Bahaya Nabrak Kucing

Bahaya Nabrak Kucing

Muslimah Ikhtilath di Kampus
Mendahulukan Hak Suami dari Orang Tua
Hukum Membunuh Semut Rumah

أحياناً وأنا أقود سيارتي بسرعة تعرض لي بعض القطط أو الكلاب، فلا أستطيع السيطرة على السيارة؛ فأدهسها على الرغم مني، فهل علي إثم في هذا أم لا؟

Pertanyaan:

Terkadang saat aku mengemudikan mobil dengan kecepatan yang cukup tinggi ada kucing atau anjing yang melintas dan aku tidak mampu menghentikan mobilku.

Apakah aku berdosa jika menelindas hewan tersebut ataukah tidak?

الحيوانات لها حرمة، ولا يجوز الاعتداء عليها وقتلها إلا إذا كانت مؤذية، كالسباع والحيات والأشياء المؤذية،

Jawaban Syaikh Dr Shalih al Fauzan:

Hewan itu memiliki kehormatan yang wajib diperhatikan sehingga tidak boleh menzaliminya atau pun membunuhnya kecuali jika hewan tersebut adalah hewan pengganggu semisal binatang buas, ular dan hewan pengganggu lainnya.

أما الحيوانات غير المؤذية فهذه لا يجوز قتلها،

Sedangkan hewan yang tidak mengganggu tentu saja tidak boleh dibunuh.

وإذا كانت عرضت لك في طريق وأنت في السيارة؛ فعليك أن تحافظ على حياتها، وأن تترك لها فرصة المرور،

Oleh karena itu manakala ada hewan yang melintas di jalan saat anda berkendaraan maka anda wajib melindungi kehidupan hewan tersebut dengan cara memberikan kesempatan kepadanya untuk melintas dengan aman.

أما إذا لم تتمكن من ذلك ودهستها من غير قصد ولم تتمكن من الامتناع عنها فلا حرج عليك من ذلك، وإنما تأثم لو تعمدت قتلها بدون مسوّغ؛ لأنها حيوانات لها حرمة وليست مؤذية.

Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan lalu anda menelindasnya tanpa kesengajaan ingin menghabisi nyawanya karena anda tidak bisa menghentikan kendaraan secara mendadak maka anda tidak berdosa.

Anda berdosa karena membunuh hewan manakala anda dengan sengaja membunuhnya tanpa adanya alasan pembenar yang bisa dibenarkan karena hewan itu memiliki kehormatan dan dia tidak menyakiti anda

Sumber:

http://www.al-forqan.net/fatawa/87.html

COMMENTS

WORDPRESS: 23
  • Barakallahu fiik…

  • Dimas Mukhlis Kurnia 7 years ago

    Bismillah

    ustadz, jika hewan tersebut tertabrak, smisal kucing, apakah wajib untuk kita kuburkan ????

    jazakallah ya ustad 

  • #dimas
    Perlu dikuburkan agar tidak menimbulkan bau busuk yang mengganggu banyak orang atau dibuang di tempat yang jauh dari komunitas manusia.

  • ketika tidak sengaja menabrak kucing, supaya tidak kena sial. Mereka melemparkan uang di jalan, ada juga melakukan ritual dengan mencari gedebok pisang. Bangkai kucing dipukul-pukul pelan dengan bagian gedebok pisang, lalu gedebok yang dipakai untuk memukul gedebok tersebut dipukulkan ke bagian dari kendaraan bermotor yang menabrak kucing itu.
    Menurut saya seorang mualaf, itu termasuk perbuatan syirik.
    Mohon maaf ane bukan berfatwa, karena yang mualaf fakir ilmu.

  • Assalamualaiukum
    saya ingin bertanya saya punya kucing kesayangan.
    Smlm saya dsruh megangin pelapon sma ortu. Disitu ada kucing lg bencnda . Krna pas megangin pelapon saya gak kuat terlalu berat. Pelapon itu lekas jatuh dan mengenai kucing sya sampai mati. Rasanya sdih bgt. Apakah saya berdosa. Karena sya sudah tidak dpt menahan pelapon yg bgtu berat

