Biji Tasbih Bukan Bid’ah

Biji Tasbih Bukan Bid’ah

ويستعين علي ضبط عدد التهليلات وعدد التسبيح والتحميد والتكبير بعقد الأصابع لأن الأصابع مسؤولات مستنطقات يوم القيامة.

Syaikh Shalih al Fauzan mengatakan, “Untuk menghitung berapa jumlah bacaan tahlil, tasbih, tahmid dan takbir (setelah shalat fardhu) bisa memanfaatkan jari jemari untuk menghitungnya karena jari jemari itu nanti akan ditanyai dan diminta untuk berbicara pada hari Kiamat nanti.

ويباح استعمال السبحة ليعد بها الأذكار والتسبيحات من غير اعتقاد أن فيها فضيلة خاصة وكرهها بعض العلماء.

Dibolehkan menggunakan biji tasbih untuk menghitung bacaan-bacaan dzikir dan tasbih asal tanpa ada keyakinan bahwa biji tasbih itu mengandung keutamaan khusus. Namun menggunakan biji tasbih itu dimakruhkan oleh sebagian ulama.

وإن اعتقد أن لها فضيلة فاتخاذها بدعة وذلك مثل السبح التي يتخذها الصوفية ويعلقونها في أعناقهم أو يجعلونها كالأسورة في أيديهم! وهذا مع كونه بدعة فإن فيه رياء وتكلفا.

Jika diiringi keyakinan bahwa biji tasbih itu memiliki keutamaan khusus maka menggunakannya hukumnya adalah bid’ah semisal biji tasbih yang dipakai oleh orang-orang sufi. Mereka jadikan biji tasbih sebagai kalung di leher mereka atau menjadikannya sebagai gelang di tangan. Perbuatan semacam ini disamping bid’ah adalah riya dan memaksakan diri”
[al Mulakhkhos al Fiqhi juz 1 hal 159 terbitan Dar al ‘Ashimah Riyadh, cet pertama 1421 H].

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 7
  • Amirul Mukminin 8 years ago

    mohon ditulis hadist riwayat siapa……………………..

  • ass ustadz ,ana mau tny mslh tasbih ini yg membuat ana sdkt bingung,ana baru ikut pengajian salafi di daerah ana ktka tny jwb ada org bertny ttg mslh tasbih ke ustadz tersbt lalu ust trsbt kata kan bhw menggunaka tasbi itu adalah bid’ah dan rasulullah melarang na ,bgman menurut pndgan ustadz?

  • #soleh
    Bid’ah tidaknya biji tasbih diperselisihkan oleh ulama ahli sunnah.
    Pendapat yang kuat sebagaimana pilihan Ibnu taimiyyah adalah pada dasarnya tidak bid’ah

  • klu msh di perselisih kan oleh ulama ahlus sunnah ,tp kok guru saya membid’ah kan na

  • #sholeh
    Guru anda memilih pendapat ulama yang membid’ahkan dan ini tidak masalah. kita wajib menghormati pendapat yang beliau ambil namun beliau tidak boleh memaksakan pendapatnya kepada orang lain.

  • al-ayyubi 3 years ago

    bolehkan tasbih dipakai jadi kalung dan dipakai setiap hari

  • @al ayyubi
    Pakailah biji tasbih sebagaimana mestinya.