jama’ah, maka kita akan mencintai mereka dua kali lipat, pertama karena keistiqamahan mereka, dan kedua karena kedekatan nasab mereka dengan Rasulullah.

  • Kalau habib-nya benar-benar bermanhaj ahlussunnah wal jama’ah, maka kita akan mencintai mereka dua kali lipat, pertama karena keistiqamahan mereka, dan kedua karena kedekatan nasab mereka dengan Rasulullah.

    Ini ungkapan yang bagus sekali….

  • ustaz, saya ada terbaca artikal bahwa memberikan anak tidak boleh muhammad ali, betulkah ustaz kerna nama anak saya muhammad ali alzam yang setahu saya maksudnya insan yang terpuji yang mulia yang tekun.boleh bagi komentarnya ustaz.

  • ustad, boleh tidak jika anak diberi nama az zahra?

  • #tj
    Insya Allah, boleh

  • ustadz, saya mau tanya untuk tulisan latin Az-Zahra yang benar sesuai dengan artinya itu yang mana ya? karena Ra bahasa Arab membacanya Ro’. Saya ingin menamakan anak saya dengan Az-Zahra tetapi takut salah tulisan jadi beda arti. mohon segera dibalas karena mendesak untuk pemberian nama.syukron ustadz

  • #wahid
    Tidak mengapa jika ditulis az zahra asalkan diucapakn dengan benar.

  • yudhie 5 years ago

    Maaf Ustadz saya mau nanya…
    apakah diperbolehkan memberi nama anak perempuan dengan nama Azahra?
    karena kebanyakan memberi nama Azzahra dengan dobel z…
    sebenarnya arti yang sebenarnya apa?mohon balasan secepatnya..takut salah memberikan nama…
    terima kasih

  • #yudhi
    anda bisa memilih antara az zahra atau zahra. artinya yang bercahaya.

  • Assalammu’alaikum Pak Ustadz.

    Apakah boleh memberikan nama anak Fathimah Az Zahra?

    Terima kasih.

  • Aljuwaini 3 years ago

    Saya ingin menamakan anak perempuan saya siti alzahra apa boleh ustad? apa artinya?

  • @aljuwaini
    al zahra artinya adalah yang bercahaya.

  • @Iksan
    HUkumnya boleh.

  • Anak saya bernama fathimah zahro. Apa arti nama tersebut tad?

  • Nahlan 2 years ago

    Assalammualaikum, Wr.Wb
    Pa ustadz saya mau bertanya say memberi nama anak saya yg baru lahir
    Nuraisha Zahra Ramadhani artinya apa Pa Ustadz
    Terimakasih