Adakah Jihad di Zaman Ini?

Mungkinkah Salafi Berdasi, Berjas dan Memakai Pantalon?
Hukum Memilin Jenggot
Ada Apa dengan Mihrab?

الأصل الثالث: أن نقول: إنه في عصرنا الحاضر يتعذر القيام بالجهاد في سبيل الله بالسيف ونحوه،

Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Kami tegaskan bahwa di zaman sekarang ini mustahil jihad (baca: jihad ofensif) di jalan Allah dengan pedang atau semisalnya bisa ditegakkan karena dua alasan.

لضعف المسلمين ماديًّا ومعنويًّا وعدم إتيانهم بأسباب النصر الحقيقية،

Alasan pertama adalah lemahnya kaum muslimin secara materi maupun non materi karena kaum muslimin belum mewujudkan secara nyata faktor-faktor datangnya kemenangan.

ولأجل دخولهم في المواثيق والعهود الدولية،

Alasan kedua, karena terikatnya negari-negeri kaum muslimin dengan berbagai perjanjian dan hubungan antar negara (semisal hubungan bilateral ataupun multi lateral, pent) dengan negara-negara kafir.

فلم يبق إلا الجهاد بالدعوة إلى الله على بصيرة،

Sehingga tidak ada jihad di zaman ini kecuali dalam bentuk berdakwah mengajak manusia ke jalan Allah dengan landasan ilmu agama yang mapan.

فإذا تفرغ لها قوم وعملوا فيه جاز إعطاؤهم من نصيب المجاهدين.

Oleh karena itu jika ada sekelompok orang yang menghabiskan waktunya untuk berdakwah yang dilandasi ilmu agama yang mapan maka diperbolehkan jatah zakat yang seharusnya diberikan kepada orang-orang yang berjihad diberikan kepada mereka”.

Sumber: Majmu Fatawa wa Rasail Muhammad bin Shalih al Utsaimin jilid 18 hal 388 terbitan Dar Tsaraya Riyadh, cetakan kedua tahun 1426 H.

Artikel www.ustadzaris.com

COMMENTS

WORDPRESS: 12
  • Fahrul 8 years ago

    Assalamu`alaikum
    Bila ada yang mengatakan sekarang ini jihad memerangi orang kafir dengan senjata di Indonesia tanpa perintah penguasa  adalah fardhu `ain kecuali yang untuk pertahanan dari serangan orang kafir,maka sungguh dia telah berada dalam kekeliruan besar dan berada di tepi jurang yang mematikan. Semoga Allah memberi dia hidayah dan keselamatan bagi dirinya.

  • Assalamu alaikum
    Ustadz, bagaimana dengan perang melawan orang kafir yang menjajah kaum muslimin seperti di palestine, afganistan, dll. Apakah itu juga bukan jihad? Terima kasih atas jawabannya
     
     

  • riyadi 8 years ago

    bismillah.
    Ustadz. jadi tanpa penguasa nggak ada jihad ya?lalu bagaimana beberapa tahun yg lalu ada ulama yg mewajibkan adanya jihad di ambon?

  • Fahrul 8 years ago

    @Imam
    Yang dimaksud dalam artikel di atas adalah jihad memerangi orang kafir untuk mengekspansi (mengusai) negeri mereka,bukan untuk mempertahankan diri terbukti dengan alasan kedua yang dikemukakan syaikh Utsaimin yaitu:

     Alasan kedua,karena terikatnya negari-negeri kaum muslimin dengan berbagai perjanjian dan hubungan antar negara (semisal hubungan bilateral ataupun multi lateral, pent) dengan negara-negara kafir.

  • Fahrul 8 years ago

    @IMAM
    YANG DIMAKSUD JIHAD DI DALAM ARTIKEL DI ATAS ADALAH MENYERANG NEGERI  ORANG KAFIR(OFENSIF),BUKAN  MEMPERTAHANKAN DIRI (DEFENSI)
    KAN SUDAH DIBERIKAN KETERANGAN OLEH USTADZARIS.COM YAITU

    Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Kami tegaskan bahwa di zaman sekarang ini mustahil jihad (baca: jihad ofensif) di jalan Allah dengan pedang atau semisalnya bisa ditegakkan karena dua alasan.

  • Hayyakallhu fiyk ustadz…
    waduh…para komentator tulung donk di baca baik-baik sebelum ngomen, karena buat jengkelin kalo pertanyaan-pertanyaan kita SUDAH DI JAWAB di artikel, lantas dengan ‘tanpa dosa’ kita ngotot bertanya lagi….
    yang teliti donk…
    Semoga Allah ‘azza wa Jall merahmati kita semuanya…
    Allahuma amiin.

  • Assalamu’alaikum
    @ikhsan
    Hendaknya kita berbaik sangka kepada saudara kita. Ambillah pelajaran dari hadits Jibril yang mana Jibril bertanya kepada Nabi tentang iman, islam, dan ihsan. Apakah kita beranggapan Jibril tidak mengetahui apa yang ditanyakannya?

  • Fahrul 8 years ago

    MAS IMAM
    SEBENARNYA ANDA SALAH BILA MENGAMBIL JIBRIL SEBAGAI DALIL ANDA,KLO JIBRIL KAN BERTANYA ITU SEBAGAI MEDIA MENGAJARKAN ATU SEBAGAI SEMACAM MODERATOR SAJA. SEDANGKAN ANDA ITU PERTANYAANNYA SUDAH TERJWAB DALAM ARTIKEL SAJA. HARAP DIPERHTIKAN YA….

  • Assalamu’alaikum
    @Saudaraku semuanya
    Mengenai bolehnya jihad defensif tidak disebutkan secara tersurat di dalam artikel. Saya bertanya dengan tujuan memperjelas hal tersebut. Karena tidak semua pembaca memiliki pemahaman islam yang baik dan benar, ada yang baru belajar. Hendaklah berbaik sangka thd saudaranya sesama muslim, tidak perlu menggunakan kata2 yang kurang enak didengar
     
     

  • salaf 8 years ago

    @imam..
    mana yg kurang jelas??

  • Rido sandi atmanto 8 years ago

    Sudah2,… Saya yang salah,…

    *btw
    nice post,… InsyaAllah bermanfaat

    **ane masih newbie … Mohon bimbingannya

    salut wat mas imam yg msh mau belajar,…

  • gibran 7 years ago

    Lalu bagaimana jika kita balas menyerang Amerika misalnya,,krn apa yg telah mrk lakukan dinegri2 kaum muslimin.??bukankah Allah menyuruh pembalasan yang setimpal (Al Baqoroh;194).bagaimana itu ustadz??