Cara Benar Dakwah Tauhid

Cara Benar Dakwah Tauhid

Millah Ibrahim
Menanamkan Tauhid Sejak Kecil
Akidah Istilah Syar’i

Syaikh Ibnu Utsaimin mengatakan, “Kami sering mendapatkan pertanyaan yang membuat bingung sejumlah dai. Ada seorang yang tiba di sebuah negeri muslim akan tetapi kemusyrikan tersebar di negeri tersebut semisal orang yang melakukan kemusyrikan di dekat kubur dengan berdoa dan meminta bantuan kepada orang yang sudah mati. Dalam kasus ini timbul pertanyaan apakah cara dakwah yang tepat adalah mendakwahi mereka untuk mengerjakan shalat dengan baik dan membuat hati mereka untuk lapang dada menerima dakwah kemudian baru di kemudian hari baru ada penjelasan tentang kemusyrikan yang mereka lakukan dan mengajak mereka kepada tauhid yang benar ataukah langsung mendakwahi mereka kepada tauhid dengan menyampaikan bahwa meminta pertolongan kepada orang yang sudah mati adalah kemusyrikan?

 Jawabannya sikap yang lebih baik adalah mendakwahi mereka untuk melakukan hal hal yang disepakati semua pihak sebagai suatu hal yang diperintahkan sehingga jiwa dan hati mereka mantap dan tenang menerima dakwah yang kita sampaikan. Hal ini kita lakukan sebagai batu loncatan untuk mendakwahkan tauhid dan tidak berhenti di situ saja. Dengan demikian kita menjadi orang yang ‘cerdas’ mendakwahkan Islam kepada masyarakat” [Majmu Fatawa Ibnu Utsaimin jilid 27 hal 67, cet pertama 1430 H terbitan Dar Tsuraya Riyadh].

COMMENTS

WORDPRESS: 5
  • mas apri 6 years ago

    Ustadz,gmana dengan sebagian orang berpendapat bahwa dakwah politik di Indonesia merupakan batu loncatan untuk dakwah tauhid? Mohon maaf klo pertanyaannya dah usang maklum baru belajar salaf

  • Bacaan yang bermanfaat Ustadz. Jzkmlh

  • Berarti tidak langsung kepada tauhid ya ustadz? Karena beberapa nasihat yang kami terima, kami memahaminya bahwa dakwah tauhid adalah yang utama dan mengikuti manhaj dakwah Rasulullah. Selain itu, bagaimana dengan kalimat ini ustadz, “bila wudhunya benar, sholatnya benar, tapi tauhidnya salah, ya amalnya seperti debu yang berterbangan”. Rasulullah dulu mendakwahkan cara sholat setelah tauhid umat beres dulu. Bagaimana yang tepat ustadz? Kami hendak memulai mendakwahi keluarga, karena musibah mulai berdatangan kepada mereka. Afwan, mereka tidak ibadah di kubur atau menyiapkan sesajen, tetapi mereka sangat-sangat cuek terhadap agama. Mereka beribadah, tidak peduli apakah wudhunya sudah benar, sholatnya sudah benar. Bila seperti ini, tauhid dulu atau sholat dulu ustadz. Mereka sangat peduli dengan pekerjaan/dunia, tapi enggan melirik agama.

  • abuyusuf 6 years ago

    afwan ustadz,

    apakah dibenarkan juga berdakwah melalui politik, tema-tema kekhilafahan, jihad dan tema-tema sosial lainnya sebagai batu loncatan untuk dakwah tauhid????

  • #abu yusuf
    benarkah sekedar batu loncatan dan bukan tujuan?
    nampaknya realita tidak semisal itu.