  • @dewi
    Insya allah, tidak dosa

  • Hamba Allah 4 years ago

    Ustad saya mau tanya, kemarin saya ga sengaja membunuh kucing pak ustad, kucing itu masuk saluran air dan saluran air nya itu saya tutup karna saya takut anak kucing pak, saya lupa membuka saluran airnya sampai keesokan harinya saya lihat ada bangkai kucing di selokan, bangkai nya sudah saya kubur dgn layak.. Tp sampai sekarang saya selalu dihantui perasaan bersalah pak ustad, pikiran saya selalu dihantui dengan mitos2 ttp karma membunuh kucing pak, saya susah tidur, saya susah makan, saya takut kemana-mana karna takut dengan mitos itu pak, saya takut meninggal seperti kucing itu pak ustad, saya sudah tobat, berdoa meminta ampunan kepada Allah supaya mengampuni dosa saya karna membunuh anak kucing, pak ustad bagaimana menghilangkan perasaan bersalah ini pak? Agar hidup saya tenAng dan Allah mengampuni saya dan menjauhkan saya dari karma??? Mohon di balas pak ustad

  • sapto 4 years ago

    Assalammualaikum wr wb…
    Saya dengan tidak sengaja dan tidak tahu sama sekali telah membunuh kucing yg berada di bawah mesin mobil ketika saya mau memindahkan mobil saya..tidak ada luka sama sekali namun kucing itu telah terbunuh oleh saya..saya bergegas membalutnya dengan kain putih dan menguburkannya..saya tau saya telah berdosa sehingga saya merasa ketakutan…apa yang harus saya lakukan..:(

  • Kejadiannya pagi jam empat.. Saya pakai motor dgn kcpatan sedang skitar 60km eh kucing nybrang tak sengaja tertabrak ban depan saya tapi saya tdk tahu kucing itu mati atau hanya cedera saja.. Krna sy hanya mnoleh kblakang dan trus jalan.. Gmana ya ustad?

  • Asalamualaikun pa ustad,saya barusan nambrak kucing tidak di sengaja,karena saya melaju 50,saya gak bisa ngerem mendadak,apakan saya dosa/ akan mendapatkan sial,

  • asalamu’alaikum wr.wb
    maaf ustad saya mau nanya
    suami dan saya saat naik motor tdk tau ada kucing di dlm motor kita… saat kita jalankan motor
    shabis kita maen trus pulang ibu kos bilng ke kita kalo tdi pas kita brangkat ada kucing di blakang motor kita kena motor kita, kita gak sengaja dan kita gak tau kalo ada kucing di blakang motor padahal byk orang pas kita mau brangkt gak ada yg tau kalo ada kucing di motor kita mreka taunya pas kita udah jalan… mreka bilng kita suruh rawat kucing itu sampe smbuh… trus aq rawat kucing itu aq obati pake detol dan betadin shari trus yg py kucing itu dtang membwanya… pas sma kita hidup bs jalan tapi stlah di bwa yg py dah 2hru kmudian kucing itu mati dan di kubur sama mreka… apakah kita berdosa ustad sy rasanya jadi takut krna byk org bilng klo nabrak kucing kualat… aq dah brusaha merawat kucing itu tapi yg punya ngambil gmn solusinya ya pak ustad

  • imrom hadinata 3 years ago

    Assalamualikun wr wb. Slmt malam pak ustad sy imrom dari bali, tadi jam 23.30 waktu bali hari senin saya tidak sengaja melindas anak kucing yg berada di bawah mesin motor saya, niatnya saya ingin pulang kerumah sehabis bermain futsal pak, innalilahi wainna illahi rojiun kucing itu menghembuskan nafasnya di tempat saya melindasnya dengan tidak sengaja sudah saya kuburkan dengan plastik di dekat kucingnya mati, maaf apakah saya berdosa yg dengan tidak sengaja melindas kucing tersebut dengan motor hingga meninggal, semoga selalu di lindungi oleh allah swt aminn

  • aprildo 3 years ago

    Assalamuallaikum
    Saya menabrak kucing hingga mati. lalu saya kuburkan dengan pakaian yg saya pakai .apakah itu berdosa atau gimana.

