Kapan Telunjuk Diangkat Saat Tasyahud

Kapan Telunjuk Diangkat Saat Tasyahud

 Pertanyaan:

Kapankah kita berisyarat dengan jari telunjuk?

 Jawaban Syaikhuna Sulaiman ar Ruhaili:

Mungkin yang dimaksudkan oleh penanya adalah isyarat telunjuk ketika tasyahud.

Nabi berisyarat dengan jari telunjuknya ketika tasyahud dan beliau berdoa dengannya.

Sebagian ulama mengatakan bahwa isyarat dengan telunjuk itu dilakukan dalam dua kondisi yaitu saat mengucapkan syahadat dalam duduk tasyahud dan saat berdoa ketika itu.

Sebagian ulama lain mengatakan bahwa isyarat dengan telunjuk dilakukan dalam keseluruhan tasyahud, sejak awal tahiyat. Mereka beralasan bahwa tahiyat itu mukaddimah doa karena dia berisi sanjungan kepada Allah. Sedangkan mukaddimah doa itu bagian dari doa. Sehingga isyarat dengan jari telunjuk itu sejak awal tahiyat.

Siapa yang mempraktekkan pendapat pertama atau pun pendapat kedua maka dia berada dalam kebaikan.

Riwayat yang ada bisa dipahami menunjukkan bahwa ketika berisyarat dengan jari telunjuk itu jari telunjuk digerak gerakkan. Namun bisa juga dipahami bahwa jari telunjuk itu tidak digerak gerakkan.

Sehingga siapa yang memilih untuk menggerak gerakannya maka dia melakukan kebaikan dan siapa yang memilih untuk tidak menggerak gerakkannya maka dia juga melakukan kebaikan karena riwayat yang ada mungkin dimaknai menggerak gerakan dan mungkin dimaknai tanpa menggerak gerakkan.

Tanya jawab diatas versi arabnya bisa disimak pada menit 46:29 sampai 47:51 pada link berikut ini:

http://webalsalf.com/?songs=art&art=15&page=1&play=661#player

COMMENTS

WORDPRESS: 3
  • Fahrul 6 years ago

    Assalamu`alaikum
    Sebagian ulama mengatakan bahwa isyarat dengan telunjuk itu dilakukan dalam dua kondisi yaitu saat mengucapkan syahadat dalam duduk tasyahud dan saat berdoa ketika itu.
    Ada yang pengen saya tanyakan apakah ada dalil lain yang digunakan para pendukung pendapat ini yang menyatakan isyarat dengan telunjuk pada saat mengucapkan syahadat dan siapa saja ulama yang mendukung pendapat ini menyatakan isyarat dengan telunjuk pada saat mengucapkan syahadat?

  • Setau saya cuma apa yang tertulis dalam kitab Zubad
    وعند إلاالله فـــالمهللة  *  إرفع لتوحيد الذى صليت له
    Nah kira-kira apa dalilnya ya?
     

  • Artikel ini mungkin bisa jadi tambahan referensi untuk mengangkat telunjuk dimulai sejak awal tasyahud dan menggerakkannya ketika melewati doa (Allahumma…Allahumma): http://tanyajawabagamaislam.blogspot.com/2009/07/fiqh-shalat-1-menggerakkan-telunjuk_28.html