Urgensi Berangan-Angan

Urgensi Berangan-Angan

عن عائشة قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :” إذا تمنى أحدكم فليكثر فإنما يسأل ربه “.

Dari Aisyah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kalian berangan-angan hendaknya kalian memperbanyak angan-angan karena kalian sebenarnya sedang memohon kepada Allah

رواه الطبراني في المعجم الأوسط [ جزء 2 – صفحة 301 ]2040 ،

HR Thabrani dalam al Mu’jam al Ausath juz 2 hal 301 no hadits 2040

قال في :مجمع الزوائد[ جزء 10 – صفحة 228 ]17220 رواه الطبراني في الأوسط ورجاله رجال الصحيح .

Dalam Majma’uz Zawaid juz 10 hal 228 no 17220 disebutkan bahwa hadits di atas diriwayatkan olh Thabrani dalam al Mu’jam al Ausath dan para perawinya adalah para perawi yang dipakai dalam shahih al Bukhari atau Muslim.

قال الشيخ الألباني : (صحيح ) انظر حديث رقم : 437 في صحيح الجامع ، السلسلة الصحيحة [ جزء 3 – صفحة 263 ] 1266 .

Hadits ini dinilai shahih oleh al Albani sebagaimana dalam Shahih al Jami no 437 dan di Silsilah Shahihah juz 3 hal 263 no 1266.

يتمنى أن لو تعلم الانجليزية .

Contoh angan-angan ulama adalah angan-angan Syaikh Ibnu Utsaimin untuk bisa belajar bahasa Inggris.

يقول الشيخ ابن عثيمين رحمه الله :” لكن هذه لغة عالمية – الانجليزية – مشهورة يتكلم بها المسلم والكافر، ثم هي مقررة عليك ، وحتى وإن كانت لغة الكفار فإنك ربما تحتاجها في يوم من الأيام ،

Beliau mengatakan, “Akan tetapi bahasa Inggris adalah bahasa dunia yang terkenal. Bahasa ini digunakan oleh muslim dan kafir (sehingga sekarang tidak bisa lagi disebut bahasa khas orang kafir, pent). Di samping itu bahasa Inggris itu menjadi bahasa yang wajib Anda pelajari (diberbagai jenjang pendidikan, pent). Andai bahasa Inggris adalah bahasa khas orang kafir, boleh jadi pada suatu waktu Anda membutuhkannya.

وإني أتمنى أن أعرف هذه اللغة، لأني وجدت فيها مصلحة كبيرة في الدعوة إلى الله ، يأتي رجل ليسلم بين يديك، فما تستطيع أن تتفاهم معه …..

Aku berangan-angan, andai aku menguasai bahasa Inggris. Aku jumpai terdapat manfaat sangat besar bagi dakwah dengan menguasai bahasa Inggris. Karena tidak menguasai bahasa Inggris ada seorang yang akan masuk Islam dihadapanmu namun ternyata anda tidak bisa berkomunikasi dengannya…”

*اللقاء الواحد والستون سؤال رقم 1402 ( شهر المحرم ،عام خمس عشر وأربعمائة وألف ،الخميس الرابع عشر من هذا الشهر ) ( المجلد الثالث الصفحة 332 من المطبوع)

Liqa’ al Bab al Maftuh no 61 pertanyaan no 1402, hari Kamis 14 Muharram 1415 H. Buku Liqa’ al Bab al Maftuh jilid 3 hal 332.

Sumber: http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?p=43642

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 22
  • Fahrul Aprianto Prayudi 8 years ago

    Assalamu`alaikum
    Ustadz,bila angan-angan merupakan salah satu bentuk memohon kepada Allah apakah syarat-syarat doa termaktub di dalamnya misalnya tak boleh sesautu yang haram dalam diri kita dan ana juga mendapat sebuah pertanyaan dari seorang teman yaitu apabila doa merupakan ibadah  syaratnya harus ikhlas karena Allah dan ittiba` Rasulullah  mengapa doa orang kafir  dapat diterima dan doa ahli bid`ah pun dapat diterima demikian pertanyaan teman ana sehingga ana bertanya kepada ustadz yang lebih memahami agama daripada saya? Jazakallah

  • ustadzaris 8 years ago

    #fahrul
    Iblis juga berdoa minta kepada Allah agar diberi umur panjang sampai kiamat tiba dan Allah mengabulkannya.

  • saya berangan-angan bisa bahasa arab, mengerti tafsir Al Qur’an, di akhirat kelak berkumpul dengan rasulullah, para rasul, para nabi dan angan tertinggi saya berjumpa dengan Rabb yang maha mulia

  • Fahrul 8 years ago

    Assalamu`alaikum
    Terima kasih atas jawabannya. Dan ana mohon ijin `tuk menyebarluaskannya di fb ana

  • Assalamu’alaikum ustaz.. Saya dari Malaysia
    Saya sedikit keliru.. angan-angan atau cita2?
     
    Saya dahului dgn Jazakallahu khairan

  • fahrul 8 years ago

    Klo angan2nya gak realistis menurut orang banyak boleh .gak ustadz?