  • Saya tidak sengaja menabrak kucing tpi saya tidak menguburnya karena saya tidak tega memegangnya dan saya berniat untuk menguburnya dengan meminta tolong paman saya tpi kucing itu keburu di buang oleh orang lain, gimana jawabannya

  • dadan 3 years ago

    Assalamualaikum.
    Maaf ustadz, saya mau nanya, semalem saya sedang berkendara memakai motor, dan tidak sengaja menabrak kucing, dan saya pun tidak tau kucing itu mati atau tidak karna saya pakai motornya ngebut dan langsung pergi begitu saja meninggalkan kucing tersebut.
    Pertanyaannya, apakah saya berdosa..?
    Apakah saya akan terkena sial..?
    Apa yang harus saya lakukan..? Saya benar2 menyesali perbuatan saya itu.
    Cukup sekian dan terima kasih, mohon dijawab ustadz..!!!
    Wassalam

  • bambang 3 years ago

    Asus. Wbr
    Saya mau tanya apakah berdosa saya nabrak kuncing yang sedang berantem sama kuncing lain .dan tiba2 kucing saya tabrak ,rupaya kuncing itu masih hidup ..dan kuncing itu saya bawa ke rumah dan saya Rawat ..apakah saya berdosa dan sial .
    Tolong pendapat ya

    Terima kasih ..

  • ocharesa 3 years ago

    Ass, wr.wb
    saya menemukan kucing hitam mati di jalan di bungkus handuk merah .
    yang membuat saya sedih , orang yang membuat kucing itu mati kenapa tidak di kubur , hanya dibuang gitu aja di pinggir jalan .
    kucing itu punya banyak luka di sekujur badan dan matanya copot masih bergelantungan .
    semoga orang yang membuat kucing itu mati mendapat azab daru ALLAH SWT :'(

  • Assalamualaikum pak ustdz.saya ingin bertanya.suami saya melindas anak kucing yg berada di bawah motor besarnya secara tdk sengaja.lalu anak kucing tersebut mati dan berdarah.suami saya sudah menguburnya dg pakaiannya yg dia kenakan saat itu.yg saya khwtr kn adalah.saya sedang hamil 4 bln
    Apakah berpengaruh dg janin saya?saya takut dg mitos yg beredar.mohon infonya agar saya tenang.wassalam

  • Pak kalau nabrak kucing dengan sepeda namun tak dikubur namun tak sengaja apakah dosa

  • #Afifah
    Tidak berdosa

  • Assalamualaikum pak ustadz…

    Mohon maaf saya ingin bertanya. Saya dan suami mengendarai mobil tdi pagi, pukul 04.30 WIB. Secara tiba2 ada kucing yg menyebrang dan tdk terlihat oleh suami saya. Suami saya berteriak “astaghfirullahaladzim” dan terasa sperti “jeglogan” di ban sebelah kiri saya. Tapi krn posisi kami ada di sebelah kanan, di belakang ada mobil, kami tdk berhenti dan lgsg jalan lagi tanpa melihat apakah kucing tsb sdh mati apa msh hidup.
    Saya kepikiran terus dan merasa bersalah dg kucing tsb pak ustadz. Apakah kami berdosa dan apa yg hrs kami lakukan?

    Terima kasih atas jawaban dr pak ustadz.

  • didi 1 year ago

    Assalamualaikum pak ustad waktu sabtu malam saya mendengar ada anak kucing jatuh, saya cari cari tidak ada kemudian saya pake center ternyata anak kucing itu jatuh diperalon saluran air, saya berusaha gmn cara ngeluarinnya ternyata gak bisa sampe pagi baru saya ngomong ke bapak kos, kalo ada anak kucing yg jatuh diperalon,bpk kos bilang nanti juga mati, padahal maksud saya biar peralonnya dibuka buat nyelametin kucingnya kan peralonnya dibawah keramik kecil,itu anak kucing masih hidup sampe siang, bpk kos gak ngambil tindakan sama sekali membiarkan kucingnya mati dan sekarang bangkainya kecium,itu dosa g ustad pak kosnya? Terus saya juga dosa g ustad?

  • noraayu 1 year ago

    pak ustad aq ngk sngaja nabrk kucing trs kucingnya luka d kaki
    awalnya aq tinggl tpi sampai rmh aq kepikiran pak ustad habis itu aq bawa ke rmh untk d rawat
    tpi Q takut pegang kucing pak
    karna takut aq boleh minta tlong sma keluarga aq untuk merawatnya
    pak ustad aq takut kakinya patah dan trs dia meninggal pak ustad
    sdngkn saya ngk berani memegangnya pak ustad
    apa yg saya lakukan pak ustad :-(