Dialog dengan Lawan Jenis

السؤال: هل يُشرع للطالبات سؤال الأساتذة والحديث معهم وهم لا يدرسونهم ؟.
ما هو الضابط في اختلاط الرجل بالمرأة ؟.

Pertanyaan, “Apakah seorang mahasiswi dibolehkan untuk bertanya dan ngobrol dengan dosen laki-laki padahal dosen tersebut tidak mengajarnya? Apa tolak ukur interaksi lawan jenis yang diperbolehkan?”

الجواب:
يجوز للطالبات أن يسألن الأساتذة وإن لم يكونوا يدرسونهن ’ لكن بشرط الحاجة ’ وأمن الفتنة ’والبعد عن التهمة ’مع اجتناب الضحك والمزاح .

Jawaban Syaikh Abu Said al Jazairi, “Seorang mahasiswi diperbolehkan untuk bertanya kepada dosen laki-laki meski dosen tersebut tidak mengajarnya dengan beberapa syarat:

Pertama, adanya kebutuhan untuk bertanya
kedua, adanya jaminan aman dari godaan lawan jenis
ketiga, menghindari sikap-sikap yang bisa menyebabkan orang lain berburuk sangka (misal, duduk berdua sambil mojok dll, pent)
keempat, tidak ada ketawa-tawa dan guyonan.

يجوز للرجل أن يكلم المرأة التي هي من غير محارمه ’ للحاجة كالبيع والشراء ’ والتطبيب ’والقضاء ’ والشهادة ’ونحو ذلك ’ مع أمن الفتنة ،واجتناب الخلوة ’

Seorang laki-laki diperbolehkan untuk berbicara dengan perempuan yang bukan mahramnya mana kala ada keperluan semisal jual beli, berobat, keperluan untuk persidangan atau persaksian di pengadilan dan semisalnya di samping ada jaminan aman dari godaan lawan jenis dan tidak berdua-duan.

وهذه الشروط للحفاظ على سلامة الفرد والمجتمع ’ فقد قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : )) ما تركت بعدي فتنة أضر على الرجال من النساء )) رواه البخاري 5096_ ومسلم  2742.

Syarat-syarat di atas ditetapkan dalam rangka melindungi individu dan masyarakat dari kerusakan moral. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tidaklah kutinggalkan setelahku suatu godaan yang lebih membahayakan laki-laki dibandingkan godaan wanita’[HR Bukhari dan Muslim]”

Sumber: http://www.abusaid.net/index.php/fatawi-sites/225-2009-04-18-18-39-45.html

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 6
  • Bismillah.
    Ustadz kuliah saya menuntut untuk selalu aktif dalam berbicara. Sering diadakan presentasi makalah.
    apa yang harus saya lakukan ustadz? bolehkah jika saya selalu aktif dalam diskusi tersebut? mengingat hal itu sangat berpengaruh terhadap nilai.

  • Assalammu’alaikum,
    Benar Ustadz, terkadang saya juga untuk memenuhi nilai saya. Saya terkadang berdialog dengan lawan jenis. Dan untuk presentasi makalah pasti saling bertatap muka atau diskusi.

  • syukron

  • bismillah .. afwan ustad saya mau tanya bagimana hukumnya dengan mengirim pesan singkat dengan lawan jenis, yg konteksnya itu membicarakan seputar perkuliahan -dengan sangat mendesak-, dan bagaimana juga cara meminimalisir dialog/interaksi lawan jenis, ketika praktek misal mahasiswa kedokteran atau sains yg kebanyakan ikhwan akhwat berbaur ?
    jazakumullah khayr

  • ustadzaris 7 years ago

    #ayu
    Tanyakan seperlunya.