  • ustadzaris 8 years ago

    #ikram
    angan-angan

  • ustadzaris 8 years ago

    #fahrul
    Tidak boleh berdoa dalam hal yang mustahil secara kenyataan

  • Bismillah..
    Bisa di  jelaskan uztad tentang hadist Rosul tentang angan-angan… agar kita bisa lebih paham
     
    Rasulullah SAW bersabda,”tidak henti-hentinya hati orang tua itu tetap muda dalam dua hal, yaitu cinta terhadap dunia dan panjang angan-angan.”

  • ustadzaris 8 years ago

    #hasan
    Panjang angan-angan yang tercela adalah panjang angan-angan dalam hal dunia.

  • jazakallahu khair.. ustad. ana ijin share di fb

  • ustadzaris 8 years ago

    #hasan
    silahkan

  • Ijin share di FB juga ustadz….

  • ustadzaris 8 years ago

    #fajar
    Silahkan

  • loh saya agak aneh dg post ini pak ustad.
    bukankah Rasulullah melarang kita berangan-angan. seperti yg dijelaskan hadist ini:
    “Berupay keraslah dalam mencapai apa yg bermanfaat bagimu. dan mohon pertolonganlah kepada Allah, serta janganlah kamu lemah jika tertimpa sesuatu. jangan kamu berkata “andai aku berbuat demikian tentu akan terjadi demikian”, namu katakanlah “Allah telah mentaqdirkan ini, Allah melakukan apa yg dikehendakinya”.
    karena kata “andaikan” membuka pintu gerbang perbuatan setan.
    sudah banyak yang share tulisan ini d FB,,,,sy takut mereka salah penafsiran….
    karena tanpa disuruh anak muda telah tinggi angan2nya(terutama tntang dunia)
    sy takut mereka semakin meninggikan angan2 tntng dunia setelah membaca tulisan bapak
     

  • ustadzaris 8 years ago

    #Habilih
    Tolong renungkan contoh berangan-angan yang dilakukan oleh ulama sebagaimana dalam tulisan di atas.
    Berangan-angan yang terlarang adalah berangan-angan karena tidak rela dengan takdir Allah

  • Mungkin ana bisa menambahkan angan – angan yang tidak tercela adalah angan – angan untuk kemaslahatan dunia dan akhirat sekaligus. Misal saya ingin bekerja keras agar kelak dapat bershodaqoh, membantu anak yatim,  naik haji, dll ; sy ingin menjadi programmer komputer agar kelak dapat digunakan untuk kepentingan dakwah.
    bukan angan – angan terhadap suatu perkara yang bertujuan untuk menyaingi orang lain dalam perkara dunia, mendebat, mecari popularitas, ujub, menyisihkan orang lain.
    Wallahu a’lam.

  • Assalaamu’alaikum…
    Ustadz, saya sudah menikah hampir 5th dan qodarullooh belum dikaruniakan anak. sering sekali saya berangan-angan, saya ingin punya anak kembar, akan saya beri nama ini dan ini, akan saya didik mereka begini dan begini, sudah mulai merangkai masa depan mereka. apakah ini angan-angan yang dibolehkan. apakah sama antara angan-angan dan khayalan…??
    Jazaakumullooh khoir.

  • Ibnu saleh 8 years ago

    Assalamu’alaikum
     
    Ustadz, ana minta nasehat kepada antum -untuk ana sampaikan kepada teman2 ana juga-, berdasarkan pengalaman antum belajar dan mengajar bahasa arab. Tolong sebutkan hal2 apa saja yang dibutuhkan supaya para penuntut ilmu yang masih pemula bisa baca kitab gundul selancar ketika mereka membaca koran berbahasa Indonesia? Haruskah sampai membaca buku2 Nahwu dan Sharaf yang Advance [tingkat lanjut] atau cukup yang dasar2 saja semisal Durusul Lughah? Jika ada buku tata bahasa arab yang menurut antum diperlukan bagi para penuntut ilmu untuk dibaca tolong sebutkan judulnya tadz…
     
    Sungguh saya melihat sebagian teman2 seperti ‘putus asa’ dan sebagiannya ‘meyerah sebelum bertempur’ kalo dalam hal baca kitab gundul…
     
    Nasehat antum akan sangat berharga bagi kami…
     
    Terima kasih…

  • ustadzaris 8 years ago

    #ibnu
    Sebenarnya jka sudah belajar muyassar misalnya sudah cukup untuk alat baca kitab.
    Tidak harus sampai belajar ‘mulakhos qawaid lughah arabiyyah’ karena kaedah-kaedah nahwu yang ada di buku-buku yang agak tebal kebanyakan adalah kaedah untuk membuat kalimat, bukan untuk sekedar membaca kalimat berbahasa arab.

  • Ben Yohanan 7 years ago

    Kalau saya berangan, bisa memahami bahasa ibrani & yunani, untuk membongkar kebobrokan taurat & injil hasil karangan manusia, boleh?

  • #ben
    Boleh, insya Allah