Dzulqornain, Apakah Seorang Nabi ataukah Orang Sholeh?

Dzulqornain, Apakah Seorang Nabi ataukah Orang Sholeh?

From:
Abu Rusydan Jaka Prasetya
jpra****[email protected]

Message:
assalaamu’alaikum,
ustadz saya ingin menanyakan siapakah sebenarnya dzulqornain yang disebutkan dalam al quran, apakah seorang Nabi, malaikat atau hanya hamba yang sholih? sebagaimana disebutkan dalam kitab-kitab tafsir, mana pendapat yang lebih kuat?

Jawab:
Wa’alaikumussalam

عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ما أدري تبع أنبيا كان أم لا و ما أدري ذا القرنين أنبيا كان أم لا و ما أدري الحدود كفارات لأهلها أم لا

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku tidak tahu secara pasti apakah Tuba’ itu seorang nabi ataukah bukan. Aku juga tidak tahu secara pasti apakah Dzulqarnain itu seorang nabi ataukah bukan. Aku juga tidak tahu secara pasti apakah hudud (potong tangan untuk pencuri dan semisalnya) itu menghapus dosa ataukah tidak?” [HR Hakim no 104. al Hakim mengatakan, “Hadits ini adalah hadits yang shahih sesuai dengan kriteria Bukhari dan Muslim dan aku tidak mengetahui adanya cacat padanya”. Penilaian Hakim ini disetujui oleh Adz Dzahabi dan al Albani dalam Silsilah Shahihah jilid 5 hal 251 no 2271].

Jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam saja tidak tahu secara pasti tentang status Dzulqarnain terlebih lagi kita. Sebagai seorang muslim, kita akan mengatakan sebagaimana yang nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan. Yang jelas sebagaimana dalam al Qur’an, Dzulqarnain adalah seorang raja yang shalih yang Allah berikan kepadanya daerah kekuasaan yang sangat luas.

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 4
  • Muhammad Nuur Dien 8 years ago

    assalamualaikum,
    ustadz, saya juga ingin menanyakan bagaimana dengan Lukman dan Khidir yang juga disebutkan dalam al quran,

  • ustadzaris 8 years ago

    #muhammad
    Luqman, orang shalih, bukan nabi.
    Khidir, nabi menurut pndapat yang paling kuat.

  • taufiq 8 years ago

    Ustadz, ana ingin bertanya mengenai tambahan nama Iskandar di depan Dzulqornain sehingga menjadi Iskandar Dzulqornain. Apakah tambahan ini shahih?
    Selanjutnya, ada sebagian orang yang mengatakan bahwa Dzulqornain adalah Alexander Agung. Benarkan anggapan ini?

  • ustadzaris 8 years ago

    #taufiq
    1, tidak benar
    2, tidak benar